Ari Tunsa Bercerita…

“Ma….mama…. Prita mau berangkat…. ” Teriak Prita dari kejauhan

“Iya..iya.. sayang… hati-hati ya? kamu sarapan dulu, dah mama sediain di meja.” sepertinya suara berasal dari sebuah kamar di lantai dua.

Sang mama masih saja di kamarnya. Selepas subuh tadi… setelah memasakΒ orak-arik telur dan beberapa menu sarapan lain yang simpel. Inilah seklumit kehidupan dari keluarga kecil Β Mas Supri dan Mbak Nunik.

“Mah… Papa berangkat dulu ya?”

“Ma… mama.. Mama itu ya, selaluu aja mantengin tuh benda tiap pagi, sore, malem.. sampe lupa segalanya”

“Eh, iya iya Pa… Mama denger kok. Ati-ati yak, suamiku tercinta…” Pasang imut kayak marmut setelah ngemut permen.

“Hiiih.. ini orang pandai ya kalo ngerayu [Sambil nyubit]. Ya udah.. berangkat dulu ya.. Assalamu’alaikum..”

…..

“Assalamu’alaikum… Lhooo… masih disitu juga? waduww…waduuhh… besok papa jual aja itu leptop yak?” Β πŸ˜†

“Enggak kok, tadi kan abis nyuci.. daripada bengong, mending mantengin leptop. Katanya enggak boleh nonton koreaaa?” :mrgreen:

“Eh, papa tau enggak, ada uang baru lho?”

“Uang baru gimana? emang mama bisa bikin? goda Mas Supri

“Bentar… bentar… benn..taaar…du.. lu… Naaahh.. ini nih, coba baca. Temen Mama yang ngasih tau di blognya. Jadi, kalo nanti Papa dapet uang kayak gitu.. jangan dibuang yah? kasihkan mama saja..hihi..”

***

Haha… cerita di atas hanya ilustrasi saja. Mungkin karena efek dari banyak baca fiksi di blog sahabat. Tapi itulah gambaran seorang narablog yang masih kecanduan blog. Semua waktunya tercurahkan hanya untuk blog. Untungnya Mbak Nunik masih ingat dengan suami, anak, dan cara memasak yang baik dan benar πŸ˜€

:: —- Β :: —- :: Β —- :: —- ::

Baiklah, fiksi itu untuk mengawali penjelasan saya tentang makna Cool dan Smart. Meski saya juga tidak termasuk dalam kategori cool n smart. Tapi saya akan berusaha dengan smart untuk mencapai tujuan yang selalu diharapkan oleh Kaka Akin dan para blogger lain, tentunya.

Seorang blogger itu mempunyai ciri khas atau karakter yang berlainan antara satu dengan yang lain. Oiya, yang saya maksud dengan kata “blogger‘ itu semua orang yang ngeblog (dari berbagai platform blog). Saya lebih suka nyebutbloggeraja, hehe.. padahal itu untuk sebutan narablog yang memakai blogspot yak? πŸ˜€

Oke, lanjutkan..!

Cool and Smart, ada dua kata. Menurut penjabaran dari Kaka Akin, Cool = keren, dan smart=cerdas. Saya pun membagi dua kata tersebut yang mempunyai makna masing-masing. Menurut saya “cool”Β itu yang berhubungan dengan blognya, dan “smart” berhubungan dengan pelakunya atau bloggernya atau narablognya.

Cool

Mengenai Tampilan

Dalam hal fisik, blog yang cool itu.. tampilannya sederhana, tidak membingungkan pengunjung yang baru terjun di dunia per-blogger-an. Tampilan seperti seperti itu tentu akan membuat pembaca lebih nyaman dan senang jika berkunjung ke blog tersebut.

Judul dan Isi

Isi blog harus sesuai dengan judul blog. Jika judulnya “Komputer” maka harus berisi sesuatu yang berkaitan dengan komputer, akan tidak keren jika isinya tentang cara memasak. Nah, kalau yang carut marut seperti blog saya ini berarti belum termasuk blog yang keren πŸ˜† 😳

Isi dan Iklan

Antara isi dan iklan harus proporsional (khusus yang memakai iklan). Bagi saya, seorang blogger itu harus bisa memberikan informasi kepada pembaca. Informasi yang nyata-nyata ada, bukan fiktif belaka. Kan biasanya ada tuh, blog yang didalamnya tidak ada isinya, hanya beberapa beberapa kata saja dalam setiap postingannya. Biasanya pemilik blog ini hanya mengoptimalkan SEO, yang tentu buntutnya pada materi (penghasilan). Saya paling tidak suka dengan jenis blog ini. Mereka hanya memasukkan kata-kata yang masih HOT atau pun kata-kata yang paling sering dicari oleh banyak orang, sehingga traffic blognya naik dan penghasilan dari blog pun akan bertambah.

