Menulis itu Susah

Bismillah,

Jangan terpengaruh pada sugesti saya, tenang menulis itu mudah kok, coba baca artikelnya salah satu teman blog saya disini. Penulis pemula juga akan mengalami sedikit kesulitan, tapi dengan adanya kegigihan dan keuletan, pasti bisa sukses deh, banyak kan contohnya. Cari sendiri saja contohnya ya? hehe..

Ada yang jawab mudah, ada yang jawab susah juga. Beragam warna jawaban yang ada. Saya sendiri menjawab, menulis itu gampang-gampang susah, adakalanya mudah dari sudut tertentu dan adakalanya saya jawab susah juga dari sudut pandang lain. Pastinya demikian. Menulis itu mudah karena memang sudah terbiasa. Jadi, tidak seorang penulis pun yang langsung bisa menulis dengan mudah, dan lancar. Biasanya meskipun sudah bisa menulis, untuk tulisan-tulisan awal akan lebih susah dipahami. Menulis adalah sebuah proses, bagaimana akan mahir menulis jika tak membiasakan diri menulis.

Segi mudahnya dari situ menurut saya. Kemudian, menulis juga susah jika dilihat dari sudut yang berbeda. Banyaknya tulisan menurut saya belum bisa menggambarkan bahwa seseorang itu pandai menulis atau tidak. Karena belum tentu tulisan yang banyak itu bisa dipahami oleh semua orang. Justru menurut saya, tulisan yang ringkas itu lebih susah daripada tulisan yang panjang lebar. Saya juga masih belajar menulis, terutama agar tulisan saya menjadi ringkas dan tidak membosankan ketika dibaca. Banyak sahabatku yang tulisannya bagus, ringkas, padat, mudah dipahami, tidak membosankan untuk dibaca. Salut deh..

Intinya, terus menulis lah, jangan merasa tulisan kita jelek, jangan minder kepada siapapun.  Namun, perhatikan dan dengarkan kritik  dari orang lain agar kita bisa pandai merangkai kata yang mudah dimengerti oleh orang lain. Saya juga masih belajar, oleh karenanya, mohon kritik dan saran atas tulisan-tulisanku yang ada di blog ini atau di blog saya yang lain.

Salam Hormat Untuk Sahabat

30 responses to “Menulis itu Susah

  1. Tungkanlah segala kreatifitas kita dalam suatu bentuk tulisan tulisan. Jangan pernah malu dan minder, karena kita tidak tahu suatu saat nanti kita akan dapat mengubah dunia dari hasil dari tulisan yang kita buat.

    Dengan mengatasi permaslahan yang kecil; maka, kita dapat mengatasi permasalahan yang besar.

    Sukses selalu

    Salam ~~~ “Ejawantah’s Blog”

  2. Kalau aku berpendapat gak ada susahnya untuk menulis malah cenderung gampang segampang ide tulisan mengalir di kepala. Tapi yang susah itu mencari waktu untuk bisa menulis dengan tenang 😆 .
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  3. sesuatu yg baru dipelajari,memang kesannya selalu susah, namun bila terus menerus berlatih, akhirnya terbiasa.
    alah bisa krn biasa , kata pepatah ya Ari 🙂
    Bunda masih kesulitan utk menulis ,Ari 😦
    salam

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s