Masalah Kontroversial

Bismillah,

Alhamdulillah, kita masih bisa berjumpa kembali masih dalam perlindungan Allah SWT. Setelah membaca beberapa artikel tentang pernikahan dan hal yang berkaitan dengannya, ada satu hal yang menarik perhatian saya dan sungguh saya perlu menyebarkannya di sini :mrgreen:

Masalah apa?

Hehe..ada pertanyaan demikian:

“Bagaimana cara memberi pengertian kepada seorang istri jika aku ingin menikah yang kedua kali, namun dia tidak menerimanya dan berkata: kecuali jika kamu menceraikan aku atau setelah aku mati, atau kamu bersabar hingga saya menjadi tua, dan saya memiliki lima anak?”

Syaikh Saleh As-Suhaimi Hafizhahullah Ta’ala menjawab:

“Jazakallahu khaer atas pertanyaan dan tanda tangan ini, nampaknya tanda tangan ini muncul disebabkan adanya teror yang sedang kamu hadapi dari istrimu.

Saya berkata –semoga Allah memberi taufik kepadaku, kepadamu dan seluruh kaum muslimin- bahwa sesungguhnya pemikiran ini muncul dari sikap ikut- ikutan terhadap barat, permasalahan tidak bolehnya berpoligami yang merupakan masalah yang dijadikan sebagai ketetapan disebagian negara islam, dimana mereka membolehkan mengambil pasangan lelaki dan wanita, lalu mereka mengharamkan poligami, ini terjadi di sebagian negara islam, terlebih lagi dinegara-negara kafir dan barat, undang-undang mereka membolehkan seorang lelaki mengambil pasangan wanita yang mana saja, lalu menciumnya di tengah jalan, tidak akan ada yang melarang kamu melakukannya. Namun kalau kamu menikah yang kedua, maka menurut mereka ini merupakan tindakan kejahatan besar.

Saya berkata: ini semua muncul disebabkan karena sikap ikut-ikutan kita kepada barat, dan siapa yang menyerupai satu kaum maka dia termasuk mereka. Jika engkau mendapati dirimu mampu baik dari sisi jasad maupun materi, dan mampu berbuat adil maka lepaskan belenggu-belenggu ini dan lewati setiap tantangan lalu hidupkan sunnah ini.

Saya mengingat Syaikh kami Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz rahimahullah Ta’ala jika ada seseorang datang kepada Beliau, diantara pertanya-pertanyaan yang Beliau ajukan pertama kali kepada orang tersebut setelah bertanya tentang kesehatan, agama, dan urusannya, Beliau bertanya: apakah engkau berpoligami? Berapa istrimu?. Jika dia menjawab: saya tidak memiliki istri kecuali satu ,maka Beliau menganjurkannya untuk berpoligami, dan mengatakan: Sesungguhnya Allah Memulai dengan poligami dalam firman-Nya:

((فانكحوا ما طاب لكم من النساء مثنى وثلاث ورباع ))

“Maka kawinilah wanita-wanita yang kamu senangi : dua, tiga atau empat.” (QS.An-Nisaa:3)

“Nikahilah wanita yang baik diantara kalian dua-dua, tiga-tiga, dan empat-empat.”

Hal itu jika engkau merasa punya kemampuan untuk berbuat adil, dan Beliau mencela orang-orang yang takut berpoligami.

Intinya, poligami itu diperbolehkan, menikah itu sunnatullah, asal jangan menikahi gadis sekampung :mrgreen:

Salam

Iklan

25 responses to “Masalah Kontroversial

    • apakah poligami sebuah aliran? hehe…

      gpp, yg penting tidak memungkiri bolehnya poligami…
      saya juga sama kaya mas kok.. :mrgreen:

  1. masalah ini kalo dibicarakan di kalangan ibu-ibu bakal rame…mayoritas akan bilang ga setuju!
    kalo aku pribadi, antara berani dan tidak juga sih…hehehe

  2. Membaca ini setelah mendapat kabar 2 minggu lagi rekan saya menikah, dan menjadi istri kedua…

    Tak tahu banyak mengapa memilih menjadi istri kedua, namun saya pun tak berani menilai banyak, hanya bisa berdo’a semoga setiap pilihan bisa dipertanggungjawabkan bukan hanya di hadapan manusia, tapi dihadapanNYA kelak. Dan yang terpenting, tak ada yang menyakiti dan tersakiti….

  3. poligami itu jelas boleh, halal, ALLAH sudah mengaturnya dalam Al-Quran..
    Yang menjadikan poligami pada masa ini menjadi terlihat “jelek”, karena para pelakunya.. yang saya lihat, banyak di antara mereka setelah memiliki istri kedua, ketiga dst cenderung jadi mengabaikan istri pertama..
    “Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara istri-istri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya ALLAH Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Q.S An-Nisaa’: 129).
    Wallahualam

  4. Boleh beristri lebih dari satu ASALKAN bisa berlaku adil. Tapi kemudian ada ayat yang berkata, “dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara istri-istrimu walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian.”

    Kesimpulannya: poligami tidak dilarang agama, tapi tidak akan ada yang mampu menjalaninya seperti yang dikehendaki Allah.

    Nah, kalo udah ALLAH sendiri yang bilang IMPOSSIBLE, buat apa coba-coba berpoligami? Dia kan yang menciptakan manusia, dia tentu tau dong kelemahan-kelemahan manusia…

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s