Serbuan Bang Flu

Flu memang sebuah penyakit yang ringan tapi agak menyebalkan. Bahkan, setiap kita hampir sudah pernah merasakannya, baik tua, muda, wanita, maupun pria. Saat ini memang musimnya tidak menentu, kadang panas tapi tidak jarang hujan. Musim yang beginian yang di sukai oleh serdadu flu, apalagi yang habis mudik dan perjalanan arus balik, tubuh kita kelelahan dan menyebabkan daya imun semakin lemah, akhirnya gampang terserang penyakit ini.

Influenza adalah penyakit ikut yang menular, menyerang saluran napas, dan sering menjadi wabah yang diperoleh dari menghirup virusinfluenza. Tidak sembarangan, biasanya jika dalam satu rumah kena virus ini tak jarang seluruh penghuni akan tertular juga. Maka dari itu, flu harus segera ditangani secepatnya agar tidak menyebar luas kepada orang-orang terdekat kita. Meskipun influenza sering disebut penyakit pernapasan, namun penyakit ini bisa memberi pengaruh ke seluruh tubuh. Penderita secara tiba-tiba menjadi demam, letih, lesu, kehilangan selera makan, dan sakit kepala, belakang tangan dan kaki. Juga menderita sakit tenggorokan dan batuk kering, mual dan mata seperti terbakar. Panas bisa meningkat hingga 104 derajat Fahrenheit, tapi akan menurun setelah 2 hingga 3 hari. Gejala saluran nafasnya sendiri bisa berupa pilek dan batuk. Ref: disini

Sudah dua hari terakhir ini saya terserang flu. Belum banyak yang saya lakukan untuk mengobatinya. Berawal dari tenggorokan terasa sangat gatal dan batuk. Mulanya saya tidak menyangka kalau akan berujung seperti sekarang ini. Karena terasa gatal, saya pergi ke apotek sebelah untuk membeli obatnya. “Mbak, tenggorokan saya gatal, batuk-batuk, obat apa yang cocok ya?” saya bertanya kepada penjaga apotek yang memang sudah kenal. “Ini aja mas (lupa namanya), kalau tidak Strepsils” Mbak penjaga menyambut tanyaku. Dan akhirnya saya mengikuti saran mbak penjaga apotek, saya memilih Strepsils obat hisap, cara memakannya harus kayak permen. Memang strepsils ini bentuknya ya permen, rasanya juga manis. Strepsils yang saya pilih bungkusnya berwarna kuning karena ada juga warna merah. Warna kuning ini rasanya madu dan lemon, yang isinya ada 6 butir @2,6 g. Setelah saya coba, ternyata memang setelahnya tenggorokanku agak lega, na mun tetap saja masih terasa gatal. Harga satu bungkusnya Rp 5.500,- . Tapi saya rasa obatnya nggak tepat deh, lebih tepat untuk melegakan tenggorokan. Soalnya saya baru baca tulisan di belakang bungkusnya, katanya:

Strepsils mengandung zat yang dapat membantu melegakan rongga mulut dan tenggorokan. Dapat digunakan oleh anak-anak maupun dewasa….dst

Memang sebetulnya agak males juga sich minum obat, karena saya tidak biasa minum obat, kecuali jika benar-benar terpaksa, sehingga saya kurang tau banyak obat-obatan untuk beberapa jenis penyakit. Teman-teman ada nggak yang bisa merekomendasikan obat untuk saya? Sekarang ini, flunya semakin berat, padahal kemarin hanya pilek saja, sekarang mulai demam, kepala agak pusing, batuk semakin parah (sekarang berdahak), hidung makin mampet, kemudian menjalar ke mata yang ikut-ikutan sakit. Mataku merah, pedih rasanya ketika bangun tidur dan untuk penanganan sementara saya memakai Visine.

Saya akui, semenjak tiba dari kampung halaman badan ini terasa capek dan istirahat hanya sebentar. Apalagi ditambah dengan pekerjaan yang sudah menumpuk menanti saya. Begitu saya sampai, saya langsung mengerjakan tugas. Baru bisa istirahat sekitar jam sepuluh malam, padahal perjalanan yang saya tempuh cukup jauh. Rencananya saya akan berobat nanti malam, tadi sudah ada rekomendasi dari bos, hehe…

***

Salam untuk semua keluarga sahabat-sahabatku

32 responses to “Serbuan Bang Flu

  1. Wah, cuaca saat ini memang lagi tidak bersahabat sobat, jadi kalau kita tidak bisa mengatur stamina memang kadang-kadang penyakit mudah menyerang, lebih-lebih flu. Semoga lekas sembuh dan bisa beraktivitas kembali dengan semangat, salam persahabatan dari Pekalongan.

  2. Yang penting istirahat yang cukup, konsumsi makanan bergizi, jika sakit berlanjut silakan berobat, hubungi dokter terdekat.
    Salam..dari Kendari…๐Ÿ˜‰

  3. iya benar, kalo di tahun-tahun sebelumnya, bulan ini seharusnya sudah panas, dan sudah tidak ada hujan, kalo dalam jawa disebut moso ke 3,
    tapi ini tetep aja ada ujan, meski 2 hari sekali, ttep ada ujan.
    Untuk penyakit flu memang menjengkelnkan, mau tidur hidung gak isa nafas, meler terus… huhhh… susah.

  4. -Sama nih mas, udah dua hari saya juga terkena flu… bersin-bersin melulu… mungkin karena pengaruh peralihan cuaca… tapi alhamdulillah sudah agak baikan sekarang.

  5. blogwalking k sni eh nmu post tentang flu,
    kbetul’an bgt nech uda 2 hri hidung sya mampet,
    sehat emank bru trasa berharga klo qta lg sakit ya

  6. Kalau sekiranya sudah mengganggu aktivitas, bisa minum obat flu mas Ari.. dan betul kata BliTu, istirahat yang cukup dan makan yang bergizi..๐Ÿ™‚

  7. mas.udah sembuh belum?saya sakit yg sama nech…flug, batuk, sakit tenggorokan n mata merah pas bangun tidur.
    saya tanya mbah gogel ttp jenis penyakit ini, malah nemu blog anda mas.
    saya sungguh terganggu aktifitarnya nech.tolong banget dikasih tau obatnya.bear cpt tertangani m0h0n sms aja ke 085726503830. ato email ke dwiyant99@yahoo.com
    makasih banyak

    • Wah, malah konsultasi. saya bukan dokter mas, cuma bisa ngasih saran.
      Kalao flu dan batuk, bisa bli obat flu&batuk di apotek terdekat, sedangkan mata merah, tetesi dg cendo, ada di apotek juga.
      bila tak kunjung sembuh lebih baik ke dokter aja mas.
      makasih

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s