Beda Nama

Bismillah,

Saya mau bertanya kepada anda..

Apa nama makanan jenis ini, sesuai dengan nama di daerah anda masing-masing yah?

Saya yakin, seyakin yakinnya bahwa jenis makanan itu sudah tak asing dilihat. Hampir semua daerah kenal dengan makanan itu, hanya saja mungkin nama jenis makanan tersebut berbeda antara satu daerah dengan daerah lain. Kata orang kan, “lain ladang, lain belalang” lain pula nama suatu benda atau makanannya.

Ciri-ciri makanan:

  • Bahan utama: lontong/ ketupat, tahu goreng
  • Bumbu: sambal kacang
  • Pelengkap: toge/ kecambah, bawang goreng
  • Khas: krupuk berwarna kuning berbentuk kotak tipis, lebar, dan renyah serta gurih
  • Aksesoris: potongan cabai rawit

Hehe.. Kalau masih kurang jelas saya tunjukkan sekali lagi gambarnya:

Makanan itu sungguh luar biasa, selain harganya murah juga mengenyangkan, cocok untuk anak-anak kost atau mahasiwa yang sedang jauh dari rumah, :mrgreen:. Kalau di daerah Denpasar, makanan ini disebut Tipat Tahu. Nama itu memang berasal dari Jawa, sebab sebagian penjual tipat tahu berasal dari Jawa. Saya sering menantikannya jika sore tiba. Penjualnya memakai gerobak keliling laksana penjual bakso keliling yang sudah kita kenal. Memang selama di sini, saya belum pernah menjumpai penjual tipat tahu yang mangkal di warung.

Harga pasaran di daerah Denpasar sekitar Rp 3.000 sampai dengan Rp 5.000.

Kalau di Jakarta, makanan ini sejenis ketoprak, hanya beda penyajiannya. Ketoprak, bumbu kacangnya lebih encer dan disajikan dengan kerupuk yang kecil-kecil terus diremas-remas penjualnya. Saya juga pernah mencicipinya di Jakarta. Sedangkan di Pekalongan namanya lontong tahu, karena bahan utamanya adalah lontong bukan ketupat. Beda lho! Lontong itu lonjong dengan pembungkus daun pisang, sedangkan ketupat itu berbentuk layang-layang atau jajar genjang dengan pembungkus daun kelapa yang masih muda/ janur kuning πŸ˜€

38 responses to “Beda Nama

  1. iya tuh, kupat tahu kalo disini, tapi kerupuknya beda, disini pake kerupuk yang bulat kecil-kecil.
    Tetangga sebelah jualan ini, harganya Rp 3.000/porsi.

  2. Kalau ditambah suiran telur dadar …
    ditambah petis …
    aaarrrggghhh …

    Di Jakarta tidak ada makanan jenis ini
    Yang mendekati adalah ketoprak … (walaupun masih jauh juga)

    Salam saya

  3. Itu sepertinya… mirip tahu tek tek kalo di Samarinda. Trus bumbu kacangnya baru diuleg saat ada yang beli, sekalian minta cabenya berapa biji.
    Biasanya jualnya malam hari aja πŸ™‚

  4. Kalo di Jayapura sih namanya Tahu Tek πŸ˜€
    Iya juga yah, beda tempat beda nama πŸ˜€
    Itulah Indonesia πŸ˜†

  5. Kalau gak salah yang jual itu kebanyakan bukan orang Jawa mas, tapi orang lombok.
    Aku sendiri juga suka mas tapi yang bikinan istri sendiri karena yang di jual keliling itu kebanyakan bumbunya pake nasi aking yang di selep 😯

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • iya. saya ada langganan aja yg emang enak pak. bumbunya bener2 pake kacang.
      jawa dan lombok yg sering mah.
      kalo gitu ntar aku main ke tempat pak sugeng nyicipi buatannya si ibu yah? πŸ˜€

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s