Uang Baru Dikira Palsu

Seperti biasanya saya selalu menunggu teman-temanku pulang di depan layar komputer. 45 menit sudah jarum melewati angka 9 malam wita. Tak seperti biasanya mereka pulang sampai larut begini jika tak ada pekerjaan yang ku perintah. Saya sabarkan hati walau mata ini sudah ciut, hampir-hampir terpejam, sebab tentu saja menunggu uang setoran :D #dimana-mana mah kalo soal uang pasti bikin melek, haha…

Tak lama kemudian, suara mio nampak terdengar berhenti di depan. “Ini pasti dia..” pikirku. Ternyata benar bahwa teman yang sedang ku tunggu itu akhirnya datang juga, seketika mataku langsung melek. Tampak dari kejauhan, mereka berdua terlihat murung. “Waduhh…jangan-jangan hari ini dapetnya sedikit” kembali berucap dalam batin.

Ternyata….dugaanku salah #alhamdulillah. Namun wajah mereka yang masih terlihat muram membuatku penasaran, sebenarnya ada apa ini? belum saya bertanya, tiba-tiba dia langsung nyeletuk.

“Mas..iki anu. Aku enthuk duwit palsu satus ewu. Mau rame, gak ketemu uwonge sing nggowo duwit palsu iki..” (terjemahnya di bawah ini :mrgreen:)

“…kok dibaleni maneh, koyo mbiyen..” ekspresiku tentu saja kecewa, sebab dulu kami memang pernah mendapatkan uang palsu. Memang tak ada money detector, setidaknya kita masih bisa membedakannya dengan 3D kan? :D

Sambil membuka lipatan-lipatan uang setoran, lalu menunjukkan kepada saya uang yang dimaksud, “Iki lho mas, soale mau rame banget” dia kembali beralasan.

“Oalah….iki kan duwit anyar mas. Mosok gak tau?” :lol: mimik wajahku kini terlihat lega.

Gambar uang yang dimaksud adalah bagian bawah. Saya ambil dari amriawan.blogspot.com.

Alhamdulillahnya saya sudah pernah dapat informasi bahwa ada pecahan uang seratus ribuan yang baru, jika tidak, uang itu pasti sudah ku laminating seperti pengalaman lalu. Saya baru sadar, sosialisasi terhadap uang baru memang kurang dari pihak Bank Indonesia sehingga banyak orang yang tidak tahu. Saya menemukan info uang baru itu di salah satu narblog, lalu bagaimana dengan masyarakat yang tidak ngeblog?

Seperti uang pecahan 1000 rupiah dengan bentuk logam, pertama kali saya membelanjakannya uang saya ditolak #kali ini tak ada dukun yang bertindak# di Bank B*A saja tidak ada informasinya.

Mungkin perlu dijadikan perhatian oleh yang berwenang, bagaimana cara mensosialisasikan uang baru kepada masyarakat secara efektif, jangan hanya di Bank Indonesia. Tidak semua orang pernah ke Bank Indonesia kan? :D

***

Baca Juga:

About these ads

98 responses to “Uang Baru Dikira Palsu

  1. haha, kejadian yang sama seperti yang saya alami. :lol:
    uang baru tapi sosialisasinya kurang, jadi ada aja orang awam yg berpendapat kalau itu uang palsu~ ;)

  2. Memang bener…sosialisasi sangatlah kurang…peredaran uang dimasyarakat paling marak terjadi di pasar, sarannya sich..pihak Bank..sosialisasi di pasar, jangan di ruang ber-AC, terima kasih rik..informasinya sehingga kami bisa menularkan kepada yang lainnya(keluarga,tetangga,kerabat, dll) tapi tidak dengan pencurinya :lol:

  3. Lucu juga … cuma itu mana terjemahnya ya koq tak keliatan?

    Baru saja kemarin sadar kalo sudah pegang dan pakai uang seratus ribuan baru, waktu teman yang “belum tersosialisasi” menanyakan itu palsu atau asli :D

    Posting sekaligus sosialisasi, bahan bagus buat Pak Guru dan Pak RT.

    • tahun depan perubahaannya akan lebih besar. seribu rupiah jadi satu rupiah dengan nilai yang sama :D
      berarti bakalan ada sen juga nih kita…

  4. Bener mas, salah2 uang asli dikira palsu, harusnya di televisi yg notabene yg rame di tonton kalangan menengah ke bawah, harus ada iklan sosialisasinya yah..
    kan kasian

  5. Kemarin ketika mengambil uang di ATM …
    istri saya sempat curiga juga …
    Kok sepertinya beda deh uang 100 ribuannya …

    tapi kami tidak begitu mempedulikan waktu itu …

    ternyata memang ada uang baru ya Ri …
    Designnya hampir serupa pula …

    Salam Saya

  6. wah… kemarin aku dpt jg uang yg 100 rb yg baru,tak kirain palsu jg, sampek2 mau nyetor ke bank agak takut jg, he…he….. g taux uang baru, eh tau gitu aq simpen aja abisx masih langkah.

  7. payah…..
    klo ada keluaran uang baru knapa ndak ad publikasi kemasyarakat luas
    tau2 udah nongol dpasaran….
    BI dodol….

  8. saya sangat terkejut ketika saya mendapat uang 100rb baru,,saya melihat uang itu seperti palsu,dan warna nya agak terang dari biasa nya,,saya ingin menanggis,setelah ada seseorang yang memberi tau saya bahwa bank BI telah mengeluarkan desain baru untuk uang 100rb,saya lega karna ciri uang yang saya dpat kan teryata sama dengan keluaran baru,hati saya lega,walaupun uang itu saya pegang terasa kasar bedah dengan uang 100rb lama.

