Team Viewer, Bantuan Jarak Jauh

Sumber gbr: cipulaida.com

Dunia komputer adalah dunia baru bagi saya, yang ber-basic bukan dari TIK. Oleh sebab itu, saya sering mengalami kesulitan-kesulitan dalam menghadapi masalah komputer terutama dalam dunia blogging. Kali ini saya kembali dengan informasi penting mengenai software yang sangat membantu kita yang masih awam dalam dunia komputer. Insya Allah sangat menunjang untuk kegiatan dalam dunia blogging. Apa itu?

Team viewer, software sederhana yang bermanfaat besar, terutama bagi saya. Software ini bisa diunduh gratis dari website resminya http://www.teamviewer.com

Masih bingung dengan software ini?

Fungsi dari team viewer adalah untuk me-remote dekstop dari jarak jauh dengan melalui jaringan internet. Artinya software ini berfungsi jika terdapat jaringan internet pada komputer tersebut. Penjelasannya ribet ya? hehe… intinya, satu komputer bisa menjalankan komputer lain dengan software teamviewer.

Ada dua jenis, gratis dan berbayar, saya pakai yang free saja. Kelemahan dari team viewer free, sambungan akan terputus dengan sendirinya setiap jangka waktu tertentu, sepertinya setiap 5 menit sekali. Kita bisa download teamviewer versi gratis di sini.

Begini, saya memakai komputer A dan komputer B berada di lain kota. Operator komputer B mengalami kesulitan (misalnya, tak tau caranya meng-instal YM). Maka saya yang ada di komputer A bisa membantu kesulitan yang dialami komputer B dengan me-remote jarak jauh, tentu syaratnya komputer A dan komputer B harus ada software remote jarak jauh (dalam hal ini, team viewer).

Komputer B harus memberitahukan ID dan password pengguna komputer A, agar si A bisa masuk ke komputer B. Setelah ID dan Password didapatkan, maka dekstop komputer B bisa tampil di layar komputer A. Sehingga si A bisa mengerjakan komputer B dari komputer A. Makanya jangan heran jika kursor di komputer B bisa jalan sendiri, itu bukan sihir, tapi sedang di akses dari jarak jauh dengan team viewer.

Install Team viewer

Langsung saja, saya tampilkan skrinsut proses meng-install team viewer:

Langkah pertama

Tentu saja download dulu melalui website resminya, atau klik saja di sini.

Tampilan download dengan google chrome seperti itu, berada di bawah dekstop sisi kiri. Makanya jangan bingung, saya sempat bingung ketika pertama kali menggunakan browser dari google ini. Keep untuk melanjutkan mendownload atau discard untuk membatalkan download.

Langkah kedua

Double klik pada software berekstensi –exe- yang sudah kita download. Lalu ikuti langkah-langkah berikutnya, saya sertakan tampilan sederhana dari proses menginstal team viewer

Langkah ketiga

Pilih / centang kotak yang ada di bagian kotak dialog paling bawah, lalu klik next. Centang kedua-duanya ya? saya lupa skrinsutnya tidak saya ubah:mrgreen:

Langkah keempat sampai langkah ke-enam

Prosesnya sama, tinggal klik Next saja. Biarkan terpilih dalam keadaan defaultnya sampai akhirnya pada langkah ke-enam klik Finish.

Langkah ke-tujuh

Setelah kita klik ‘finish‘ maka tunggu saja prosesnya hingga selesai dan muncul software tersebut tanpa ada pilihan ‘launch

Selesai dan ini tampilan akhirnya

Anda bisa membukanya kembali dari dekstop komputer, ada shortcutnya di sana. Team viewer biasanya akan loading sebentar setelah di buka hingga siap untuk digunakan. Lama loading tergantung pada jaringan internet anda. Ditandai dengan lingkaran berwarna hijau di bagian paling bawah sebelah kiri yang bertuliskan ‘Ready to connect (secure connection)

Team viewer, menjadikan hidup terasa lebih mudah. Segera download, agar bisa meminta bantuan dari orang-orang yang mumpuni/ pandai dalam bidangnya. Saya sudah punya dan terinstall di komputer😀

Oiya, hampir lupa, team viewer juga dilengkapi fasilitas ‘chat lho.. jadi kita bisa saling berkomunikasi tentang permasalahan yang ada langsung dari layar komputer/ laptop. Software ini sudah mendunia, tidak hanya Indonesia saja, jadi insya Allah aman dan terkendali.

—-

Ingat!

Untuk menjaga privasi dari komputer yang di remote dari jarak jauh, anda bisa terus mengawasi jalannya proses bantuan sampai selesai, jika si penolong memasuki ranah pribadi (misal; masuk ke folder-folder atau buka file pribadi) maka kita bisa langsung meng-cut proses dengan cara menutup software team viewer.

29 responses to “Team Viewer, Bantuan Jarak Jauh

  1. Riii…ilmu baru, ilmu baru…lagi-lagi saya dapet ilmu baru disini.
    Terus terang agak rumit, tapi salut dengan keuletan Ari bikin posting ‘susah’ seperti in…sukses terus ya!😀

    • hehe… tapi kan harus dengan seizin yang punya komputer bu, kan bisa disetting lebih privasi. mungkin dalam perusahaan sih enggak begitu ya? saya kurang tau😀

  2. Terus terang ini ilmu pengetahuan baru bagin saya mas.
    Akan saya pelajari pelan-pelan dan mencoba mempaktekkanya
    terima kasih info dan tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

  3. team viewer ini amat sangat membantuku sekali deh

    ketika ada yang error sedikit sama komputer, tinggal nyalain team viewer, kakak sepupu langsung ambil alih betulin ini itunya dari jauh.

    canggih nian

  4. ohh begitu .
    mau nanya nii , selain fungsi diatas ada lagi gak fungsi laen ?
    misal nya , di suatu kantor tidak boleh mengakses website selain website yg berhubungan dengan pekerjaan kita . seperti fb atau di twitter atau yg lainnya .
    di pc kita terdapat team viewer . apakah orang yg memasang nya bisa mengetahui apa yg sedang kita lakukan ??
    ataukah ada laporan setelah kita memakainya ??
    mohon penjelasannya

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s