Masak Yuuk

Siapa yang suka masak???

Ayo ikutan aku masak, hehe…

Masak memang menjadi hal yang sangat penting, terutama bagi ibu-ibu dan calon ibu tentunya. Karena dengan pintar atau tidaknya masakan akan mempengaruhi selera makan, dan bagi yang sudah berkeluarga akan mempengaruhi betah atau tidaknya suami di rumah, hhehe… :mrgreen: (Perhatikan tuh ibu-ibu dan calon ibu). Seorang suami akan lebih memilih untuk makan bersama keluarga di rumah daripada makan di luar jika masakan sang istri menggugah selera. Akan semakin mempererat cinta kasih juga dalam keluarga. Nah, tapi tidak semua orang yang mau belajar masak itu hanya wanita saja lho…tapi laki-laki juga, termasuk saya…hehe… Kenapa demikian?
karena memang aku suka makan, jadi seneng aja kalau melihat orang yang lagi masak-masak, siapa tau bisa bikin sendiri, jadi tambah puas makannya. Hehe… Hal lain yang mendorong aku ingin belajar masak adalah karena keterpaksaan, hihi… Terpaksa belajar memasak untuk menghemat pengeluaran, sebab tau sendiri kan anak kos? apalagi kalau yang ngekos anak kuliahan yang belum kerja, (Maaf bukan maksud hati menyinggung anak kuliah πŸ™‚ ).

Nah, ngomong-ngomong soal masak memasak, aku termasuk ahli memasak juga lho… Aku bisa memasak macam-macam kreasi menu dengan bahan dasar telor. Telor dadar, telor ceplok, telor orak-arik, telor kecap, telor rebus, telor pecah, dll…hihihi….. *Awas kalo ada yang ngejek.

Karena keterbatasan peralatan, waktu, dan tempat, saya akhirnya tidak bisa berkreasi lebih dalam lagi tentang masakan ( :mrgreen: alesan..), dan kini aku hanya bisa melamun dan memperhatikan acara masak memasak di tv saja, sekaligus berharap agar istriku nanti pandai memasak biar aye bisa betah di rumah, hehehe… Yang ngerasa, jangan marah yaaak…hehe..

Kebetulan aku dapet menu masakan baru nih, setelah baca-baca koran. Mungkin bisa membantu temen-temen membuat kreasi masakan baru dengan bahan dasar Kentang, aku sich belum pernah nyobain, makanya ku tulis disini dulu, biar ada yang nyoba, terus kalau enak baru saya minta, hihi…

Kentang Panggang Lapis Sayuran

Bahan:

200 gram kentang

Kukus lalu haluskan

2 Lembar roti tawar tanpa kulit

50 cc susu segar

2 butir telur ayam

50 gram wortel potong

50 gram buncis iris tipis

25 gram daun bawang

Prei iris tipis

25 gram bawang bombai cincang

2 sendok makan margarin

Secukupnya garam, gula, merica, pala

Cara Membuat:

Rendam roti dengan susu. Lalu remas-remas kemudian campur dengan kentang dan bumbui dengan garam merica, pala, dan kocokkan telor ayam. Sisihkan

Panaskan 1 sendok margarin lalu tumis bawang bombai hingga harum kemudian masukkan semua sayuran.

Rasakan bila sudah pas, angkat dari api biarkan agak dingin lalu tambahkan kocokan putih telur.

Olesi pinggan tahan panas dengan margarintuang sebagian adonan kentang, ratakan. Lalu, lapisi dengan sayuran ulangi sampai adonan habis. Panggang dalam oven selama 20 menit lalu sajikan.

Kandungan gizi

EnergiΒ Β  : 161,6 kal

Protein : 13,03 gram

LemakΒ  : 7,65 gram

KaloriΒ Β  : 63,45 gram

Oleh: Ahli gizi RS Husada Utama Surabaya

Kentang

Gimana? lengkap dan bergizi kan? Bagi yang nggak suka kentang seperti saya ini biar jadi menyukai makan kentang, karena masakannya enak.

Kentang termasuk salah satu jenis makanan yang bisa untuk pengganti nasi yang menghambar kanker. Kentang memiliki lebih dari 30 phytochemical dan vitamin. Kentang juga memiliki kandungan vitamin C., potasium, dan phenol seperti quercetin. Berbagai kandungan tersebut membuat kentang potensial untuk melawan berbagai penyakit. Di samping itu, ia juga memiliki asam chlorogenic, yang berdasarkan beberapa penelitian bisa menghambat kanker hati. Mengkonsumsi kentang bisa juga sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Jawa Pos, Jumat 1 Okt 2010

Selamat mencoba kreasi baru buat yang mau…Saya seneng sekali berbagi, apalagi saya di bagi hasilnya, πŸ˜†

Semoga bermanfaat



30 responses to “Masak Yuuk

  1. Kentang panggang alias baked potatoes ya?

    Anak saya suka sekali, apalagi kalo pake keju, lahap deh
    Tapi kayaknya resepnya nggak seribet ini hehehe

    Anyway thanks info resepnya πŸ˜‰

  2. saya suka kentang tapi gak gitu suka kentang .. loh?
    kan karbohidrat jadi saya g gitu suka disandingkan dengan nasi makannya πŸ˜€
    perkedel kentang sm sambal goreng kentang oke lah saya suka
    masak yukk..latihan kalao nanti istri lg hamil n melahirkan πŸ˜€

  3. bunda sih nungguin dimasakin saja sama Ari,
    katanya khan bisa masak, kalau gak dibuktikan dgn memasakkan bunda,
    bunda gak percaya ! πŸ™‚

    ditungguin lho Ari, telor orak arik atau telor dadarnya ……. πŸ˜€
    salam

  4. waaa… waa… waaa…
    nyindir aku ki postingan nya ki.

    *sambil nyari bahan – bahan di kulkas, siap – siap nyontek*

    hihihihihi.

    gak punya oveeen!!! minjem oven nya dong, mas ari…
    πŸ˜€

  5. Wahahaha sebagai anak kos, saya tetep bbisa masak kok
    masak mie, air hangat, telor dadar, dan nasi goreng sederhana hehe :mrgreen:
    Lumayanlah rasanya πŸ˜‰

  6. aku nggak ngefans sama kentang….kecuali kalau lagi sakit ajah, terpaksa.hehe….
    aku suka belajar masak masakan yang disukai suamiku nanti… piss…

  7. mas arii.. huuu.. maaf saya baru mampir lagii, maaf kan yaaah πŸ™‚

    soal masak memasak… ehm… saya parah!! *gubrak*
    bener2 ga ahli, ga paham bumbu dapur, gimana menciptakan suatu rasa dari bumbu2 itu, totally ga ngerti..!
    kalo kue2 atau puding masih nekat deeh bikin, tp kalo masakan yang sesungguhnya.. mmmm… nyari wangsit dulu deh mendingan! πŸ˜†

    mudah2aan suami saya nanti sukanya KFC, hahaha.. πŸ˜†

Komen

