Tag

, , , ,

Bismillah,

Masih bernuansa produk dari microsoft yaitu microsoft office, kali ini saya akan berbagi tentang fungsi lain yang dipunyai microsoft word 2007 ini. Fungsi yang satu ini sangat berguna untuk para blogger, karena berhubungan dengan blog. Microsoft word 2007 selain bisa digunakan untuk mengolah data terutama dalam bentuk tulisan, juga bisa kita gunakan untuk membuat tulisan di blog lho. Cara membuat postingan lewat microsoft word 2007 ini tergolong cukup mudah. Bisa dilakukan dengan alat bantu yang sama seperti microsoft word pada umumnya.

Pertanyaannya sekarang bagaimana caranya?

Pertama,

Buka microsoft word 2007

Ingat, ini hanya khusus untuk microsoft office word 2007 dan versi setelahnya ya? versi yang 2003 ke bawah masih belum support fasilitas ini. Cara buka dokumen word tentu sudah tau semua, jadi tidak perlu saya tulis detail kan?

Windows 7

Start –> All Program –> Microsoft Office –> Microsoft Office Word 2007

Kedua,

Setelah kita masuk ke dokumen baru dalam microsoft office word 2007 bisa anda langsung tulis dahulu atau bisa langsung ubah ke dokumen yang berbentuk lain, seperti text area yang ada di blog kalau kita akan membuat post.

Lihat gambar di bawah ini:

Untuk pindah ke mode blog, lakukan seperti yang ada pada gambar. Klik logo windows yang ada di pojok kiri atas (dilihat dari depan monitor) –> sorot publish –> pilih blog

Tampilan pada mode dokumen word biasa dengan tampilan blog post akan sedikit berbeda. Perbedaannya kalau tampilan blog post tool-nya mendekati tampilan di blog secara langsung. Kita juga bisa menyisipkan kategori, gambar, tabel, simbol dan lain-lain. Kita bisa mengatur rata kanan, kiri, tengah, rata kanan-kiri, dan sebagainya. Intinya, mode blog post tapi pengaturan tulisannya mudah seperti kita menulis di microsoft office word biasa.

Tampilan microsoft office word 2007 (blank document)

Tampilan blog post pada microsoft office

*) Untuk memperbesar, klik pada gambar

Menu Bar pada blog post document lebih minimalis, simpel, yang disesuaikan dengan fungsinya. Hanya ada dua menu bar, blog post dan insert. Isi toolbarnya juga tentu lebih simpel.

Ketiga,

Langkah terakhir, setelah kita selesai membuat tulisan maka tugas terakhirnya hanya klik publish yang ada di menu bar blog post. Account blog bisa lebih dari satu, memudahkan juga untuk blogger yang mempunyai blog lebih dari satu. Untuk mengatur tulisan akan diterbitkan ke blog yang mana dengan cara klik manage account. Tambahkan akun blog lain, jika ada. Dan pilih blog tersebut untuk menerbitkan tulisan kita yang sudah dibuat.

Kekurangan

Tidak ada sesuatu di dunia ini yang sempurna, termasuk fasilitas ngeblog dari microsoft office ini. Masih terdapat kekurangan yang belum bisa ditangani. Ada beberapa kekurangan yang masih saya dapati, diantaranya sebagai berikut:

1. Meskipun kita bisa menerbitkan tulisan dari office word, tetap saja kita tidak bisa memasukkan tag ke dalam tulisan kita.

Tag atau disebut juga label kalau dalam istilah blogspot, selalu saya pakai dalam sebuah tulisan. Berfungsi untuk mempermudah pencarian pada mesin pencari seperti google dan lain sebagainya.

2. Tidak bisa membuat readmore.

Readmore, sering ada pada sebuah blog untuk meringkas tulisan yang tampil di blog. Saya sendiri juga suka menggunakannya. Readmore bisa membuat blog jadi semakin cantik sebab bisa memuat beberapa postingan di blog agar tidak terlalu panjang, yang biasanya akan membuat pengunjung semakin bosan.

Dengan adanya dua kelemahan itu, fasilitas ini saya kira belum pas dihati saya. Tapi saya kadang menggunakannya jika koneksi lemot karena tulisan yang kita buat akan lebih aman jika tidak ter-publish karena koneksi melambat. Mungkin baru itu kelemahan yang saya ketahui, atau mungkin juga sudah ada solusinya namun saya belum mengerti. Kita bisa berbagi di sini.

Jangan penasaran, mari kita coba sekarang :mrgreen:

*Maaf, untuk yang sudah bisa dilarang mencela, berikan saran kepada saya :D

—–

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut

—–

Salam

Ari Tunsa

About these ads