Ayo Jelajah Indonesia

Hai kawan-kawanku semuanya, waduh baru bisa posting lagi setelah sekian tahun aku libur, hehehe…kemarin hanya menjelajahi blog teman-teman aja, mampir sana sini soalnya belum sempet nulis yang agak panjang. Sekarang hari minggu, yang ngantri juga udah pada bosen kale ya ma aku, hihihi..  :)  so, nulis lagi deh.

senja_di_pantai_kuta

Yuuk tak ajak jalan – jalan ke Bali, disini ada banyak ragam tempat pariwisata yang bisa dikunjungi, tapi kebanyakan emang objeknya pantai sich, wong disini pulaunya kecil. Liburan lalu, aku dah ngajak ke Kebun Raya Bali. Kali ini, saya akan menjelajahi kebudayaan pulau Dewata ini yang banyak digandrungi wisman maupun lokal. Dulu ketika aku masih dalam timangan ibum hehe…yang pertama kali muncul dibenak jika ada yang membicarakan Bali itu mesti pantai Kuta aja. Padahal kan nggak itu aja ya? Coba tanya temen-temen yang udah ke Bali, maupun yang tinggal di Bali.
Bali merupakan salah satu provinsi yang melestarikan budayanya sampai sekarang, banyak juga upacara-upacara adat yang biasa dilaksanakan.
Banyak juga lho event yang digelar secara rutin, diantaranya yang masih hangat ni ada Pesta Kesenian Bali (PKB) yang baruuu aja selesai, ada lagi yang namanya loba Layang – layang seperti yang saya tulis kemarin itu lho…terus ada juga yang dah klewat omed-omedan, hehe…pasti saya yakin banyak yang gak kenal kecuali orang yang tinggal di Bali dan yang sering membaca berita terkini di media.
Nggak usah dijelasin ya, biar penasaran semua (soalnya aku nggak banyak tau). Nanti temen-temen tanya aja sama yang lain ya.
Naah, lanjut bang…
Desa disini di sebut “Banjar”. Banjar itu ya seperti kelurahan gitu, ada aulanya sendiri-sendiri setiap banjar biasanya digunakan untuk pertemuan, rapat, latihan kesenian, sampai tempat upacara. Intinya tempat berkumpulnya warga banjar. O iya kawan, di bali ini walaupun pulau kecil artinya tak segede jawa dan lainnya ada orang-orangnya yang merantau juga lho. Tapi jangan bayangin merantaunya saya, hehe…walaupun satu – dua jam dari kampung halaman kalau pulang kampung disebut mudik juga, hehe…kalao aku sampe berjam-jam, bahkan sampai satu hari. Ada satu lagi yang bisa ditiru siapapun, kalau ada pertemuan cara mengundangnya dengan memukul kentongan aja, entah apa namanya, nanti warga akan segera berkumpul di banjar masing-masing jadi nggak usah repot bikin undangan capek – capek akhirnya sedikit yang dateng, kayak ditempatku .
Temen-temen tau yang namanya “Ngaben”, waah yang nggak tau berarti nggak pernah baca – baca nih, hehe..pisss. Ngaben adalah upacara yang dilakukan saat ada orang yang meninggal. Dan yang meninggal itu nantinya di kremasi kemudian abunya dibuang ke laut, persis seperti di film2 india – bolywood – hehe, jaman kecil aku suka nonton india, ketularan emak. Ternyata eh ternyata tidak sembarangan orang meninggal yang langsung dikremasi, tergantung hari meninggalnya, kalau pas hari baik nggak langsung dikremasi namun dikubur dulu selama beberapa bulan. Baru nanti dikremasi seperti biasanya, udah ah ngomongnya gituan terus. Saya dapatkan informasi ini dari apa yang saya lihat dan juga dari orang Bali ASLI.
Lanjut kang…sistem saluran pembuangan atau selokan tertata dengan rapi, suka nonton film holywood nggak? Atau film kura-kura ninja? Atau spiderman? Adegannya kan ada yang di lorong – lorong saluran pembuangan tuh, kurang lebih seperti itu lah gambaran saluran pembuangan yang ada. Tapi lebih bagusan yang di tv sich, hihi…sebab aku nggak pernah liat langsung yang di luar negeri.
Kawasan pariwisata pantainya bagus-bagus, lautnya biru, jernih, menarik dech. Malahan kuta yang dijadikan objek pariwisata nomor satunya bali aku nggak begitu suka, kebanyakan pengunjung, jadi malah nggak bisa menenangkan jiwa dan pikiran, hehe…
Begitulah sedikit crita dari orang awam sepertiku, mohon maaf jika ada yang salah. Ini hanya apa yang saya lihat dan yang saya dapatkan, saya hanya ingin menelusuri salah satu propinsi Indonesia aja, tidak ada maksud tertentu.
Orpuja (orang pulau jawa) yang terdampar disebrang…itulah aku. Keep smile….😉

20 responses to “Ayo Jelajah Indonesia

  1. saya sudah beberapa kali ke Bali, dan view nya memang bagus, tapi saat pada pengunjung berasa ga bisa gerak di pantai😦

  2. salam kunjungan balik nih,
    waah Bali ya asyik donk? pengen juga sih lihat upacara Ngaben
    pernah ke Bali pas SMA itu juga Study Tour ma sekolahan hehe..

    • makasih.
      wah, dulu aku pas skolah malah nggak k bali. aku juga blm pernah liat upacaranya langsung mbak, cuma liat ngiringnya di jalan😀

  3. 6 bulan yang aku habis jalan-jalan ke Bali Mba.. kami jalan-jaln ke Uluwatu (ga tau sih Uluwatu apa bukan, pokoknya di sebuah pantai, tapi sebelumnya melewati anak tangga yang atasnya seperti terowongan. sebelum mencapai pantai ini, kami sempat melewati jalanan yang menuju DreamLand…
    eksotisme Bali benar benar cuantikkk…😀

Komen

