Sanur Kite Festival (SKF)

Bismillah,

Satu lagi pesona Pulau Dewata yang membuat saya tertarik, adanya Sanur Kite Festival. Perhelatan layang-layang “bebean” ini rutin diadakan setiap tahunnya di pantai Mertasari, Sanur, Denpasar. Festival yang diikuti oleh lebih dari seribu peserta itu sudah berakhir kemarin, minggu (07/08). Pengunjung SKF membludak pada hari terakhir kemarin.

Parade layang-layang ini membuat heboh seluruh penduduk Bali. Setiap hari selama perlombaan berlangsung, jalan-jalan raya di kota-kota besar menjadi macet. Sebab layang-layang yang diikuti perwakilan dari banjar itu tidaklah kecil, ukurannya jumbo. Membutuhkan beberapa orang untuk menerbangkannya, lihat saja tali layang-layang itu, besarnya seperti tali yang biasa digunakan di tempat penjagalan sapi.

Dalam perlombaan tersebut ada beberapa kriteria yang dijadikan dasar penilaian oleh dewan juri, salah satunya adalah bentuk dan konstruksi dari layang-layang tersebut. Tentu beragam bentuk bisa kita temukan, semua kreatif dan unik. Salah satu jenis layang-layang yang unik adalah bebean khas Sanur, salah satu perbedaannya terdapat pada bentuk layang-layang itu sendiri, bebean khas Sanur terdapat bentuk kembang diujungnya.

Kadek Dwi Armika sebagai ketua panitia mengatakan bahwa festival layang-layang tahun ini disambut antusias oleh beberapa negara, tapi karena alasan keterbatasan tempat dan fasilitas, pihak panitia penyelenggara membatasi peserta dari negara lain untuk unjuk gigi. Jika anda datang pada saat perlombaan kemarin (5-7 Agst) akan takjub melihat langit sanur pada waktu itu yang dipenuhi layang-layang dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik.

Tak kalah cantik dibandingkan dengan pantai lain tentunya, jika kemarin belum sempat berkunjung masih ada kesempatan tahun depan sebab acara tahunan ini sudah rutin diadakan. Agenda bergengsi tersebut akan membawa pemenangnya mengikuti festival layang-layang internasional Thailand 2012 nanti.

40 responses to “Sanur Kite Festival (SKF)

  1. Pertamax, Gan :mrgreen:
    Wah, coba ada gambar layang-layang yang ikut lomba.. pasti meriah ya, Ri.
    Sanur di mananya? Budheku juga tinggal di Sanur, Banjar Bedngandang tepatnya.

  2. juli kemarin ada festival layang2 di pangandaran, ternyata di salah satu tempat wisata disini (yg jaraknya ratusan km dari pangandaran) ada pameran layang2nya, cuma aku sama sekali gak sempet kesana ..

  3. Wow… benangnya aja gede banget, gimana layang2nya ya…
    Aku sih gak pandai bermain layang2, jarang berhasil menerbangkan layang2 kecil itu… 😦

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s