Ngaben Besar..

Bismillah,

Siapa yang tau ngaben?? hayo…acungkan tangan, hehe…

Ngaben adalah salah satu adat Bali yang sangat sakral. Upacara yang dilakukan manakala ada seseorang yang meninggal di Bali. Sebenarnya sich tidak semuanya warga Bali, hanya teman-teman kita yang beragama Hindu saja. Ngaben, sering kita lihat jika berada di Bali, karena memang sebagian  besar masyarakatnya beragama Hindu, sehingga seolah-olah, ngaben itu hanya di Bali.

Bicara masalah ngaben nih, ternyata ada masing-masing tingkatannya, satu sama lainnya berbeda, tergantung tingkat kemampuan orang tersebut. Warga biasa lebih sederhana daripada warga yang keturunan raja, atau semacamnya.

Nah, kemarin (2/11) kebetulan ada acara ngaben besar-besaran yang melibatkan ribuan orang berada di sana. Tepatnya di Ubud, Gianyar, Bali. Tua, muda, besar, kecil, laki-laki, perempuan, dan lain sebagainya tumpah ruwah disana. Sampai-sampai jadi perhatian wisatawan mancanegara. Pokoknya ramai banget dah. Tidak hanya warga Ubud saja, dari daerah lain juga banyak yang datang kesana hanya untuk menyaksikan upacara ngaben tersebut. Arus lalu lintas pun terpaksa ditutup karena saking banyaknya orang berhamburan.

Upacara Pelebon Raja Peliatan IX tersebut juga banyak dihadiri para pejabat daerah setempat. Jenazah Raja Peliatan IX Ida Dwagung dinaikkan keatas Bade setinggi 25,5 meter.  Sebelum acara prosesi pelebon dimulai, disajikan tari tradisonal di dalam puri. Saya kurang tau banyak juga, makanya saya perlihatkan gambar-gambarnya saja ya? Rame banget dah…

 

Bade "Yang digunakan untuk membawa Jenazah"

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Haaa…kalau lebih penasaran dateng aja langsung :mrgreen:

Iklan

22 responses to “Ngaben Besar..

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s