Tips Menghadapi Ujian Nasional 2011

Bismillah,

Hari ini Ujian Nasional untuk tingkat SMA/SMK/MA dimulai. Diantara 2 juta lebih siswa yang terdaftar sebagai peserta Unas, terselip adik saya juga. Tadi pagi sudah menempuh UN 2011 perdana. Katanya sich deg-degan, maklum pengalaman pertama, kakak tercintanya ini juga berdebar waktu dulu melewati ujian nasional😀 . Saya selalu berusaha membuat tenang hatinya, agar tidak sukar menghadapi ujian. Tadi pagi, sebelum ujian, dia sms begini:

“Hari ini, senin mpe kamis qu UN, doake yo mas”

Saya langsung balas sms-nya, “heeh. Ojo kesusu. Santai, nek iso stgh jm sebelum masuk sudah di depan kelas, jangan lupa sarapan. Allah yang menentukan.”

(Adik tersayang saya rupanya juga punya blog lho.. tetapi sungguh sayang, blognya hanya digunakan sebagai tugas saja. Tidak pernah update kalau tidak ada tugas. Ini blognya.)😀

Memang perasaan para siswa yang menempuh Ujian Nasional itu kurang lebih sama, seperti saya waktu ujian dulu. Kebanyakan kurang rileks menghadapinya, UN selalu menjadi momok yang menakutkan bagi siswa tingkat III. Padahal semua itu salah, tidak ada hal yang sulit di dunia ini kecuali ada jalan keluarnya. Satu yang harus ditekankan, Allah yang menentukan.

Saya punya beberapa tips dalam menghadapi Ujian Nasional. Tips versi saya ini adalah pengalaman nyata ketika sekolah dulu, dan mungkin cara menghadapi ujian versi saya ini akan berbeda dengan cara orang lain. Tapi tidak ada salahnya dicoba kan? Bisa untuk saudara-saudara anda yang sedang menghadapi UNAS. Tentunya tips ini tidak akan berhasil jika sebelumnya tidak belajar.

Tips menghadapi Ujian Nasional 2011:

Tidur malam lebih awal

Biasakan jangan begadang ketika hendak ujian. Walaupun biasanya sering begadang bahkan sampai tidak tidur, hendaknya minimal beberapa hari selama ujian jangan terlalu malam tidurnya. Hal ini berguna untuk mencegah agar keesokan harinya saat mengerjakan soal bisa fit. Maksimal tidur jam 9 malam. Kalau bisa setelah melakukan sholat isya segeralah tidur.

Bangun lebih awal

Gunakan waktu yang ada untuk memaksimalkan persiapan ujian. Kalau bisa bangun jam 3 dini hari, sholat, kemudian gunakan untuk belajar. Belajar saat setelah tidur insya Allah akan lebih mudah terserap. Menghafalpun terasa mudah sebab suasana hening, dan tenang. Jangan lupa gosok gigi sebelum belajar, karena terbukti membantu konsentrasi.

Persiapan sebelum berangkat ke sekolah

Agar badan serasa segar, maka mandilah sebelum menghadapi ujian sekolah. Badan yang segar akan menambah kepercayaan diri anda. Sarapan juga berfungsi agar saat di ruang ujian, komsentrasi tidak terpecah gara-gara merasa lapar. Setelah itu check alat tulis dan perlengkapannya sebelum berangkat. Jangan berpikiran bisa meminjam alat tulis kepada teman di sekolah nanti. Pensil, penghapus, penggaris, ID card peserta UN, dan yang menunjang. Ingat, runcingkan pensil dari rumah, meskipun alat peruncing pensil harus tetap dibawa ke sekolah. Usahakan sampai sekolah, perlengkapan perang sudah siap pakai.

Minta doa dari orangtua

Bagaimanapun juga peran orang tua sangat penting sekali. Bagi anda sebagai orang tua, hendaklah memberikan perhatian lebih kepada anak, motivasi orang tua akan berpengaruh besar. Bagi anda sebagai seorang anak, kalian tidak akan berhasil jika tidak ada restu dari mereka. Semua saling berkaitan. Dengan meminta izin dan doa dari orang tua, hati kita ketika melangkah menjauhi rumah menuju sekolah akan lebih tenang.

Ketika di sekolah..

Minimal tiga puluh menit sebelum ujian dimulai, peserta ujian sudah ada di depan ruang kelas. Jangan panik, melihat para pengawas dari lain sekolah. Usahakan semaksimal mungkin bersikap seperti biasa. Tenangkan pikiran, dan terus berdoa. Datang lebih awal dari jadwal akan membuat kita tenang, tidak tergesa-gesa sehingga bisa menguasai medan perang. Tidak terjadi yang namanya demam panggung lagi. Pergunakan waktu yang ada untuk rileks, tidak dianjurkan belajar ulang di sekolah, percuma saja pasti tidak ada yang masuk. Malah yang terjadi, kita bisa tambah panik. Waktu belajar itu tempatnya di rumah. Sebelum masuk ruangan, hendaknya ke kamar kecil terlebih dahulu untuk buang hajat agar bisa rileks mengerjakan soal.

Memasuki ruang ujian dengan tenang

Setelah memasuki ruangan usahakan semua perlengkapan ujian sudah lengkap, jangan sampai sudah menerima soal baru nyari pensil sana-sini. Hal itu akan merugikan kita sendiri karena waktu terus bergulir. Selain itu juga merugikan teman satu ruangan, mereka akan terganggu konsentrasinya. Dengarkan dan perhatikanlah tata tertib yang dibacakan oleh pengawas. Sebelum membuka soal, berdoalah.

