Pesona Alam Hutan Mangrove

Pagi yang ceria, bagaikan embun yang belum menetes ke tanah. Kemilau bening seakan menyejukkan jiwa ini. Pagi ku terasa indah, bagaimana denganmu kawan? mau jadi indah? ikuti perjalananku, berpetualang menyusuri kota Denpasar. Perjalanan saya kali ini akan merambah ke dalam hutan yang dilindungi, hutan mangrove namanya. Hutan mangrove ini terletak di Jalan Bypass, kalau dari arah sanur bisa kita temukan setelah jalan menuju Port Of Benoa. Sekitar 3 kilometer dari perempatan bypas jalan diponegoro sebelah kiri jalan kita akan melihat papan nama besar yang bertuliskan “The Mangrove Information Centre” di sebelahnya bertuliskan “Balai Pengelolaan Hutan Mangrove Wilayah I”

Ikuti petunjuk arah di papan nama tersebut. Kira-kira 700 meter lagi kita akan menyusuri jalan di tengah-tengah mangrove, seru deh. Seperti halnya petualangan-petualangan yang biasanya ada di televisi. Hehehe.. Saya tidak akan terlalu banyak menjelaskan, akan ku perlihatkan saja foto-fotonya yah?

Hutan mangrove ini dijadikan pusat penelitian dan informasi mengenai tanaman-tanaman yang tumbuh di pantai, terutama mangrove (Bakau) seperti wisata yang saya ceritakan minggu lalu, tentang Pusat Konservasi Penyu. Hutan ini dilindungi, tercipta sejak beberapa tahun silam. Suasananya sedikit menantang dan menggairahkan bagi yang suka memacu adrenalin. Sebelum masuk ke Track di dalam hutan, kita sudah disambut peringatan seperti gambar di bawah ini.

 

Hati-hati

Iya, biawak sering melintas di kawasan ini, makanya tertancap papan peringatan di samping jalan. Sayangnya saya tidak sempat menjepret gambarnya.

 

Hutan mangrove ini terbentang di atas tanah yang cukup luas, lumayan jika mengitarinya. Tapi bukan jalan-jalan ke hutan mangrove namanya jika kita belum melihat bagian demi bagian yang ada di dalamnya. Kebetulan saya ke sana saat pagi hari sebelum jam 7, padahal di sana dibuka untuk umum baru jam 8 pagi, karena baru ada petugas jaga pada waktu tersebut. Kita harus merogoh kocek lima ribu rupiah per orang untuk menikmati petualang di dalam hutan mangrove.

Ini saya perlihatkan trial map (jalur) yang akan kita lalui ketika di dalam hutan.

 

Trial Map

Cukup menguras keringat jika sudah menjelajahi semua. Namun, keringat kita terbayarkan oleh pemandangan dari alam yang begitu menggoda, hanya sedikit yang perlu disayangkan, hutan mengrove ini kurang perawatan dan penjagaan petugas sehingga banyak tangan-tangan jail yang iseng corat coret sana sini. Membuat keelokan hutan menjadi kurang nyaman.

Baiklah, mari saya ajak jalan-jalan ke dalam sana. Dengan melalui jalur yang terbuat dari papan kayu, pertama kali masuk harus diperiksa oleh petugas, agar tidak ada orang yang tidak bertanggung jawab.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Terima Kasih telah berkunjung, have a nice Weekend!

31 responses to “Pesona Alam Hutan Mangrove

  1. Ping-balik: 25 Buah Langka Dari Kalimantan - Info - Artikel Unik, Lucu, dan Menarik·

  2. Ping-balik: Mangrove, Pesonamu Kini Ternoda « Tunsa·

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s