Sahur nggak?

Haaah….masih ngantuuuuk…

Sahur....sahur....

Nikmat sekali rasanya, semalam denpasar khususnya jalan WR Supratman diguyur hujan. Entah, kapan hujan itu turun, aku juga nggak tau pasti hanya melihat jalanan telah basah bak diguyur hujan deras tadi malam. Memang sangat nyaman ketika hujan turun di malam hari yang kebanyakan digunakan untuk orang istirahat. Sejuk deh..

Malam tadi kujalanai aktivitas seperti biasanya, sholat taraweh, tadarus, smsan bentar, abis itu bobo’ manis deh. Sebenarnya saya sudah merencanakan untuk i’tikaf di masjid, namun karena motornya dipake teman, akhirnya gagal deh, sayang sekali ya? Nggak ingat betul, semalam aku tidur jam berapa, yang jelas teman-temanku belum pada tidur, masih nonton tivi. Laksana hanya beberapa menit saja aku tertidur, pas bangun terus liat jam, aku kaget sekali, udah jam 05.02 wita padahal adzan shubuh untuk wilayah Denpasar jam 05.05 wita. Langsung aku beranjak dari tempat tidur, ku nyalakan semua lampu, lalu ke kamar mandi deh…teman-temanku smua terlelap, sudah ku coba bangunkan tapi hanya seorang aja yang beranjak.

“Oe…bangun rek, sahur….zek ono waktu…sahuro ngombe tok nggak opo2…”

Yachh, apa boleh buat, saya pun langsung ambil gelas menuju dispenser dan meneguknya, alhamdulillah….masih bisa sahur. 10 orang temanku akhirnya nggak sahur deh, maafkan aku ya pren…telat bangun, hapeku semalem ketindihan sehingga nggak denger alarmnya. Aku menyesal, udah nggak bisa memanfaatkan sepuluh hari terakhir ini juga nggak bisa bangunin teman-temanku untuk sahur. Padahal mereka banyak nggak puasanya jika nggak sahur.

Hmm, memang beberapa hari ini kami kecapean, sejak kedua temanku meninggal dalam kecelakaan, sepeda motornya rusak berat, jadi nggak bisa dipakai lagi. Sekarang, kami berjalan kaki sejauh labih dari satu kilometer untuk bisa melaksanakan sholat taraweh. Maklumlah, masjid di denpasar ini tak sebanyak di Jawa, yang tiap beberapa ratus meter ada. Meskipun bukan karena itu aja yang membuat kami kelelahan. Aku pribadi merasa capek setelah sholat tarawih (jarang olahraga kalee ya? :mrgreen: ), padahal aku harus membangunkan teman-teman ketika saur.

Aku jadi merasa bersalah, diantara mereka ada yang nggak puasa dengan alasan nggak sahur. Temen-temen pernah mengalaminya nggak?

“Bersahurlah kalian karena sesungguhnya pada makan sahur ada barokah.” H.R. Al-Bukhari Muslim([4])

Iklan

41 responses to “Sahur nggak?

  1. Tapi emang sahur itu semangatnya pas awal-awal puasa. Makin mendekati akhir makin males, mendingan tidur hahahahaha…..

    BEsok HP nya taruh di meja aja, ya, biar kedengeran alarmnya 😀

  2. naruh hp agak kejauhan mas Ary, biar nggak gampang dipencet trus bobo lagi. he 🙂
    semoga pengalaman sahur cuma dengan segelas airnya untuk yang terakhir kali… ^_^
    itu juga salah satu manfaat nikah, ada yang bangunin kalo sahur, jadi buruan, hehehe

  3. saya juga pernah mengalaminya. akibat tidur terlalu larut. pernah malah nggak sempat sahur sama sekali 😦

    Tapi syukurnya, Mas, hari itu cuaca mendung. Jadi tahan sampe buka. heheh…

  4. waduh, kok karena gag sahur jadi gag puasa?

    pernah juga sih ngalamin, apalagi emank sahur itu pengganti sarapan. kalo gag ada kegiatan sih sangat disayangkan gag puasa–secara bisa tiduran aja di kamar :mrgreen:

  5. Kadang ada juga yang beralasan tidak sahur untuk ngeles dari kewajiban. Bagiku sendiri gak sahur gak papa yang penting niat. 😆
    Btw, kemarin ngasih award koq gak konfirmasi jadinya gak tahu kalau namaku nangkring juga disana.

    • usahakan sahur tiap puasa mbak, walaupun hanya dengan minum, apalagi puasa sunnah, sayang kan udah sunnah puasanya, terus amalan2 yang sunnahnya gak dilakukan. menjalankan sunnah dalam sunnah, hehe…ribet amat…
      y udah deh. yang penting nggak mempengaruhi amalan kita.
      makasih

      • nah itu dia, saya merasa cukup beribet soal sunnah…
        jadi kalo memang bisa ya dilakukan, tidak ya sudah…

        menurut saya Islam itu tidak sulit kok, tidak untuk digampangkan dan juga dibuat rumit. sekali lagi menurut saya yang cukup liberal lho yaaa.. tentu beda dengan mas Ari.. :mrgreen:

      • mbak nand, aku senang diskusi…apalagi sama yg aktif tapi nggak suka berdebat, hehe…
        ===
        eit, td tu bukan nada tinggi lho ya…jangan salah paham, hehe…
        keep smile

  6. setelah 22 hari memasuki puasa, bunda sekeluarga pernah kebablasan gak sahur waktu puasa hari ke lima 😦
    namun, krn sudah niat , alhamdulillah, akhirnya bisa tuntas semua puasanya hingga maghrib.:)
    Padahal sahur itu penting sekali ya Ari.
    bukan hanya sebagai pengganti makan siang kita saja, namun ada berkah didalamnya seperti yg dikatakan Rasulullah saw.
    salam

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s