Teliti dalam menjawab dan kerjakan soal yang mudah lebih dulu

Hal yang sering terlupakan biasanya tentang ketelitian. Tidak bisa dipungkiri, ketelitian dalam mengerjakan soal ini sering terabaikan oleh peserta ujian. Jangan terpaku pada soal yang sulit dikerjakan, kerjakanlah yang mudah dahulu sehingga waktu yang diperlukan tidak terbuang sia-sia. Biasanya tips ini ada pada tata tertib, kalaupun tidak, pasti guru pengawas memberikan arahan demikian.

Sekali lagi, tips di atas tidak akan bermanfaat jika peserta ujian tidak belajar jauh hari sebelumnya. Ingat, belajar itu tidak hanya semalam suntuk, tapi secara rutin.

Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Kalau kita mau berusaha keras, pasti ada jalan. Anggap saja tidak ada teman yang membantu kita di kelas. Kerjakan sendiri dengan percaya diri.

**

Info:

Ujian Nasional 2011

(Tingkat SMA-SMK dan Sederajat)

  • Ujian utama SMA/MA   18-28 April
  • Ujian susulan (SMA)     25-28 April
  • Ujian utama SMK             18-20 April
  • Ujian susulan SMK          25-27 April
  • Pemindaian hasil ujian SMA/MA dan SMK  3 Mei
  • Skoring hasil ujian SMA/MA dan SMK
  • Pengumuman SMA/MA dan SMK    16 Mei

Peserta Unas 2011 SMA/MA dan SMK: 2.442.599 siswa dari 25.656 sekolah

Sumber: Panitia Pusat Unas 2011

56 responses to “Tips Menghadapi Ujian Nasional 2011

  1. UN serasa jantungan. sebenarnya fine2 ajah, cuman pemerintah udah kedung memberi kesan yang salah dan mengawali dengan penilaian yang salah terhadap UN. cukup berdoa dan menggugat

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, Ari….

    Tips bermanfaat yang diperolehi melalui pengalaman tentu sekali sebasgai pengajaran buat mereka yang belum menghadapinya. Bagus Ari.😀

    Menurut saya, bukan mudah mahu memberi tips kepada orang lain kalau diri sendiri tidak mengalaminya. Pasti hasil tips tersebut telah membuah kejayaan yang mantap. Jika benar, saya mengucapkan salut juga tahniah kepada Ari. Hasil pengelaman itu memang sepatutnya bisa dikongsikan bersama agar semuanya berjaya sama.

    Buat adik Ari juga anak2 yang menghadapi UNAS, insya Allah kejayaan pasti menjadi milik jika usaha sudah dilakukan. Setelah itu berdoa dan bertawakal. Semoga berjaya untuk mengejar impian masa depan. Jangan beralasan susah kerana yang susah itu bukan ujian tetapi diri sendiri yang selalu negatif terhadap potensi diri.

    Tips yang mantap Ari. Saya juga melakukan tips yang sama seperti apa yang Ari tuliskan di atas. Terbaiknya, banyakkan solat tahajud dan belajar di dini hari.

    Selamat berjaya juga buat Ari dalam melaksanakan kerja dan amanah yang diberikan.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

    • wa’alaikumussalam.
      wah..wah…
      bunda…ilmunya sangat bermanfaat. Semoga bisa memberikan manfaat kepada orang lain, saya senang sekali.
      Dan benar bual bunda, ketika sudah datang waktu ujian, tidak perlu belajar. Belajar itu dari jauh hari sebelumnya bukan pada saat tiba ujian.
      Dan tentunya perbanyak doa, jika sudah selesai ikhtiar sekuat tenaga.

      Salam dari Denpasar- Indonesia

  3. semoga anak2 yang sebentar lagi akan menghadapi UN,
    diberikan kemudahan oleh Allah swt utk mengerjakan soal2 ujiannya .
    dan, semoga mereka semua berhasil lulus ,amin
    salam

    • bukan sebentar lagi bunda…ini sudah hari ke 2 UN untuk SMA..
      amiin…
      makasih doanya bunda…senang sekali bunda bisa kembali datang ke sini🙂
      salam

  4. Ya Allaahhh alhamdulillaaah aku udah ga sekolah lagiii… kaga bisa nyonteek, nyerah daaah! hahhahaha😆

  5. menambahkan satu tips nih: bila selesai mengerjakan, coba periksa dengan menghitung komposisi jawabab a b c d e, apakah sudah berimbang, bila ternyata timpang menyolok, berarti masih banyak jawaban yang salah😀

  6. ngomongin UN jadi teringat jaman EBTANAS SD dan SMP dulu
    pas di SD, mau berangkat ebtanas nyemplung ke kali dengan sepeda jengki saya..
    pas di SMP, gak ngecek jadwal ebtanas, jadwal ujian ipa tetapi belajar ips…😀 mungkin kalo sistem dulu kaya sekarang, aku gak lulus sekolah😀

  7. iya setuju deh sama tipsnya Ari..
    kalo malam udah begadang duluan malah jadi pusing ntar gak bisa mikir..

    semoga adik2 kita sukses menempuh ujiannya..

  8. bukan cuma deg-degan, rasanya jantung ini malah mau copot. Perjuangan, ALHAMDUlILLAH kini semua telah berllau🙂 semoga adiknya bisa lulus dengan nila yang baik. AMIN

  9. meskipun adik2 dari keluargaku ga ada yang lagi UN, tapi saya selalu berdoa buat adek2 SMA yang lagi UN semoga diberi kelancaran dan kemudahan,, yang penting ada usaha dan do’a, yakin insya Allah pasti bisa …

  10. Ping-balik: UNAS SMA Selesai « Tunsa·

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s