Togel Bikin Gila

Bismillah,

Hidup tiada arah, terlunta lunta gara-gara angka. Senyum tak lagi manis, bahkan menjadikan orang lain takut karenanya. Berjalan tanpa tujuan, entah kemana dia melangkahkan kakinya. Beban yang begitu berat karena ulahnya sendiri tak bisa diatasi, sebab dia tak kunjung sadarkan diri. Tak pernah mendekat pada sang Ilahi, terbesit dalam pikiran pun tidak pernah. Betapa malang nasib mu wahai kawan, istri dan anakmu akan engkau kemanakan? Tidakkah kau pikirkan sebelumnya akan nasib mereka saat ini? Tepi jalan engkau susuri, tak ada yang mencegah bahkan mendekati. Melirik pun tidak, mungkin.

Kasihan sekali temanku itu, baru saja saya mendapatkan kabar bahwa dia sekarang mengalami gangguan kejiwaan. Gangguan mental, karena sesuatu yang sangat dilarang, baik oleh negara, terlebih lagi agama. Setiap hari bergelut dengan angka, sebagai sarana perjudian. Masyarakat sering menyebutnya, togel. Salah satu jenis perjudian itu, telah menghilangkan akal sehat teman sekaligus pelanggan kami. Baru sekarang saya tahu kalau ternyata perjudian yang berhubungan dengan angka ini sudah biasa dia geluti.

Namanya bapak Suradji, beliau meninggalkan anak dan istrinya sekarang. Kabar tersebut saya dapatkan dari salah satu sahabatnya yang agak dekat. Dan kini tak ada yang mengurusinya, sampai-sampai berkeliaran di tepi jalan tak terarah. Hidupnya sekarang terlunta-lunta, meskipun baru sekitar satu minggu dia menjadi gila. Senyumnya tak ada wacana, dan tak bisa dibaca. Senyum yang tiada guna, tak berarti untuk orang lain. Kronologisnya karena angka togel yang ia beli hampir sama dengan yang keluar. Hanya selisih satu angka depan saja. Seringnya terjadi yang demikian, bapak Suradji lama kelamaan bertambah penasaran dan terus mencoba. Hingga akhirnya dia stress, karena tak kunjung berhasil dengan apa yang dia inginkan.

Lihatlah kawan, ada pelajaran yang bisa kita petik darinya. Perjudian jenis apapun tidak akan ada manfaatnya, malah yang ada hanya kerugian. Kalaupun ada, mungkin itu hanya kebetulan dan tak lebih banyak dari kerugian yang didapatkan. Percayalah, hidup akan terasa indah dan lebih indah jika kita mencari nafkah dari sumber yang di ridhoi oleh Allah. Tidak benar adanya istilah `mencari yang haram saja susah, apalagi yang halal`. Bisikan kejahatan dari syaitan setiap saat ada. Kuncinya dengan memperbanyak mengingat-Nya, dan selalu mendekatkan diri pada Allah, dzat yang memiliki kehidupan dan alam semesta ini.

Subhanallah, semoga kita terhindar dari perbuatan keji seperti yang dilakukan oleh temanku itu. Mudah-mudahan hidayah, rahmat, dan ridho Allah ta’ala selalu menyertai kita.

Salam

16 responses to “Togel Bikin Gila

  1. segala hal yang dilarang oleh ALLAH pastilah tak baik untuk manusia, hanya kadang manusia selalu mencari-cari alasan untuk melakukannya >.<

  2. sudah jelas di Al-Qur’an dikatakan, jauhilah yg haram, agar engkau selamat, kok ya masih bandel.
    jangankan dilakoni, mendekat saja pd yg haram sudah dilarang.
    Karena Allah swt selalu tau yg terbaik utk hambaNYA.
    semoga kita semua dijauhkan dr hal2 yg sia2 ini ,amin
    salam

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s