Peraturan Kebersihan Kota Denpasar

Masih mengenai sampah. Kali ini adalah sampah beneran, sampah yang benar-benar sampah. Kemarin, ada orang yang tak dikenal memberikan selembar kertas yang tampaknya resmi. Terlihat dari kepala surat dan setempel dibalik tanda tangan yang ada di bagian bawah surat. Orang itu tampaknya adalah seorang petugas dari Dinas Kebersihan dan Penertiban Kota Denpasar.

Setelah saya buka, kemudian baca dan ditelaah lebih jauh, ternyata surat itu berisikan seruan. Pengumuman itu ditujukan untuk para pembuat sampah, termasuk saya. Ada 6 point yang wajib diperhatikan untuk kepentingan bersama.

Mari kita perhatikan isi pengumuman berikut:

SERUAN

NO 658.5/2114/DKP

Untuk mewujudkan kota Denpasar “BERSERI” (Bersih, Sehat, Rindang, dan Indah) yang berwawasan budaya, maka berdasarkan peraturan daerah kota Denpasar, nomor 3 tahun 2000 tentang kebersihan dan ketertiban umum. Dengan ini dihimbau kepada segenap lapisan masyarakat akan hal-hal sebagai berikut:

  1. Jadwal pengeluaran sampah di kota Denpasar mulai jam 17.00 Wita – 19.00 Wita
  2. Dilarang membuang sampah di jalan, jalur hijau, taman, dan tempat-tempat umum, kecuali pada tempat yang telah ditunjuk / ditetapkan oleh walikota Denpasar atau pejabat yang ditunjuk
  3. Dilarang menumpuk / menaruh / membongkar / bahan-bahan bangunan dan atau bekas bangunan di jalan yang dapat mengganggu lalu lintas umum dalam waktu lebih dari 1×12 jam sejak waktu menurunkan/ menumpuk.
  4. Dilarang menebang, memotong, mencabut dan merusak pohon di jalur hijau, taman-taman, serta tumbuh-tumbuhan di sepanjang jalan kecuali apabila hal tersebut dilaksanakan oleh petugas untuk kepentingan dinas dan mendapat ijin dari walikota Denpasar atau pejabat yang ditunjuk.
  5. Masyarakat diharapkan memilih sampai antara sampah organic dan anorganik mulai dari tingkat rumah tangga
  6. Masyarakat wajib menciptakan dan memelihara kebersihan lingkungan

Pelanggaran terhadap ketentuan tersebut di atas dapat diancam pidana kurungan selama-lamanya 3 (tiga) bulan dan atau denda sebesar-besarnya Rp 5000000 (lima juta rupiah)

Demikian seruan ini dikeluarkan untuk maklum dan agar dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Sudah cukup jelas kan? Mari kita laksanakan. O iya, pengumuman ini khusus untuk wilayah Kota Denpasar saja. Mungkin kebijakan dari pemerintah daerah akan lain isinya. Yang jelas, sampah harus kita tangani dengan serius untuk menjaga kebersihan. Kalau lingkungan bersih, maka akan timbul kenyamanan di dalamnya. Dan kenyamanan bisa membuat pikiran lebih fresh dan jernih untuk memulai aktivitas.

Salam saya

—–

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut

—–

Salam

Ari Tunsa

34 responses to “Peraturan Kebersihan Kota Denpasar

  1. Semoga aturan tersebut bisa memberikan efek jera pada masyarakat yang sering membuang sampah tidak pada tempatnya. Dan semoga saja semua daerah di Indonesia juga memiliki aturan yang senada mengenai penanganan sampah..

  2. sebenarnya saya pingin lihat sungai di Bali, Denpasar khususnya bebas sampah dan kapan ya kita semua sadar klo bermain di kali dengan air yang bebas sampah cs sangat menyenangkan, dan kapan ya kita bisa mengubah kebiasaan dengan membuang sampah pada tempat yang semestinya

  3. yup..!!! mari kita lanjutkan perjuangan bersih2, dr kita dan untuk kita jg kan nantinya??😀

    *dhe di bali jg neh, ayoo.. kapan qt bs kopdar *baca teh darat * bareng blogger yg da di bali.. hehehe

  4. Assalamu alaikum,

    ana datang berkunjung balik ke laman ini..hehe

    terima kasih telah berkunjung kelaman ana,

    waahh…mmhhh…pertauran yang sangat luar biasa, semoga peraturan tersebut dapat diaplikasikan dengan baik, agar tercipta kota yang BERSERI, …

  5. Semoga kebijakan tersebut bisa dilaksanakan dengan semangat kebersamaan anggota masyarakat, agar kebersihan kota tetap terjaga baik.
    SALAM…

  6. Bali adalah salah satu destinasi pariwisata utama di Indonesia, akan sangat mengecewakan dan memalukan apabila tidak bisa menjaga kebersihan dan keasrian Bali. Mari kita bersama-sama turut ikut serta untuk menciptakan Bali yang asri dan BERSIH !!!!

  7. MASIH BUANYAK ORANG YG BAKAR SAMPAH DI TENGAH PEMUKIMAN!!!!!
    DI TEGUR MALAH MARAH2 MENTANG2 PENDUDUK ASLI SEENAK UDELNYA BAKAR SAMPAH NGGANGGU PERNAPASAN..!!!!!!!
    TOLONG PEMRENTAH AGAR SUPAYA LEBIH TEGAS!!!!!

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s