Horee, sekolah lagi

Ayo sekolah..!!!

Kemarin hari pertama masuk sekolah ya? Selamat menempuh kelas baru deh,,, meskipun agak telat posting🙂. Biasanya kalau kenaikan kelas, baju seragam, tas, sepatu, ikut baru. Kelasnya pun juga baru. Yang uang sakunya baru naik, harus semangat donk..betul? sama kayak aku dulu saat SD, kalau kenaikan kelas ya semua serba baru, ada yang dapat hadiah karena nilainya bagus. Tapi kebanyakan sich, minta dibelikan karena liat temennya punya yang baru, hehehe.

Maklum masih suka ngiri kalo ada temen yang punya sesuatu lebih bagus. Aku ingat betul gimana perasaannya saat memakai sepatu baru, dikelas…seneng banget, bahkan sampai temenku nginjak sepatu baruku katanya “kenalan” hehe…aneh, kenalan kok main injek aja. Ketika baru perdana masuk kelas baru kan siswanya suka milih tempat duduk tuh, naah saat itu aku minta dibangunin sama ibu pagi-pagi biar dapat tempat duduk yang paling depan. Dulu memang tempat duduk favoritku yang paling depan. Jika bangun telat maka bangkunya sudah dilumat oleh temen yang lain, hehe…berlomba-lomba nyari tempat duduk. Saya bangun jam lima pagi, dan mampir ke masjid karena memang madrasah tempatku menuntut ilmu berada disamping masjid. Waktu itu bukan hanya aku saja yang ke masjid, ternyata banyak temen sekelasku yang juga mengincar tempat duduk yang menjadi primadona kala itu.

Ada hikmahnya juga ya, jadi banyak anak anak yang sholat shubuh di masjid. Walaupun orientasi utamanya nyari bangku depan. Yaah, begitulah masa kecil, menyenangkan dan juga mengasyikkan kalau diingat kembali.

Ternyata berbeda ketika memasuki sekolah menengah pertama. Sudah nggak minat lagi dengan tempat duduk depan, karena biasanya duduk di depan itu banyak digandrungi kaum hawa, hehe…beda dengan sekolah dasar. Kalau SD sich nggak apa-apa walaupun duduk berdua dengan perempuan. Pada saat SMP, sudah merasa malu dengan makhluk cantik, hehe.. (Kalau ganteng kan bukan wanita namanya J). Saat smp inilah waktu yang sangat berkesan bagiku selama menjadi siswa, pasalnya semua pengalaman yang kurasakan setealahnya berawal dari smp. Baru tau yang namanya malu dekat sama wanita. Pengalaman lucu yang selalu terkenang olehku hingga sekarang…teman wanitaku smp datang ke rumah dan yang bikin malu, datangnya keroyokan hehe…padahal dulu kan aku nggak berani ketemu sama cewek melihatpun aku tak mampu, ciee…eh, ini sungguhan lho. Nggak becanda, kalau nggak percaya tanya sendiri aja sama orangnya, hehe…terakhir ketemu lebaran yang lalu. Sampai – sampai ibu ku menarikku supaya nemui tu rombongan yang datang ke rumah. Padahal mereka bermaksud silaturrahmi membahas masalah karya tulis. Jadi malu aku kalau ketemu mereka, soalnya mesti dibahas. Punya kenangan yang lucu, itung-itung bisa buat cerita anak cucu nanti,  J

Menginjak jenjang pendidikan selanjutnya, kebetulan aku sekolah di sekolah kejuruan yang biasa disebut sekolah menengah kejuruan (SMK). Beda lagi ketika saya masih bocah dengan seragam putih abu-abu, di SMK pengalaman yang sangat menarik, mungkin sama dengan teman – teman semua. Hal yang paling berkesan pada waktu masuk jenjang pendidikan pertama adalah MOS. Mesti tau kan yang namanya MOS? Akan tetapi di sekolah tempatku mengais ilmu, namanya FORTASI (Forum Ta’aruf Siswa). Tak berbeda jauh sich dengan MOS, intinya kan orientasi terhadap sekolah maupun siswanya, agar lebih kenal dengan lingkungan belajarnya, baik itu guru, sesama siswa, dan sebagainya. Kakak kelas yang menguasai jalannya orientasi, merekalah yang mengisi dan membimbing kami sebagai siswa baru, karena mereka yang sudah tau lebih dulu tentang sekolah ini (makasih mantan kakak-kakak kelasku), yah walaupun sedikit membenci mereka saat mereka ngerjain kami. Tapi nggak apa – apa, anggap saja buat pelajaran agar kita tidak terlalu manja dan sadar bahwa kita sudah semakin beranjak dewasa. Pakai topi dari “besek”, ada yang dari daun yang dibentuk mahkota, terus pake papan nama berbahan kardus dengan gantungan tali plastik. Hihi…lucu tampang kami waktu itu. Kita disuruh membawa buku tulis dan pensil dengan merk dan spesifikasi yang sudah ditentukan dan tidak boleh berbeda. Nanti dapat hadiah tersendiri kalau beda, hadiahnya push up, hehe..sudah menjadi makanan pokok kami tiap hari selama Fortasi. Jam masuknya dimajukan menjadi jam 6 pagi, padahal jam masuk sekolah standart daerah Pekalongan kala itu jam 7 pagi. Huhhh, kasihan temen – temen yang rumahnya jauh. Kalau tempat tinggalku sich hanya setengah jam perjalanan dengan bis super kilat. Ada salah satu dari temanku yang berangkat dari rumahnya sehabis sholat shubuh biar bahkan ada yang sholat shubuhnya di perjalanan, karena belum mendapatkan tempat tinggal sementara (kos-kosan). Ada ada aja ya…bagaimana pengalaman sekolahmu kawan?

Tentunya patut kita bersyukur, masih bisa memakan bangku sekolah. Coba lihat orang – orang sekitar kita, bisakah kita merasakannya…”Buat apa sekolah, makan aja susah” kalau sudah keluar kata kata itu apa yang dapat kita perbuat? Mereka belum menyadari akan pentingnya belajar. Bahkan sangat lucu sekali jika kita yang masih sehat dan mampu untuk mengenyam pelajaran masih malas beranjak menuntut ilmu.

Hmmm…serunya kehidupan ini, mudah-mudahan kita bisa berguna bagi diri sendiri maupun orang sekitar.

Smile😀

—–

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut

—–

Salam

Ari Tunsa

21 responses to “Horee, sekolah lagi

  1. Tahun ajaran baru identik dengan baju, tas,sepatu, dan buku baru. Tapi sayang aku masih belum bisa menwujudkan nya untuk anak-anakku😦
    Salam kenal serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • hehe, iya tuh…kenapa ya, tiap kakak kelas galak sama adik kelas 1 yang baru, xixixi…
      aku juga pernah jadi kakak kelas yg bentak adik kelas..🙂 pisss

  2. FORTASI? anak muhammadiyah yaa…
    TK aku pendiam n tertutup , SD aku sudah jd galak n masih tertutup,
    SMP aku mulai terbuka n makin galak, SMA aku ga sempet galak n jadi tertutup lagi.. Kuliah aku….. rahsia aahh..😉

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s