Cegukan ada Solusinya

Bismillah,

Siapa yang tidak pernah cegukan, saya yakin semua sudah pernah mengalaminya sendiri. Bagaimana rasanya? cukup mengganggu bukan? apalagi jika cegukan itu datang pada saat yang kurang tepat, dalam rapat misalnya dan lain sebagainya. Saya juga pernah mengalaminya ketika waktu kerja, sedikit memalukan apalagi saat kita sedang berbicara kepada atasan kita. Apalagi pekerjaan tersebut menyangkut khalayak ramai, penyiar radio atau televisi misalnya, kan lucu ketika sedang on air tiba-tiba mengalami cegukan. Untuk itu, cegukan tidak dapat dianggap remeh. Harus punya solusi untuk mengatasinya.

Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus. Ref: http://id.wikipedia.org/wiki/Cegukan

Cegukan ada beberapa macam, ada yang ringan dan ada juga cegukan yang bersifat permanen. Yang biasa terjadi pada kita itu termasuk cegukan ringan. Cegukan permanen merupakan gejala gangguan otak, gejala stroke, infeksi di susunan saraf pusat, dan lain-lain. Sebaiknya jika terjadi cegukan jenis ini yang ditandai dengan tidak berhentinya cegukan berhari-hari bahkan sampai beberapa bulan, periksakan ke dokter ahli.

Kemudian cegukan ringan, cegukan jenis ini bisa diatasi supaya lebih cepat berhenti, meskipun lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya. Berdasarkan pengalaman pribadi menghilangkan cegukan ringan ada beberapa cara:

  1. Minum air yang banyak, biasanya cegukan ini disebabkan karena kurang minum setelah makan.
  2. Tarik nafas sedalam-dalamnya kemudian tahan beberapa detik lalu hempaskan pelan-pelan. Cegukan jenis ini biasanya penyebabnya karena makan berlebihan.
  3. Tidur di meja kerja dengan kepala diletakkan diatasnya dan menghadap ke bawah. Cara ini sering saya lakukan ketika solusi pada point pertama dan kedua tidak manjur. Terbukti bagi saya, setelah beberapa menit tidur dengan posisi itu akan terasa lega dan bersendawa sehingga cegukan bisa hilang dengan sendirinya.

Memang cara mengatasi cegukan itu ada beberapa variasi, tergantung pada orangnya. Tidak sama antara satu orang dengan yang lain, bagaimana dengan anda?

Iklan

16 responses to “Cegukan ada Solusinya

  1. Wow! Satu-satunya cara yang saya tahu cuma dengan ditampar. Biasanya langsung sembuh. Ternyata ada cara yang lebih sehat dan manusiawi ya! haha thanks nih infonya πŸ™‚

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s