Muhasabah

Bismillah,

Hai kawan – kawanku semua yang baik hati, apa kabar?. Sebelumnya saya mau mengingatkan, bahwa sebentar lagi kita akan mengarungi masa pelatihan di  bulan yang sangat dinanti nanti oleh semua orang islam yang beriman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Mungkinkah adakah diantara teman – teman yang masih mempunyai hutang dalam berpuasa? Kalau ada, segeralah untuk melunasinya mumpung masih ada waktu. Sebab puasa di bulan ramadhan hukumnya adalah wajib, sebagaimana tercantum dalam kitab suci Alqur’an dalam surat Albaqoroh, pasti teman-teman sudah mengetahuinya, bahkan anak kecil di tempat saya pun bisa menghafalnya. Jika sudah tidak punya hutang puasa lagi, maka alangkah lebih baiknya menhadirkan diri menyambut dengan persiapan menhadapi pelatihan ketaqwaan di bulan yang penuh rahmat dan ampunan nanti.

Memang seharusnya bulan ramadhan itu adalah bulan tempat kita berlatih sehingga kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari setelah meninggalkan bulan puasa. Selalu memperbaiki diri dan mengingat akan amalan kita satu hari yang telah terlewati, apa saja yang sudah kita perbuat. Muhasabah, atau menghitung sendiri perbuatan yang sudah kita lakukan tiap hari menjadi sangat penting karena dengan begitu kita akan selalu berhati-hati dalam beramal. Itu hanya untuk orang-orang yang ingin hidupnya jadi lebih bermakna dan bernilai, tapi kebanyakan kita melalaikan akan hal itu. Sesungguhnya saya yakin setiap orang menginginkan hal yang terbaik, dan setiap orang sebetulnya bisa menggapainya tapi kita hanya tak mau berusaha menjadi  lebih baik. Saya hanya berusaha saling mengingatkan, dan saya sendiri tak pernah luput dari kesalahan. Mari kita bersama berusaha menjadi insan yang memaknai hidup dengan belajar ilmu agama lebih giat sesuai dengan yang diajarkan nabi Muhammad Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabat sehingga akan terang jalan menuju kepada kebaikan dan diridhoi oleh Allah Azza Wa Jalla.

Insya Allah bulan ramadhan akan hadir sekitar sepuluh hari lagi, dan saya akan selalu berusaha membuat tulisan – tulisan tentang hazanah islam yang saya dapati di tempat yang sekarang. Semoga tulisan saya nanti menjadi penambah wawasan kita untuk berbuat yang lebih baik lagi, insya Allahu ta’ala. Mudah-mudahan ketika sampai pada akhir bulan ramadhan dan setelahnya saya bisa memberikan tulisan yang berisi ilmu dalam menegakkan agama islam yang kita cintai. Jika kita ada keinginan berbuat baik niscaya Allah akan memudahkannya, insya Allah.

Perhatikanlah salah satu surat dalam Alqur’an, yang sudah biasa kita dengar bahkan saya yakin sudah banyak yang hafal, mudah-mudahan bisa menjadi renungan kita semua:

  1. Bermegah-megahan telah melalaikan kamu[1598],
  2. Sampai kamu masuk ke dalam kubur
  3. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu),
  4. dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui
  5. Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin
  6. Niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim,
  7. dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin[1599].
  8. Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).

Note:

[1598]. Maksudnya: bermegah-megahan dalam soal banyak harta, anak, pengikut, kemuliaan, dan seumpamanya telah melalaikan kamu dari ketaatan.

[1599]. ‘Ainul yaqin artinya melihat dengan mata kepala sendiri sehingga menimbulkan keyakinan yang kuat.

Q.S At Takaatsur 102: 1-8

Semoga langkah kita selalu mendapat ridho-Nya. Astaghfirullahulii wa lakum. Barokallahu fiikum

Iklan

49 responses to “Muhasabah

  1. Niat diri harus tulus ya mas.. ketika didalam diri sudah yakin akan tujuannya maka segala sesuatu tidak perlu ditunjukkan kerana BELIAU sudah mengetahuinya, terima kasih atas renungannya mas

  2. Ramadhan sudah di depn mata…
    semoga saya diberi kekuatan untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya sebagai hambaNya, sebagai seorang istri, sebagai seorang ibu yang punya peranan penting untuk menyukseskan keluarga berRamadhan Ria dan bahagia…
    makasih renungannya mas

  3. insyaallah hutangku sudah lunas mbak…. 🙂
    puasa di bulan agustus sekaligus hari ultahku….
    seneng banget…. ada apa yach nanti…. 🙂

  4. semoga kita semua berhasil memaknai puasa, sehingga menjadi seperti kupu2 indah usai bermetamorfosis…:-)

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s