Bukan mencari penghasilannya yang salah, tapi perbuatan seperti itu menjadikan semua orang yang tersesat ke blog itu menjadi dongkol, sebab tidak menemukan apa yang dia cari. Saya pernah mengalaminya. Yang dicari ternyata tidak ada, blog tersebut hanya mengandung kata-kata yang saya ketikkan pada mesin pencari. Selebihnya, hanya iklan.

KreatifΒ 

Kreatif, itulah yang dituntut dari seorang blogger. Kreatif itu salah satu faktor dimana pengunjung akan betah berada dalam blog kita. Yang dimaksud kreatif adalah pandai menciptakan sesuatu yang belum kita temui pada blog lain. Entah itu dalam hal tulisannya, atau sesuatu yang berhubungan dengan tampilan blog, atau yang lain. Hal kreatif lain adalah menjaga ke-asli-an dari tulisan kita, bukan hanya copas (copy and paste) dari tulisan orang lain. Blogger juga punya etika, jika suatu saat memang diharuskan menyalin dari blog lain, maka harus mencantumkan sumber dari apa yang kita salin itu.

Update Post!

Ini kendala yang banyak terjadi dikalangan para blogger. Terutama blogger yang nyambi (Blogger Sambilan)Β seperti saya :mrgreen: . Nyambi kerja, nyambi sekolah, nyambi kuliah, nyambi masak, dan nyambi yang lainnya. Update tulisan itu juga cool lho! Tidak semua bisa, rutin menulis postingan.Β Apalagi blogger tersebut mempunyai banyak urusan di dunia nyata yang tidak bisa ditinggalkan. Dan perlu diingat, rutin menulis bukan berarti setiap hari menulis πŸ˜€ membuat tulisan tiap hari itu memang bagus, tapi itu saja tidak cukup keren jika libur menulisnya satu bulan, bahkan berbulan-bulan.

Tapi, tidak semua orang setuju bahwa menulis setiap hari sekali itu keren lho! apalagi untuk blog yang berisi tulisan semrawut seperti blog saya ini, hehe. Saya pernah dikomplen oleh salah seorang narablog, sebab saya selalu posting setiap hari selama sebulan. Bahkan pernah satu hari bisa sampai 3 tulisan. Katanya kurang lebih begini : “Kamu kok banyak banget bikin tulisan, kasih kesempatan kepada pembaca donk.. ” Dan saya berpikir sejenak, menyetujui pernyataan sahabat tersebut. Secara kasarnya, pembaca (khususnya sesama blogger) tidak hanya mengunjungi satu blog saja dalam satu hari, sehingga jika blog kita terdapat beberapa tulisan dalam satu hari maka blogger yang sudah berkunjung itu tidak akan sempat kembali membaca tulisan yang lain. Keesokan harinya, dia sudah tertinggal jauh.. tulisan kita tidak terbaca olehnya.

Wah.. ternyata ada banyak point yang saya sampaikan mengenai definisi dari blogger yang “cool”

***

Smart

Sekarang giliran kata kedua. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya bahwa “Smart” menurut saya disandarkan kepada pemilik blog. Definisi dari blogger yang “smart” itu hanya ada satu poin penting yaitu cerdas mengelola waktu. Kita semua tau, kadang kala saking asyiknya ngeblog, kita jadi lupa waktu. Waktu terasa bagaikan tak kilat..! #sak trelepan

Baru sebentar duduk di depan layar, tiba-tiba sudah siang dan waktunya masak…

Baru sebentar duduk di depan layar, tiba-tiba udah larut malam… bahkan ada yang sampai pagi..

Baru sebentar duduk di depan layar, tiba-tiba hujan turun dan baru sadar kalau jemuran belum diangkat..

Baru sebentar duduk di depan layar, tiba-tiba waktunya jemput anak sekolah..

Baru sebentar duduk di depan layar, tiba-tiba sudah waktunya pulang kantor.. (ketahuan kalo di kantor suka ngeblog diem-diem, haha..)

Baru sebentar duduk di depan layar, tiba-tiba banyak gelas yang pecah… akibat suami njerit..njerit tidak disambut saat pulang..

