Penyebab Sariawan

Bismillah,

Kembali saya share tentang sariawan. Biar pun orang itu kuat, kekar, bertubuh besar, cakep, cantik, kalau terkena penyakit ini pasti memble, hehe.

Masih ingatkah dengan temanku yang punya hobi sariawan?, lama sekali saya tak bertemu (siapa yang nanya ya? hihi). Mungkin sampai saat ini dia masih punya hobi yang sama. Tapi kayaknya saya jadi kena karma deh, dulu saya yang sering bilang, “Kamu punya hobi kok sariawan sich?”

Sekarang malah gantian saya yang berangsur-angsur suka “hobi” tersebut:mrgreen: . Tak bisa kubayangkan jika kelak bertemu kawanku dalam keadaan sariawan, mungkin dia akan bilang, “Sukurriiinn kowe, mbiyen inyong sing sariawan, siki nular ning awakmu, hahaha” . Hihih..sebenarnya prasangka buruk itu tidak boleh, berhubung ini hanya bersifat guyon, jadi tak apa lah. Tapi saya yakin tak sejahat itu kok temenku.

Nah, sesungguhnya ada apa dibalik ke-sariawanannya saya itu? (halah susah amat bilangnya)

Sebenarnya ada beberapa hal perubahan kebiasaan yang saya alami, sehingga “hobi” sariawan sering muncul. Apa sajakah itu?

  • Terlalu banyak makan gorengan

Kalau masalah ini memang saya paling suka tuh. Pagi-pagi pisang goreng, tahu isi, menggoda selera. Karena saya juga jarang sarapan nasi pagi, maka gorengan yang ada di depan sebagai pelampiasan nafsu lapar saya. Apalagi harganya yang cukup murah untuk saya. Tak ada basa-basi langsung tuh gorengan satu piring habis kulahap:mrgreen:

Mengkonsumsi makanan berminyak dalam jumlah banyak ternyata juga bisa menyebabkan sariawan, yang paling parahnya bisa sampai kanker rongga mulut. Mudah-mudahan kita terhindar dari macam penyakit tersebut, terutama saya, yang biasa mengkonsumsi gorengan setiap hari sebelum sarapan.😦

  • Kurang minum

Terutama minum air putih, itu kebiasaan yang susah ditinggalkan. Entah kenapa dan bagaimana solusinya, yang jelas saya susah sekali meneguk air putih, bisa dibilang sehari paling banter hanya sebanyak 600 ml = sebotol air mineral tanggung. Saya memang saat ini sedang sadar akan manfaatnya, tapi kala sudah beraktivitas semua itu akan terlupakan. Solusi yang paling tepat harus ada yang mengingatkan. Tapi mana mungkin, teman-temanku bisa mengingatkan setiap saat, kurang kerjaan aja, hehe..

  • Kekurangan vitamin C

Sudah jelas dan lengkaplah penderitaan yang sudah ku sadari namun susah untuk berubah. Ditambah satu ini, kurang vitamin C. Sesungguhnya banyak sekali buah-buahan yang mengandung vitamin C, pasti anda sudah banyak yang tahu. Apalagi mengenai buah-buahan, minum air putih yang gampang dicari saja masih susah. Coba ada yang menyediakan buah setiap hari, pasti nggak bakalan tertular hobi sariawan deh.

Biasanya saya mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C sebagai pengganti dari buah. Cukup efektif dan tidak ribet, tinggal lep!!😀

Kawan-kawan, tentu cara mencegahnya harus menghindari 3 macam yang saya sebutkan tadi yah? Jangan lupa itu. Agar hobi sariawan tidak menjalar ke seluruh dunia.:mrgreen:

***

—–

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut

—–

Salam

Ari Tunsa

Sudah dulu ah, saya mau minum yang banyak!

42 responses to “Penyebab Sariawan

  1. widih! ga bagus banget tuh gorengan, kurangin ya Riii..

    sariawan sih aku alhamdulillah jarang, tp urusan minum, sama kitaaa! hehehe:mrgreen:
    apalagi kalo dikantor, haus itu ga terasa karena di ruangan AC terus, padahal tubuh kita meminta air..
    akibat buat aku bukan sariawan sih, tp kulit suka kering boooo…

  2. waaahh,,, saya sedang menderita sariawan ini,,,,
    sudah jadi langganan pokoknya,,, setiap bulannya pasti didatangi sama si Sari siang2…

    padahal perasaan sudah ikuti tips2 biar ga gampang sariawan deh, tpi tetep aja kena….

  3. Mas Ari, menurut saya ada satu lagi penyebab sariawan. Luka yang disebabkan oleh kegigit gigi bisa menyebabkan sariawan lho.😮
    Saya pernah bibir bawah saya kegigit gigi pas makan, tahunya esok hari jadu sariawan.😦

  4. kalau agak susah minum air putih pake sedotan aja, jadi gg kerasa sudah sebanyak apa kita minumnya ^^.
    trus ganti cemilannya jadi jeruk hhohho
    semoga cepet sembuh deh, emang gg enak banget kalau sariawan.

  5. penyebab sariawan lainnya: gara2 pake behel😦 dan itulah yang udah setaun ini jadi penyebab kenapa ada sariawan di mulut saya -.-‘ hahhahahaa😀

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s