Road to Ramadhan 1432 H

Bismillah,

“Siapa yang mengajak kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun, dan siapa yang mengajak kepada kesesatan maka baginya dosa seperti dosa orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun” (HR Muslim)

Sebentar lagi sya’ban akan berakhir, itu artinya datanglah bulan ramadhan yang kita tunggu. Bulan yang paling penuh keberkahan dan limpahan pahala, yang mana pada bulan tersebut obral pahala besar-besaran. Istilah orang-orang yang suka belanja itu diskon besar-besaran. Bahkan tidak hanya umat islam yang memperoleh kebahagiaan dari bulan ramadhan. Selain muslim pun mereka bisa memperoleh diskon yang sama, dalam hal belanja di dunia.

Puasa yang baik, amalan yang shalih, dan suka berbuat kebaikan, itu yang harus kita lakukan pada bulan ramadhan mendatang. Mari kita gunakan semaksimal mungkin agar sebelas bulan setelahnya bisa mengaplikasikan dari latihan pada bulan ramadhan nanti. Rasulullah sallallhu ‘alaihi wassallam sebagai manusia yang sempurna yang telah diampuni dosa yang telah lalu dan yang akan datang saja begitu antusias berlomba-lomba dalam hal kebaikan.

Rasulullah ‘alaihish shalatu wassalam adalah seorang yang dermawan (suka memberikan kebaikan). Bahkan beliau adalah manusia yang paling dermawan. Apalagi ketika memasuki bulan Ramadhan, maka sifat kedermawanan beliau ‘alaihish shalatu wassalam semakin bertambah dan bahkan melebihi daripada angin yang bertiup. Terkhusus tatkala Malaikat Jibril ‘alaihish shalatu wassalam datang kepada beliau, sebagaimana dalam hadits Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah membaca Al-Qur’an di hadapan Malaikat Jibril di setiap bulan Ramadhan sebanyak satu kali.

Dan ketika di tahun terakhir menjelang wafatnya, beliau membacakan Al-Qur’an di hadapan Malaikat Jibril sebanyak dua kali. Sebagaimana hal ini dijelaskan di dalam hadits ‘Aisyah dan hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhuma. Dan yang demikian itu merupakan isyarat akan dekatnya wafat beliau shallallahu ‘alaihi wasallam.

Itu salah satu hal yang patut kita contoh sebagai umatnya yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan pada bulan yang suci, bulan yang penuh hikmah dan keberkahan. Waktu untuk kita berlatih menebalkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Salam

 

20 responses to “Road to Ramadhan 1432 H

  1. jadi teringat pada satu rumah makan di dekat sini yang selalu tutup selama 1 bulan penuh selama bulan Ramadhan, kepengen banget ngikutin jejaknya, tapi blom bisa 😦
    Jadi satu bulan itu ya dipakai untuk beribadah gitu …

  2. Sudah mau memasuki Bulan yang penuh dengan Rahmat nih,,rasanya baru kemarin lebaran sudah mau Ramadhan lagi,,semoga ramadhan kali ini menjadikan kita lebih baik kedepannya Mas,,

  3. Indahnya berlomba lomba menuju kebaikan..
    Mari bergerak ke arah Nya, dengan segala apapun yang kita bisa.
    Salam hangat Mas Ari…

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s