Mudik 2010

Ayo, siapa yang mau mudik? absen dulu ya…

Hari esok semakin mendekat, hati ini semakin berdebar, rasanya campur aduk, sudah kangen yang di rumah :mrgreen: , Ibundaku tercinta pasti menungguku disana dengan harap-harap cemas. Bunda…ananda besok pulang, doakan ya? Teman-teman, mudik tahun ini adalah pengalaman pertamaku mudik antar pualau. Saya memang sudah berkali-kali mudik, tapi ini yang paling lama dan paling jauh dari tempat tinggalku. Kangen tiada kira, pengen segera memeluk Ibu.

Saya ingin sedikit berbagi tips nih, masalah mudik, siapa tau bisa berguna bagi yang pertama kali mudik. Saya berbagi tipsnya hanya yang naik alat transportasi umum ya seperti Bis, kereta api, dll, soalnya kalau pake alat transportasi pribadi belum pernah. Ya udah, kita inTipS ke TKP:


Pertama

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum keberangkatan sebagai berikut:

  • Beli tiket terlabih dahulu agar bisa kebagian tempat duduk nantinya sehingga terasa nyaman saat perjalanan.
  • Persiapkan beberapa pakaian dan barang bawaan seminimal mungkin agar mudah membawanya, karena pasti angkutan mudik sangat penuh. Jika ada barang bawaan yang besar, berat, dan merepotkan lebih aman dikirim melalui jasa pengiriman sebelum mudik.
  • Membawa bekal (Makanan, minuman) secukupnya, jangan mengandalkan jajan di perjalanan.
  • Sebelum keberangkatan, lebih baik ke kamar mandi dulu, mandi agar fresh dan tinggalkan isi perut atau selainnya.
  • Bagi yang suka mabok perjalanan, minum dulu obat anti mabok satu jam sebelum berangkat sebab jika diminum di atas angkutan obat tidak akan mempan, percuma saja. Persiapkan juga Minyak kayu putih.
  • Check kembali barang bawaan dan rumah yang ditinggalkan terkunci semua. Jangan sampai ada yang tertinggal sehingga nantinya bisa merepotkan anda.
  • Sebagai orang yang beriman tentunya kita memohon, berdoa kepada sang pemberi hidup agar selamat sampai tujuan.

Kedua

Persiapan saat perjalanan, yang perlu di perhatikan:

  • Jangan menampakkan perhiasan atau barang berharga lain, sehingga tidak mencuri perhatian orang – orang jahat.
  • Barang berharga lebih baik jangan di taruh di bagasi bis atau yang lain, dibawa tangan akan lebih aman asal tidak terlalu besar.
  • Hati – hati jika menerima minuman atau makanan dari orang lain. Lebih baik bawa bekal sendiri secukupnya.
  • Bagi anda yang suka mabok perjalanan baik itu darat maupun laut atau bahkan udara, jangan keseringan membuka mulut karena akan menyebabkan tambah parah. Usahakan melihat benda-benda yang diam.
  • Pasang muka anda dengan wajah yang kalem dan percaya diri, agar tidak menjadi sasaran kejahatan. Walaupun kita baru pertama kali mudik.
  • Pada saat istirahat di tempat peristirahatan, kenali posisi kendaraan yang anda tumpangi kalau perlu lihat plat nomornya sebelum anda turun dari kendaraan.
  • Usahakan ikut turun dari kendaraan saat berhenti, hirup udara segar agar kita pulih lagi setelah lama duduk. Ke toilet atau bahkan sekedar cuci muka juga tidak masalah.

Ketiga,

Setelah akan sampai di tempat tujuan, kabari saudara, teman, untuk meminta di jemput jika jarak ke rumah masih jauh. Bagi yang akan naik kendaraan lagi (ojek, taksi, becak) lebih baik cari tempat berhenti dulu sebentar setelah itu baru panggil si tukang ojek atau yang lain. Dan perlu di ingat sebaiknya tarif dibicarakan terlebih dahulu agar tidak ada pihak yang merasa di rugikan, biasanya tarif saat lebaran akan meningkat drastis, tawar saja.

Naah, setelah sampai di rumah…beristirahatlah yang cukup untuk menghadapi kegiatan selanjutnya.

Tulisan ini sebenarnya akan saya terbitkan sebelum mudik, berhubung banyak kegiatan maka tertunda deh, padahal sudah di konsep. Kan sayang, sudah nulis terus nggak bisa terbit. Yah, nggak apa – apa lah, siapa tau bisa bermanfaat untuk agenda mudik tahun depan.

Iklan

12 responses to “Mudik 2010

  1. bagus tipsnya mas…pasti bermanfaat untuk pemudik di tahun depan…soalnya sekarang udah mulai balik lg tuh para pemudiknya 🙂

  2. udah lewat mas mudiknya, bener mudah-mudahan beguna untuk mudik tahun depan 😀
    untuk arus balik juga terakhir sepertinya hari ini mas karena besok udah pada mulai masuk sekolah, kuliah, atau kerja. saya malah udah masuk kuliah dari seminggu yang lalu. jadi untuk yang arus balik juga udah pada berangkat. hehe..

    btw mohon maaf lahir dan bathin ya mas. 🙂

  3. oh pantesan pas baca kok pasnya sebelum mudik ya.. sudah terlambat tapi gpp juga sih tipsnya bisa berlaku untuk arus balik (yg udah selesai juga) hehe..
    eh maap lahir bathin juga ya..

  4. Iya Mas, tips-tips di bagian kedua harus sangat diingat. 😦 Bisa dibilang, semua orang di kendaraan umum yg tak kita kenal itu ga bisa dipercaya. Waspadalah, waspadalah. 🙂

  5. tips yang sangat elngkap utk para pemudik.
    kalau bunda kebetulan mudiknya dekat saja, krn ortu tinggal di bogor, jadi bunda dr tangerang hanya 40 menit via tol jagorawi sudah sampai deh di bogor.
    salam

  6. Mudik, ataupun perjalanan reguler hendaknya merujuk pada akal sehat dan persiapan yang matang… dengan tips ulasan diatas tentunya saya juga mendapat refereshment kembali – thanks ya…

    Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Kuwait City

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s