Jenuh atau Bosen?

Bismillah,
Pekerjaan sehari-hari yang dilakukan secara rutin, terus menerus dan dengan cara yang sama biasanya akan menimbulkan rasa jenuh bagi yang menjalaninya. Kebosanan itu biasanya akan mempengaruhi kinerja kita. Hasil kerja kurang maksimal dan juga bisa menimbulkan permasalahan lain, yaitu mudah emosi. Dari emosi , bisa timbul perpecahan sesama rekan kerja maupun dengan pimpinan.

Banyak cara untuk meminimalisir kejenuhan, diantaranya dengan ngeblog. Mencurahkan apa yang ada dipikiran ke dalam tulisan, bisa juga dengan melakukan kegiatan lain. Intinya hal yang dilakukan harus berbeda dengan pekerjaan yang sehari-hari kita lakukan. Setiap individu biasanya punya cara tersendiri untuk mengatasi masalah tersebut.

Lain orang, lain cara, saya juga lain cara mengatasinya. Biasanya, menghilangkan kejenuhan dari segala hiruk pikuk dunia yang semakin panas ini saya lakukan dengan tidur. Berbaring, bisa membuat hati menjadi tenang dan lega. Apalagi setelah membersihkan diri dengan wudhu dan sholat. Kadang, jika cara ini sudah saya pergunakan beberapa kali secara berturut-turut, biasanya saya pergi ke suatu tempat yang sejuk, sunyi, dan disanalah tempat yang sangat nyaman untuk merefresh otak.

Ketika rasa lelah dan jenuh ini datang, lebih baik serahkan kepada-Nya, waktu tersebut adalah saat-saat yang tepat sebagai perenungan diri. Menghitung kesalahan yang dilakukan untuk dapat diambil hikmah dibalik semua yang terjadi dan tidak mengulangi kembali. Bagaimana dengan sahabat yang lain? Tentu ada metode tersendiri untuk berhenti sejenak dari aktivitas rutin yang bisa menimbulkan kejenuhan.

Apapun itu caranya, yang penting mudah-mudahan dengan hal positif.

Salam dari Denpasar

Iklan

36 responses to “Jenuh atau Bosen?

  1. kemaren saya juga sempet ngalamin yg bener2 jenuh dan bosan,
    tapi sepertinya liburan sehari agak sedikit menghibur..
    oh iya, satu lagi..
    denger musik sambil teriak2..
    haha

    salam hangat pula dari makassar 😛

  2. kalo saya mengusir jenuh pun tergantung mood he he…
    kadang dengan baca buku… kadang dengan nulis… kadang dengan sekedar blogwalking… kadang dengan eksperimen masak… dan memang sering juga dengan mandi, wudhu, sholat kemudian tidur hihi ^^

  3. macam2 cara bisa dipakai utk menghilangkan kejenuhan, mungkin salah satunya dgn berlibur ya Ari.
    kalau bunda biasanya menghilangkan kejenuhan dgn mendengarkan musik atau jalan2.
    salam

  4. Ari, kalau pas lagi bosen, saya suka jalan-jalan ke kebun bersama anak. Menggembalakan sapi atau main badminton sama anak.

    Ngeblog juga kadang ngebosenin lho :mrgreen:

  5. Saat jenuh saya pasti minum air lebih banyak dari biasanya Mas..hehe.. setelah itu mencari hal lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan penyebab bosan itu sendiri. Dan tentu saja tanpa melupakanNYA.

  6. Iya aku jebuh…hahahaha

    Caranya?

    banyak cara yang aku lakukan, ngeblog, browsing, otak atik gambar di sotoshop, chatting, tapi so far…aku sih mencari apa penyebb kejenuhan itu, nah kalau udah ketemu aku akan menyapanya dan bilang padanya “I love you’ sambil tersenyum.

    Percaya atau tidak itu mujarab sekali..

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s