Tahun Baru Sendu

Apa sajaย sih yang biasanya ada saat pergantian tahun baru?

  • Kembang Api
  • Petasan
  • Terompet
  • Topi

Diantara barang-barang di atas mana yang biasanya anda lihat paling meriah saat acara pergantian tahun?

Menurut saya yang paling meriah adalah petasan atau kembang api yang menimbulkan bunyi-bunyian tak merdu. Saya nyebut benda-benda yang menimbulkan bunyi itu dengan “petasan” saja ya, biar mudah. Maklum, saya kan masih punya memori anak-anak tertanam di otak, kalau saya menyebutkan kembang api itu berarti yang bentuknya panjang, disulut dengan api dan mengeluarkan percikan api yang berpijar, seperti saat melihat orang menggerinda atau ngelas. #Haha.. benar-benar kasihan saya ini, taunya hanya kembang api yang itu :mrgreen:

Nah, setiap pergantian tahun, Denpasar selalu menjadi salah satu kota yang tak mati. Tak mati akibat petasan yang suaranya sampai ke penjuru kota, suara itu sampai memekakkan telinga. Saya bukan tipe orang yang suka merayakan sesuatu, termasuk tahun baru, bahkan saya malah ra iso turu kala detik jam telah melewati angka 12 pada tanggal 31 desember. Tentu saja perihal petasan yang menjadi penyebabnya.

Namun ada sesuatu yang berbeda tahun ini, dan sepertinya “sesuatu” itu berpihak kepadaku. Apa itu? “sesuatu” itu adalah dua lembar kertas fotocopy. Hush.. ini bukan sembarang kertas lho, kertas ini berdampak besar untuk masyarakat Denpasar khususnya. Dampak tersebut bisa jadi baik, bisa juga negatif. Sebelum saya lanjutkan, ada baiknya saya tampilkan “sesuatu” itu.

Klik gambar untuk memperbesar

Yupss… itu dia gambar skrinsutnya..

Sebenarnya bukan dari kertas itu yang penting, tapi dari tanda tangannya yang ditindak lanjuti sampai ke lapangan. Dua lembar kertas itu berisi instruksi untuk tidak menyalakan mercon/ petasan dan sejenisnya mulai dari tanggal ditetapkannya keputusan tersebut, 12 Desember 2011. Keputusan Bersama Majelis Madya Desa Pakraman Kota Denpasar dan Parum Bendesa Pakraman Kota Denpasar itu saya dapatkan beberapa hari yang lalu dari Banjar Adat Dauh Tangluk, banjar terdekat.

Sepertinya peraturan tersebut cukup berhasil, buktinya menjelang pergantian tahun kali ini tidak banyak penjual petasan yang beredar di pinggir-pinggir jalan. Bahkan kemarin teman saya melihat ada petasan yang disita petugas. Jauh berbeda jika dibandingkan dengan tahun lalu, H-7 sebelum bergantinya tahun saja sudah ramai penjual petasan.

Adanya peraturan tersebut membuat beberapa pihak merasa dirugikan, khususnya bagi juragan petasan, sudah tentu barang dagangan mereka tak se laku tahun sebelumnya.

Bagi saya tahun baru tanpa petasan lebih asyik dan menyenangkan, karena saya tak suka euphoria, pesta pora dengan suara yang membisingkan. Lebih baik pake kembang api yang kayak di tipi-tipi ntu…indah tanpa suara ๐Ÿ˜€

Namun, tetap saja masih ada suara “jedar jedor” petasan yang bergeming, entah dari mana asalnya. Entah nanti malam, apa yang akan terjadi, saya hanya mendengarkan saja, hehe..

45 responses to “Tahun Baru Sendu

  1. hehehe…petasan dilarang ya Mas Ari,,memang tahun baru kurang asyik tanpa suara petasan, tapi mau gimana lagi namanya sudah pertauran yo tetep harus di taati

  2. begitu ya, petasan memang sudah seharusnya dilarang. Sudah banyak memakan korban. Tapi kok ya masih saja ada pembuat dan penjualnya (mungkin karena ada pembeli ya)

  3. tahun baru enaknya tidur..tanpa bebunyian, biar bisa menyambut pagi pertama 2012 dengan segar dan optimis #tapi saya malah begadang

    salam kenal ya mas ๐Ÿ™‚

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Ari…

    Kembali menyapa di awal tahun 2012.
    Semalam, bandar kecil sarikei dimeriahi dengan kembang api tanpa petasan yang membingitkan telinga. walaupun begitu, bunyi kembang apinya juga tetap bising sekali hingga kurang nyenyak tidur semalaman.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. ๐Ÿ˜€

  5. Ping-balik: #39 Catatan : Sekilas di Awal 2012 « Gandi Rizal·

  6. untuk pertama kalinya diriku ikutan nonton kembang api di pusat keramaian. Gak terlalu exited sih. Aku lebih menyukai sensasi makan jagung dari pada kembang apinya. #selalu tentang makanan :mrgreen:

  7. ah…aku juga paling takut sama petasan…apalagi ada remaja2 nakal yg suka iseng melempar petasan2 cabe rawit ke pengendara motor… ๐Ÿ˜ฆ

  8. malam tahun baru tempo hari aku juga terbangun jam 12 malam.. berisik.. nggak ngerti aku ngapain sih orang2 pada bakar duit… mending dibuat beli makanan atau baju baru di tahun baru.. jelas bermanfaat.. hehehe…

    anakku jg mainan kembang api yg panjang2 itu … dirumah aja… ๐Ÿ˜€

    selamat tahun baru ya Ari.. eh, tahun baru qta dah lewat deh, bulan November lalu kan ๐Ÿ˜€

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s