Anak Mama

Dulu..

Aku ini Anak Mama… (ya sekarang masih tetep anak mama sih :D)

Dan aku selalu malu jika dikatakan demikian oleh kawan-kawanku, lalu semakin beranjak usia ini semakin aku bisa merenungi kata-kata memalukan yang disandangkan kepadaku itu. Anak Mama itu…(tidak hanya) semua keperluan dan kegiatan si anak tergantung mama. Sedikit-sedikit panggil mama, dan lain sebagainya.

Aku benci kata-kata itu, tak sepantasnya mereka (para pembina) mengatakan hal yang sama sekali tidak ada hubungannya. Bagiku, anak mama tidak selalu manja, apa-apa harus ada mama di sampingnya. “Anak Mama” adalah anak yang selalu dekat dengan orang tuanya, terlebih kepada sang Mama. Anak Mama, bukan anak manja, tapi anak yang bisa meluangkan waktu untuk sang bunda. Anak yang bisa membahagiakan ibunya. Anak mama adalah anak yang erat hubungannya dengan ibunda, berbagi dalam suka maupun duka.

Apakah tidak ada kata lain yang menggambarkan anak manja? Kenapa mesti anak mama?

Kata-kata itu terngiang ditelinga hingga aku mendapatkan kuliah, sejak SMK. Pasalnya saat Masa Orientasi Siswa (MOS) SMK, aku selalu dibilang “anak mama” oleh guru pembina. Hanya gara-gara tak kuat berdiri di bawah terik surya. Aku memang dekat dengan Ibu, dan inilah arti “anak mama” menurutku,  tapi itu tak berarti bahwa semua yang aku butuhkan harus tergantung kepada Ibu bukan? Buktinya, sedari lulus sekolah aku hidup jauh dari pelukan ibu. Jadi, “anak mama” bukan anak manja. Kepada para pembina MOS, OPSPEK, dan yang semacamnya, cari kata lain selain “anak mama” dalam memberikan pembinaan.

29 responses to “Anak Mama

  1. dari kata- katanya, kayanya ari lagi sebel banget 🙂 sabar aja lah Ri
    “Apakah tidak ada kata lain yang menggambarkan anak manja?” Intan payung..😀

  2. salah seorang teman cowok di kelas malah bangga kalau dibilang anak mama, dia selalu beralasan “Ya banggalah disebut anak mama, klo gg ada mama emang lu bisa ada di dunia ini”😀

  3. Fauzan juga termasuk anak yg dekat dengan ibunya, sering banget dibilang anak manja, anak ibu. Ya iyalah anak ibu, emangnya mau anak siapa …😀

  4. Saya juga anak mama kok🙂
    Memang, kita sering mengartikan akan mama adalah anak yg terlalu manja, dikit2 bilang mama, bentar2 mama,
    Salam kenal Sob…

  5. Entah siapa yang mempopulerkan istilah ini.
    Padahal kita diwajibkan untuk hormat dan berbakti kepada orang tua. Gak salah dong kalau kita mengikuti perintah beliau kan ya…🙂

  6. lebih bagus jadi anak mama daripada jadi anak kucing,😛

    tidak masalah dipanggil apa, yang paling penting adalah seberapa ikhlas kita dipanggil seperti ‘itu’? hehe, *sok tau

Komen

