Belajar Bahasa Arab

Bismillah,

Memperkaya bahasa adalah upaya yang sedang saya lakukan agar tak menjadi orang yang hanya menghargai bahasa sendiri. Bahasa asing yang sejak dulu sudah saya pelajari tapi belum sempat jadi sang ahli adalah bahasa Inggris. Bahasa yang sejak dulu sudah kita pelajari bahkan sejak duduk dibangku Sekolah Dasar. Namun bukan bahasa Inggris yang akan saya bicarakan, tetapi bahasa Arab.

Ya, sekarang saya sedang gemarnya mempelajari bahasa asing satu ini. Bahasa Arab menjadi bahasa asing prioritas pelajaran saya. Meski saya sedang belajar bahasa Arab, saya tidak sedang dalam kursus atau apapun, hanya belajar melalui radio saja. Insya Allah keinginan saya untuk memperdalam bahasa Arab ini sudah saya pikirkan.

Dulu..memang sempat belajar bahasa Arab dengan guru ngaji dekat rumah saya. Karena beberapa hal yang tidak bisa saya jelaskan di sini akhirnya saya putus belajar. Sekarang…kandas sudah keinginan saya kembali ngaji di rumah sebelah, sebab tempat ngaji tersebut telah ditiadakan. Padahal saya ingin menyempatkan diri mengaji lagi jika pulang kampung nanti :(

Alasan saya memilih lebih memprioritaskan belajar bahasa Arab sekarang ini karena beberapa hal:

1. Bahasa Arab bisa sangat bermanfaat jika kita diberikan kemampuan untuk menjalankan ibadah ke tanah suci, sebab di sana memakai bahasa Arab, bukan bahasa Asing lain

2. Teman-teman saya di masjid gemar belajar bahasa Arab, sehingga jika mereka belajar melalui percakapan saya yang tidak bisa hanya terdiam membisu (kan gak enak juga dicuekin)

3. Menyadari akan pentingnya bahasa Arab setelah saya mengikuti kajian rutin yang mengambil kitab dengan bahasa aslinya, Arab. Walaupun ada ustadz yang memberikan penjelasan sepertinya akan lebih menarik jika kita sudah mengetahui bahasa asli yang disampaikan. Manakala dauroh juga pemateri berasal dari Arab.

4. Bahasa Arab bukan sekedar bahasa untuk “gaul-gaulan” tapi bahasa yang insya Allah saya gunakan ketika berada di komunitas orang-orang yang menggunakan bahasa tersebut untuk percakapan sehari-hari

Dan masih banyak lagi pentingnya belajar bahasa Arab. Yang jelas, kitab suci umat Islam yang berasal dari Arab juga menggunakan bahasa Arab. Alangkah lucunya jika apa yang kita baca setiap hari tak kita ketahui maknanya. Bukankah syahadat, sholat dan ibadah lainnya menggunakan bahasa Arab? Maka, sebagai seorang Muslim saya harus mengetahui Bahasa Arab.

Semoga minat dan semangat saya ini terpupuk selamanya agar tidak ada rasa malas dalam belajar, terutama bahasa Arab. Sebenarnya saya ingin belajar bahasa Arab lebih fokus lagi, tapi tak ada tempat kursus bahasa Arab dekat sini. Kemarin hanya ada info kursus bahasa Arab dari milis yang diadakan di daerah Semarang – Jawa Tengah. Bagi yang punya semangat belajar bahasa Arab dan tinggal di seputaran Kota Semarang, maka bisa datangi langsung tempatnya.

***

Info kursus bahasa Arab ada di bawah ini:

Islamic Centre Al Barokah Semarang membuka program kursus belajar bahasa arab untuk pemula, pelajaran mulai tanggal 24 Oktober 2011 =» 3 x Sepekan

Hari : -  Senin & Rabu, jam 19.30-21.00 Wib. Kitab : At taisir fi’ilminnahwi (nahwu). Pemateri : Abu Abdilmuhsin Fadel Ahmad
- Jumat, jam 19.30-21 Wib. Kitab Tashrif Litthullab al mubtadiin (tashrif). Pemateri : Ustadz Muhaimin

Pendaftaran : 30.000 (dapat kitab nahwu& tashrif)
Infaq bulanan : 25.000 / semampunya

Tempat : Divisi Bahasa Arab Al Barokah
Jl. Tegalsari Raya no 102 Semarang – Jawa Tengah

Info : Islamic Centre Al Barokah
Jl. Tegalsari Barat 1 / 12
024. 70252246 / 081325888015
Cp : Abu Zaky
Abu Abdil Muhsin Fadel Ahmad

About these ads

34 responses to “Belajar Bahasa Arab

  1. ponakan sy yang dipesantren tuh yg mulai lancar bahasa arabnya, krn bhs arab jadi bhs sehari2 di lingkungan pesantren.
    Pernah satu kali nengokin ke tempatnya itu, trus ada yang ngomong bhs arab lewat mikropon, aku pikir sedang ngaji, gak taunya sdg ngasih pengumuman ke murid2 pesantren, hehehe ….

  2. hee jalan Tegalsari itu dimanaaa ? :(

    aku dulu tiap guru ngajiku kasih materi bahasa arab bawaannya males-malesan mulu, udah kemakan kata orang kalao bahasa Arab itu grammatical-nya paling susah :D tapi semangat ya :D

  3. kaifa hal ukh..? :) kalo di medan ada sebuah asrama dimana penghuninya wajib menggunakan bahasa asing sesama penghuninya dalam radius 1 KM, trus kita bisa milih mau mondok di asrama arab apa asrama inggris..^_^’ kebetulan ane pernah negkost di asrama itu alahamdulillah samapai sekaran ane bisa bercakap2 dengan bule.

  4. betul.. bahasa arab terutama bagi yang muslim adl bahasa “Ibu”,, karena kitab petunjuk hidup muslim, al-qur’an, adl berbahasa arab..
    semoga kita dimudahkan Allah untuk belajar b.arab.. amin..

    tetap menginspirasi mas..

    salam,

  5. Semoga bisa kesampaian ya kursusnya…
    Semoga bisa cepat pintar juga, meskipun cuma belajar melalui radio :D
    Aku juga pengen kursus bahas arab sih, tapi belum sempat… #alasan

  6. Ping-balik: Akhir dari PR Sebelas « Tunsa·

  7. Afwan.. Adakah jam pembelajaran di pagi / siang hari? Lalu, pembelajaran ini untuk semua kalangankah? Syukron..

  8. di banyumanik ada kursus bahasa arab gratis majlis ta’lim Al-Badru namanya, di jl. cendana banyumanik. lokasinya deket SMP 21 Semarang. Selain itu ada juga Ponpes Ulul Absor yang membuka kursus bahasa arab, di daerah situ juga.

  9. Ping-balik: Cara Menginstal Huruf Arab di Win 7 | Tunsa·

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s