Menghindari Banyak Makan

Di antara sebab terbesar yang membantu seseorang untuk tetap giat menuntut ilmu, memahaminya, dan tidak jemu adalah memakan sedikit dari sesuatu yang halal.

Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata: “Aku tidak pernah kenyang semenjak 16 tahun lalu. Karena, banyak makan akan menyebabkan banyak minum, sedangkan banyak minum akan membangkitkan keinginan untuk tidur, menyebabkan kebodohan dan menurunnya kemampuan berpikir, lemahnya semangat, serta malasnya badan. Ini belum termasuk makruhnya banyak makan dari tinjauan syariat dan timbulnya penyakit jasmani yang membahayakan.”

Sebagaimana dikatakan dalam sebuah syair:

“Sesungguhnya penyakit, kebanyakan yang engkau lihat terjadi karena makanan atau minuman.”

Seandainya tidak ada keburukan dari banyak makan dan minum kecuali menyebabkan sering ke toilet, hal itu sudah cukup bagi orang yang berakal dan cerdas untuk menjaga diri darinya. Barangsiapa yang menginginkan keberhasilan dalam menuntut ilmu dan mendapatkan bekal hidup dari ilmu, namun disertai dengan banyak makan dan minum serta tidur, sungguh dia telah mengusahakan sesuatu yang mustahil menurut kebiasaan.

(Tadzkiratus Sami’ wal Mutakallim fi Adabil ‘Alim wal Muta’allim, hal. 73-74, Al-Imam Badruddin Muhammad bin Ibrahim bin Sa’dillah bin Jamaah Al-Kinani rahimahullah, dengan beberapa perubahan)

Sumber: Majalah Asy Syari’ah, No. 56/V/1431 H/2003

21 responses to “Menghindari Banyak Makan

  1. Saleum
    agak susah sih kalo gak banyak makan, soalnya dah biasa silambung terima jatah lebih kang… 🙂 tapi ya deh saya coba untuk ngurangin jatah yang masuk demi terciptanya konsolidasi yang solid dlm tubuh.
    saleum dmilano

  2. Saya juga suka menyesal kalau terlalu kenyang, padahal kan sebaiknya menjaga agar jangan kekenyangan supaya tidak ada penyesalan kan…

    Trima kasih sudah diingatkan kembali, kebetulan saya baru aja selesai makan, dan…tidak kekenyangan 🙂

  3. Betul Mas Ari..kalau perut kenyang..justru jadi terasa ga enak..
    Saya sudah buktikan dan melihat begitu banyak contoh, tidak mampu menahan diri dengan makanan, akibatnya adalah berbagai macam penyakit..
    terima kasih telah mengingatkan

  4. Kalo saya banyak minum air putih. Tak apalah sering ke toilet. Pipis itu nikmat. Saya minum untuk pengganti cemilan yang tak berguna. 😀

  5. saya kaya Asop, lebih sering kembung air daripada kenyang 😀 hanya upaya menjaga jangan sampai dehidrasi siih.. kalo soal makan, menjadi vegetarian adalah keputusan terbaik (paling tidak untuk saya pribadi) :mrgreen:

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s