Olahraga Menurunkan Kolesterol

Pic: andinewblog.blogspot.com

Saya lanjutkan tulisan sebelumnya tentang bagaimana cara kita menjaga agar kolesterol dalam darah tetap normal.

  • Menurunkan asupan lemak jenuh

Lemak jenuh terutama berasal dari minyak kelapa, santan dan semua jenis minyak yang lain seperti minyak jagung, minyak kedelai dan lain sebagainya yang mendapat pemanasan tinggi atau dipanaskan berulang-ulang. Untuk itu berhati-hatilah terutama untuk para ibu yang hobi memasak, perlu diingat, jangan memakai minyak goreng berulang kali. Lebih baik dipakai satu sampai 2 kali saja.

  • Menurunkan asupan kolesterol

Kolesterol terutama banyak ditemukan pada lemak dari hewan, jeroan, kuning telor, serta “seafoof (kecuali ikan)”

  • Mengkonsumsi banyak serat

Mengkonsumsi lebih banyak serat dalam menu makanan sehari-hari sangat penting. Sebab serat berfungsi untuk mengikat lemak yang berasal dari makanan dalam proses pencernaan.
Makanan yang banyak mengandung serat bisa ditemukan pada buah-buahan (misalnya: apel, pir yang dimakan dengan kulitnya) dan sayur-sayurnya

  • Mengubah cara memasak

Sebaiknya memasak makanan bukan dengan menggoreng tetapi dengan merebus, mengukus, atau membakar tanpa minyak atau mentega.

  • Melakukan aktifitas fisik dengan teratur

Dianjurkan untuk melakukan olah raga yang bersifat aerobik (jalan cepat, lari-lari kecil, sepeda, renang dll).

Ingin sehat? Mari berolah raga..

Iklan

9 responses to “Olahraga Menurunkan Kolesterol

  1. Ping-balik: Olahraga Menurunkan Kolesterol « Tunsa | Gudang Segala Informasi·

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s