Tiba-tiba.. tiba-tiba… dan masih banyak lagi yang lainnya, pengalaman orang pasti berbeda πŸ˜†

Dan termasuk salah satu diantaranya adalah harus bisa mengatur waktu kapan harus menulis, kapan harus blogwalking, dan kapan harus komentar…

Itu baru namanya blogger cool and smart, berdasarkan pandangan dari seorang yang blogger gadungan seperti saya :mrgreen:

Satu hal lagi

Terkadang kesederhanaan itu malah bisa membawa kita menjadi istimewa. Selain cool and smart, saya juga berharap bisa menjadi orang yang sederhana saja, yang penting bermanfaat bagi orang lain. Baik dalam hal ngeblog, atau dalam hal apapun, dunia maya bahkan nyata.

***

Akhirnya saya selaku pimpinan redaksi Tunsa Post menyatakan bahwa tulisan ini diikutsertakan padaΒ Cool and Smart Blogger GiveawayΒ yang diadakan oleh KakaAkin.

Kami dan seluruh kerabat yang bertugas, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang mendukung acara ini berlangsung dengan baik :mrgreen: Β :mrgreen: Β :mrgreen:
Iklan

67 responses to “Ari Tunsa Bercerita…

  1. Petromaks! πŸ˜€
    Suami Mbak Nunik bukannya Mas Gie wahyudi? Hmm… πŸ˜›

    Beginilah saat wabah fiksi melanda πŸ˜€

    Terima kasih sudah ikutan pada “Cool and Smart Blogger Giveaway”.
    Akan dicatat sebagai peserta πŸ˜€

  2. Saleum,
    Saya sepakat deh dega kag tun, menjadi manusia yang sederhana saja dan itu sama artinya kita tidak memaksakan diri kita harus begini dan begitu seperti orang lain. semoga sukses GA nya kang.
    saleum

    • hahaha,,, itu mah kenyataan yak.. πŸ˜€
      kasian kan kalo itu terjadi. keluarga adalah nyata dan lebih harus diperhatikan daripada yang maya.
      salam

  3. wahhhh udah ikutan kontesnya kakaakin yachh…aku blm dapat ide hehehe….

    aku kesindir loch yg ngeblog dikantor itu…soale aku bisa ngeblognya emang cuma di kantor aja..klo dirumah udah ribet sm anak hehehhehe…..

  4. hehehe.. intinya ya blogger itu harus pandai mengatur waktu ya… dan tentu saja konten blognya sesuai dgn kepribadiannya…

    oot, Ari… burjo susu sama saja dgn yg santan kok… pake gula dan jahe juga… ya santan diganti susu aja.. hehehe.. met sarapan burjo ya…

    aku bewe sebelum anak bangun nih…. klo anak sama suami dah bangun dah berenti.. cool n smart bukan nih.. hahah.. *sotoy*

    sukses kontesnya yaa..

    • hihi.. itu bagus. lebih mendahulukan dan memperhatikan keluarga, makhluk nyata yang ada disekitar kita daripada blog.. siip

      tapi aku mau resep lengkapnya bu, sekalian untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan saya yang terajadi.. takaran yang tepatnya kan juga harus tau..
      tulis diblog aja ya?

      salam

  5. Salam kenal,,, Mas Tunsa.

    Setujuuu… *anak baru harus setujuh neh.
    Manajemen waktu, lebih diprioritaskan.

    Apalagi pas menjelang waktu sholat (dhuhur) kayak gini.
    Semoga sukses….

  6. Hahahaha .. mbak, cerita orang kecanduan ngeblog itu seperti diriku yang baru setahun ini ngeblog (kembali). Dulu pernah ngeblog tapi dibaca sendiri aja.

    Sukses kontesnya ya πŸ˜€

  7. baru berkunjung .. eee ternyata sudah ikutan kontes
    Saya masih belum smart, belum bisa mengikuti kontes yang ini.
    Semoga sukses dengan kontesnya ya

  8. Saya suka dengan qoute terakhir mas
    semoga dengan kesederhanaan akan menjadikan cool n smart dan memberikan manfaat bagi yang lain

    salam dari pamekasan madura

  9. Cool & smart mengalir seperti air ya Sob. Mantap tenan…. ! Sukses untuk lombanya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  10. “mengatur waktu kapan harus bewe, kapan harus posting dan kapan harus komen..”

    nah, aku sering keteteran tuh di situ.. Ketahuan deh aku nggak smart at all πŸ˜€

  11. Ping-balik: Pengumuman Pemenang Cool and Smart Blogger Giveaway « Try 2B cool 'n smart…·

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s