Tutorial WordPress 1

Bismillah,

Maaf sebelumnya, bukan maksud saya untuk ber-sotoy ria 😀 , maksud dari tulisan yang saya buat ini adalah untuk digunakan sebagai panduan bagi anda yang baru memulai ngeblog, atau yang mau memulai ngeblog tapi tak tau harus bagaimana dan apa yang akan dikerjakan nantinya. Sebagaimana saya kutip dari blognya om trainer, bahwa sebagian orang setuju blog adalah ranah publik. Oleh karena itu atas nama kepentingan publik, saya mohon untuk belajar menjadi guru jadi-jadian dengan menjelaskan sedikit apa yang harus dilakukan pertama kali. Mohon maaf juga jika banyak kekurangan dalam penyampaian nanti, saya kan masih baru, belum ada setahun ngeblog :mrgreen:. -si sotoy beraksi-

Berdasarkan pengalaman saya, biasanya orang akan tertarik untuk membuat blog dengan beberapa pertimbangan:

Isi blog

Seperi halnya saya. Pertama kali suka dan tertarik untuk membuat blog lebih karena isinya. Sepertinya menarik, kita bikin tulisan sehingga dibaca orang lain. Sedikit menantang, sebab pemilik blog akan berpikir sedemikian rupa untuk menulis agar pembaca bisa tertarik. Dengan adanya bewe semakin menambah ilmu dan pandangan untuk menulis. Sering membaca tulisan para ahli semakin membuat kita pandai merangkai kata. Bukan gombal lho ya..

Komentar

Tak dipungkiri, komentar blog itu menambah semangatnya kita untuk tetap eksis di dunia blogging. Rasanya seperti makan siang ditemani sambal dan krupuk. Sungguh nikmat. Banyak masukan dari kolom komentar, sehingga kita bisa berbenah diri.

*****

Baiklah, langsung saya mulai saja pelajaran hari ini, hehehe

O iya, ini hanya untuk blog yang gratisan, bukan untuk yang berbayar. Penyedia blog gratis banyak sekali diantaranya yang paling sering kita temukan adalah wordpress, blogspot, blogdetik, dan multiplay. Selain itu sebenarnya masih banyak lagi, hanya itu yang cukup terkenal. Yang akan saya bahas di sini wordpress saja, karena sangat mudah untuk pemula.

Pertama kali yang harus kita lakukan tentunya daftar dulu. Dengan cara kunjungi website penyedia http://wordpress.com, setelah itu akan muncul halaman awal wordpress, seperti gambar berikut:

Langsung klik “Get started here” setelah itu langsung isi kolom yang diminta. Yang pertama isi kolom blog address dengan nama url yang akan anda buat. Seperti alamat blog ini: (http://tunsa.wordpress.com) yang anda isi hanya kata yang berwarna biru cetak tebal saja. Kemudian di bawahnya ada username dan password, diisi sesuai selera. Username dan password ini berfungsi untuk masuk ke dalam blog setelah kita buat agar kita bisa posting (menulis). Isi semua kolom sesuai dengan permintaan wordpress (alamat email). Dan tahap terakhir adalah klik tombol sign up.

Memang agak sedikit menyusahkan, karena harus mencari blog address yang sesuai agar tidak sama dengan nama lain. Padahal penggunanya buanyaaaakkk banget.

Setelah meng-klik tombol signup, isilah permintaan dari wordpress selanjutnya. Setelah semua selesai, buka email yang anda cantumkan tadi untuk mengaktifkan akun wordpress anda. Selesai, kini anda langsung masuk ke dasbor blog dan bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan. Pada sidebar kiri bagian dasbor terdapat pengaturan tema, tulisan, halaman, widget dan lain-lain.

Mengganti tema terlebih dahulu, baru setelah itu memasang widget sesuai dengan yang diinginkan. Widget boleh tidak dipasang semuanya, karena memang terlalu banyak widget yang ada. Biasanya setiap tema widget defaultnya berbeda-beda. Untuk itu anda perlu mengganti widget setiap kali ganti tema lain.

Langkah selanjutnya…

Kita menuju ke dasbor, pertama kali yang kita ubah biasanya adalah bagian atas yaitu Site Title dan tagline. Diganti sesuai dengan isi blog anda masing-masing, tidak ada acuan tertentu.

Sudah tau kan? letaknya ada seperti pada gambar, mudah, bisa langsung dipraktikkan. Selanjutnya, silakan utak-atik sendiri dasbor blog wordpress anda. Bisa dikreasikan sendiri kok..

Nanti akan saya lanjutkan lain kali..

**

Tulisan ini saya dedikasikan untuk kakak sepupu saya, si centil.. Hehehe.. Selamat Datang di dunia blog yang kejam, 😆

20 responses to “Tutorial WordPress 1

  1. ini berguna utk org2 kayak aku yg pernah bikin akun wp tp nggak ngerti caranya.. hehe..

    tapi kok skrg semangatnya belajar hal baru lg surut yah.. 😦

  2. Tunsa…trima kasih ilmunya!
    Saya juga beru 2 tahun lebih sedikit nge-blog, bener banget…komentar itu seperti sambal dan kerupuk yang menambah nikmatnya nge-blog… 😀

  3. saya belajar ini dulu dari dosen saya…. he he he

    soale dulu ada pelajaran gitu buat blog… Alhamdulillah, sekarang bisa nge blog walaupun apa adanya saja

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s