  9. Gara2 uang baru ini, saya hampir mempolisikan orang yang angsur utang ke saya. syukurnya pas setor ke bank…., uangnya diterima. namun sampai saya baca tulisan anda, rasa bersalah saya pada kasir bank baru hilang. coz, , yang kebayang2 selama perjalanan balik dari setoran hingga malam ini di kepala saya, adalah wajah bodoh kasir menyesali dirinya berkali-kali karena salah menerima uang saya…, dan betapa ia dengan setengah ikhlas harus mengganti uang tersebut dari gaji yang seharusnya ia terima penuh…, namun ternyata kasir bank saya mungkin duluan membaca tulisan anda, sehingga dia lebih tau, dan batinnya mungkin berbisik waktu terima setoran saya: nyantai aja mas, usah gemeteran gitu setor uangnya.., ini asli kok…

  10. Ha ha ha bener tuh gara2 ga update semalem g panik, karena tuh duit ditolak sama mesin setor tunai BCA brarti BCA nya ngga update juga dong, Bank aja ga update apalagi orang awam :)

  11. tidak ada ssosialisasi dari pihak terkait klo ada perubahan,,saya kira uang palsu,sblm tau info kalau itu uang edisi baru,,hampir saja au buang

  12. wadoh wadoh wadoh………….sungguh payeyoh……..ada keluaran uang baru kok nda’ ada pengumumannya…………..berati yg saya dapatkan ini uang baru, alhamdulillah………..(TETAPI TETAP WASPADA TERHADAP UANG PALSU YA),.bapak atau ibu yg berwenang terhadap keluaran uang baru, punten2 sanget, publikasikan lebih detail kepada masyarakat……………..

  13. Makasi atas postingannya mas..
    Saya td siang baru ambil duit di ATM, dan baru nyadar malem ini waktu ngrapiin dompet. Sudah saya tanyain ke cewek saya yg pegawai bank, cuma krna kondisi qt LDR, jd dy ƍαќ bs maksimal njelasinnya. Untung nemu postingan ini, pdhl dh rencana besok pagi mo ke bank yg bersangkutan utk komplain.

  14. aduh aku deg degan nih, suamiku dapet uang ratus ribuan !0 lembar yang berbeda dengan yang lama, aku berfikir ia dapt uang palsu, tapi aku buka internet, hawatir aku gak tau informasi yang terbaru. tapi al-hamdulillah ternyata itu uang beneran

  15. aku terkager-kaget pas tadi pagi ambil uang d atm, dan udah nyangka kalo memang uang itu palsu, soalnya temen aku ada yang pernah ngalamin, ambil uang di atm ternyata palsu uang, hii

    hoo.. ternyata setelah search karena penasaran, akhirnya lega juga .. uangnya masih berguna.. hii

  16. Hahaha, sy jga hmpir kna sialx thu pas wk2 byar spp d kmpus,… Smpat ngtung uang ngak sgaja bdingin mala bdah, jdi aku browsing dhe cpt Alhamdulillah uangx asli, thanks ya ats infònx….. Mstix pihak bank sosialisasi trhadp hal ini k’masyarkt.

  17. untung nemu blog ini, barusan dapat uang baru 100 ribu, kirain palsu …soalnya temen2 sempat rame bilang kalo itu uang palsu ….
    thanks ya

  18. Ketika shoping di Ubud Bali baru aku tahu karena uang baru gak mau diterima penjual soupenir dan ribut dah jadinya perasaan gua ambil uang di Atm Mandiri singaraja, dan bingung gua,,,setelah di cek semua ada 19 lembar yang ada “OO” nya wah klenger gue…
    liburan Gua bersama teman di Bali jadi Suram eh seminggu berikutnya melalui blog ini baru aku plong dibawa kemana duit sebanyak tuh
    Thanks mas udah ngertiin Gue so buat BI please lah di siarkan jangan kayak gini
    Uang Baru Di Fikir Palsu
    Bikin jantungan ajah
    Thanks all
    warm regard
    Rena

  19. lah,,,saya baru aja tau ada pecahan uang 100ribuan yg baru,,, n bru liat jg ternyata gambar sangt beda yah… awal liat kirain palsu,, untung baca di blog ini!!!

  20. ternyata tidak hanya saya yang mengalami..:D

    saya pikir uang palsu karena saya bedakan dengan satunya koq beda, dan akhirnya saya cari di internet dan dapat info ini..:D

    terima kasih infonya..:)

  21. saya juga bru tahu nie kirain saya uang 100rb yg bru itu uang KW (asli tpi gagal)
    trima kasih bnyak ats infonya saya lega sekarng ..
    hehe :)

  22. Hummm,… Hari nihh benar2 buat saya gila… Uang baru sa kira plsu..jdix saya hrus ganti uang mamah donk… :(

  23. Makasih infonya :)

    Hari ini ada yang belanja pakai uang 100 ribu. Saya lihat aneh, mencurigakan. Lalu saya bandingkan dengan 100 ribu yang saya miliki. Saya masih waswas… tapi saya tetap mengembalikan uang kembalian pembeli.
    Saya pikir, toh saya tau rumahnya si pembeli, kalau benaran palsu, akan saya datangi rumahnya.
    Lalu saya cari info ttg uang kertas 100 ribu, kali aja ada info baru. Ketemu di blog ini.

    Makasih telah di share yah. Mau share juga ah di blog. Ijin pake fotonya yah :)

  24. Ping-balik: Saatnya Menukarkan Uang Baru | Tunsa·

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s