Refleksi Sumpah Pemuda

Pict: rachmatdjatiwaluya.blogspot.com

Sebagian pelajar pasti tahu, kapan hari nasional sumpah pemuda diperingati. Banyak pelajar memang mengetahuinya, tapi hanya sedikit orang yang kini masih terus mengingat arti penting sumpah pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 itu. Seharusnya sebagai seorang pelajar muda, generasi penerus dan pencetus bangsa setidaknya bisa menjadi generasi yang benar-benar berkualitas. Kemudian muncul pertanyaan, bagaimana caranya?
Pertanyaan yang biasa kita jumpai dan sulit untuk menjawabnya. Sebenarnya mudah saja, jangan membuatnya menjadi lebih rumit dan pusing. Mencintai bahasa Indonesia, salah satunya. Bahasa persatuan ini harus kita jaga dan harus kita bangga terhadapnya. Sudah seharusnya kita bangsa Indonesia, paling mengerti bahasanya sendiri. Namun, betapa banyaknya pelajar Indonseia khususnya, yang nilai pelajaran bahasa kesatuan sendiri malah lebih jelek daripada nilai bahasa asing. Bahasa Inggris misalnya, lebih disukai oleh pemuda-pemuda masa kini, mereka lebih sering menggunakan bahasa asing dalam kesehariannya.
Pengetahuan terhadap bahasa asing memang diperlukan, karena kita berada di era globalisasi. Tetapi, sekali lagi sangat disayangkan, orang Indonesia, belajar bahasanya sendiri malah tidak mengetahuinya. Sebagian, memang terlalu meremehkan bahasa Indonesia. Di sekolah-sekolah juga demikian, meskipun kurikulum selalu berubah, bahasa Indonesia tetap susah berkembang dengan baik. Mereka berfikir kalau pelajaran bahasa Indonesia yang penting hanya bisa berbahasa Indonesia. Padahal kita masih belum pandai berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, termasuk saya sendiri. Mencintai bahasa Indonesia kan tidak merendahkan martabat bangsa. Dalam pidato para pejabat tinggi Negara termasuk Presiden SBY, masih sering kita dengar bahasa Inggrisnya.
Alasan apa yang membuat kita tidak bisa mencintai bahasa sendiri, padahal banyak Warga Negara Asing yang ingin mempelajari bahasa kita. Mahasiswa dan mahasiswi dari The University of New South Wales, Australia, beberapa waktu lalu berkunjung ke daerah Jawa Timur, hanya untuk mempelajari bahasa Indonesia dan ingin mengetahui lebih banyak Indonesia, Negara, dan rakyatnya. (Ref: Jawa Pos, 28 Okt 2010). Alasan mereka (WNA) karena Indonesia adalah Negara yang besar dan penting serta mempunyai masa depan yang baik. Tidak sadarkah kita, bahwa bahasa Indonesia sangat menarik sebab banyak perbedaan dengan bahasa Inggris (tidak punya kata kerja yang terkait waktu, past tense, present tense, dll)
Jadi, masihkah kita mencintai bangsa ini? Bahasa Indonesia, termasuk salah satu dari tiga butir sumpah pemuda. Kita harus bangga terhadap bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Salam

Iklan

25 responses to “Refleksi Sumpah Pemuda

  1. selamat hari sumpah pemuda ari…

    sebagai pemuda sudah selayaknya kita mengingat hari ini sebagai tonggak pemersatu bangsa, tanpa ada perbadaan, hanya satu Bangsa Indonesia
    tadi siang aku tanya beberapa rekan kerja, rata2 ngak ada yang ingat kalau hari ini adalah hari sumpah pemuda heeehe

  2. Iya mas…
    apa lagi di jaman sekarang kayaknya generasi udah pada gak mikirin tuh tentang bangsa ini… nasionalismenya sudah turun

  3. Postingannya bagus ARi, tapi….yang ini:

    “Namun, betapa banyaknya pelajar Indonseia khususnya, yang nilai pelajaran bahasa kesatuan sendiri malah lebih jelek daripada nilai bahasa asing”

    Kamu nyindir yah…karena apernah adenger aku cerita nilai bahasa indonesiaku jelek….

    Ayo kita bangga berbahasa indonesia!

    Semoga hari-hari kita penuh kasih 🙂

  4. susahnya belajar bahasa Indonesia karena mereka merasa sudah mempelajarinya sejak dari kecil… tapi kadang mereka lupa akan hal-hal yang memang perlu dipelajari… >.< terlebih lagi jika sudah berhadapan dengan bahasa gaul…

  5. Ari .. qu pake bahasa Indonesia kok, biz di tempat kerja temen2 ada yg dari jawa, cina, medan, nah qu dari padang, kalo qu ngomong Padang mereka gak ngerti .. makanya kita pake bahasa Indonesia .. bahasa gaul juga gak ngerti .. apa lagi inggris taunya 3 kata doang , yes or no … (hehehe..)

  6. jadilah pemuda yang menjadi harapan bangsa
    Ir.soekarno berkata: “berilah saya 3 pemuda,akan ku kuasai dunia”

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s