Kambing Unik

Bismillah,

Tahukah anda tentang kambing?

Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya (daerah “Bulan sabit yang subur” dan Turki) dan Eropa. Kambing liar jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kambing)

Kodrat kambing adalah binatang herbivore, pemakan tumbuh-tumbuhan sebagaimana kambing secara umum. Namun tidak demikian jenis kambing yang ada di daerah kampoeng jawa,  Denpasar. Kambing bukan sembarang kambing, tapi kambing ini memiliki keunikan tersendiri. Kambing milik pasangan bapak Karim Mawar dan ibu Supiah itu sungguh istimewa yaitu doyan makan roti layaknya manusia.

Kambing yang diberi nama Lusi sangat disayang oleh keluarga mereka terlebih lagi anaknya, Mulyono. Mulyono sangat akrab dengan kambingnya, hanya dengan memanggil namanya “Lusi..makan!” maka Lusi pun langsung tanggap dengan menjawab “Embeeekk…” sambil berjalan menuju Mul.

Ternyata tidak sampai di situ saja, selain makan roti kambing berusia 6 tahun itu juga makan nasi yang dicampur dengan pindang, layaknya seekor kucing. Bahkan daging pun juga dilahapnya. Daging ayam atau daging kambing yang Lusi mau, jika diberi makan daging sapi, Lusi akan langsung memuntahkannya. Benar-benar kambing yang unik bukan? Ini memang terjadi, nyata ada buktinya.

Lusi didapatkan pada tahun 2002, saat itu Supiah membeli kambing yang membawa anak. Ternayata susu kambing itu mengalami problem. Akhirnya kambing yang sudah mau mati (Lusi) itu diberi susu kaleng sehingga lama-lama dia hidup dan semakin terbiasa dengan manusia yang memberikan susu. Semakin hari, ternyata Lusi mau memakan nasi hingga suatu saat sampai mau makan es kopyor, es campur, dan segala jenis makanan lain. Terlebih lagi biasanya saat Karim ngopi pagi-pagi, Lusi kerap minta minum kopi.

Yang saya bayangkan, coba kalau semua hewan seperti Lusi, bisa-bisa jatah kopi saya menyusut. Mungkin akan ada juga supermarket ala kambing :mrgreen:

Apakah anda juga pernah mendapati keunikan dari hewan lain?

40 responses to “Kambing Unik

  1. hahhaha…nggaya banget ya kambingnya..
    kalo semua kambing kayak gitu, bisa-bisa jatah rotiku juga berkurang. 😀

  2. di daerah yg ga jauh dri kampung saya mas, ada telaga yang di situ dihuni oleh segerombolan ikan lele,, nah itu lelenya makanannya apa aja, roti, bahkan rempeyek pun disantapnya…

  3. Selamat pagi… 8)

    Hehe…
    Namanya lusi ya… 😯
    Boleh kujadikan sate gak ya? Atau soto mungkin… :mrgreen:

  4. Hahahahaha~ luar biasa… Kalo semua hewan kayak gini, bisa2 kita manusia bersaing merebut makanan ama hewan. Seraaam! 😦

    Pengalaman nyata saya, cuman kucing yang saya temukan unik. Kucing bisa makan nasi campur ayam KFC. 😀

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s