Indahnya Kebersamaan

Kemarin (23/08), sudah genap 13 hari kita menjalankan puasa ramadhan. Semoga amalan kita tetap terjaga dari hal-hal yang mengandung dosa dan selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah. Kemarin pula saya dan kawan-kawan satu perusahaan diundang buka bersama di tempat bos. Sederhana tapi penuh makna, itulah yang bisa saya gambarkan. Oh iya, selain kami para karyawan, beliau juga mengundang karib kerabat terdekat. Banyak anak-anak kecil disana yang menjadikan suasana meriah. Tujuan diadakannya buka bersama ini tak lain hanya untuk mempererat tali silaturrahmi, yang telah dianjurkan sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Al Imam Ahmad clan Tirmidzi dari hadits Abu Kabsyah Al Annamaari, dia berkata :

Telah bersabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam : “Sesungguhnya di dunia ini terdapat empat golongan :

“(Pertama) seorang hamba yang Allah memberikan harta dan ilmu kepadanya. Sedangkan dia takut kepada Allah dalam harta tersebut, sehingga dia menyambung tali silaturahmi, dan dia mengetahui kewajibannya terhadap harta tersebut. Maka orang seperti ini memperoleh kedudukan yang sangat mulia di sisi Allah.
(Kedua), seorang yang diberi ilmu dan tidak memiliki harta, sedangkan dia mengatakan : “Seandainya aku memiliki harta maka aku akan beramal seperti amalannya fulan, walaupun dia hanya berniat saja, maka kedua-duanya memperoleh pahala yang sama. (Ketiga), Seorang yang diberi harta dan tidak diberi ilmu maka dia bakhil dalam hartanya dan dia tidak takut kepada Rabbnya, tidak menyambung tali silaturahmi serta tidak menjalankan kewajibannya terhadap harta tersebut. Maka orang ini kedudukannya lebih hina di sisi Allah.
(Keempat), Seseorang yang tidakdiberi harta dan tidak pula memperoleh ilmu, kemudian mengatakan : “Kalau aku punya harta maka aku akan beramal seperti amalan fulan (yang ketiga). Walaupun hanya dengan niat maka kedua-duanya memperoleh dosa yang sama.”

(Hadits Shohih, dishohihkan oleh At-Tirmidzi, Al Hakim dan selainnya).

Meskipun sederhana tapi cukup mengesankan buatku, terutama makanannya (hehe..) tapi sayang sekali saya tidak bisa jepret gambarnya untuk kalian semua (Takut pada ngiler nanti kalo liatnya siang hari 🙂 ).

Sebenarnya acara buka bersama dimulai jam 17.30 wita, karena berhubung sesuatu hal maka baru dimulai lima belas menit sebelum adzan maghrib dikumandangkan. Tidak ada ceramah khusus, hanya sekedar sharing sambil menunggu datangnya adzan maghrib. 18.21 Wita tiba, saatnya berbuka puasa, walaupun tidak terdengar suara adzan kami langsung menyantap menu buka puasa yang ringan (Seperti kurma, buah, dan lain-lain). Kami memang tidak bisa mendengar adzan sebab jauh dari masjid, tapi jam sebagai acuan sudah di setting sama dengan masjid sehingga kami yakin insya Allah tepat waktu. Beberapa menit setelah melahap takjil, kami semua sholat berjamaah dan setelahnya baru makan besar bersama.

Acarapun selesai setelah sholat tarawih bersama. Mudah-mudahan makin banyak lagi umat muslim yang senang menjalin ukhuwah antar sesama sehingga muslim Indonesia semakin kokoh. Apalagi mumpung bulan ramadhan, buka bersama bisa jadi sarana bagus untuk mempererat silaturahmi.

“Barangsiapa yang memberi makan buka puasa kepada orang yang berpuasa maka akan dituliskan untuknya pahala seperti pahalanya, hanya saja tidak dikurangi sedikit pun dari pahala orang yang berpuasa.” (HR. At-Tirmizi no. 807, An-Nasai dalam Al-Kubra: 2/256 dan Ibnu Majah no. 1746)

27 responses to “Indahnya Kebersamaan

  1. kebersamaan memang sangat indah
    dan salah satunya dengan berbuka bersama dapat menghadirkan rasa kebersamaan itu..
    persaudaraan yang indah *smile*

    selamat berbuka utk hari ini..
    smg Allah menerima segala ibadah kita di bulan yang sangat mulia ini
    dan semoga kita terhindar dari segala bentuk kesia-siaan
    *amin*

  2. Jadi pingin ikutan buka puasa bersama rame2. Liat anak-anak rebutan makanan iu loh yang bikin jadi seneng 😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s