Es Batu

Hari ini hari Minggu, benar bukan?๐Ÿ˜€

Sudah lama sekali aku tak pernah jalan-jalan pagi, sekarang entah kenapa saya selalu kurang fit setiap pagi hari, rasa kantuk sangat berat pada waktu-waktu tersebut. Entahlah, apa memang sedang musimnya kantuk atau hanya aku saja yang merasakan hal yang sebenarnya bukan kebiasaanku.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang melakukan hal buruk yang tak biasa dilakukan. Jika hal buruk tersebut dikerjakan secara terus-menerus maka bukan menjadi hal tabu jika suatu saat akan mempengaruhi gaya hidup seseorang. Gaya hidup yang buruk akan berdampak pada kesehatan kita.

Begitulah yang sebenarnya sedang terjadi pada diriku, sehingga beberapa hari ini kesehatanku menurun dengan ditandai suhu tubuh yang tak menentu, kadang naik, kadang pula turun. Kekebalan tubuh yang menurun membuat aku terlalu gampang terkena macam-macam penyakit. Diperkuat cuaca yang tak menentu membuat semakin rentan saja terhadap penyakit.

Lima hari yang lalu, badanku dingin, tapi terasa panas, tenggorokan kering begitu juga dengan bibir, meski tak sempat pecah-pecah. Cuaca hari itu di Denpasar memang sedang panas-panasnya. Yahh, dasar akunya saja yang memang sudah termakan kebiasaan buruk, sudah tau begitu aku jarang minum air putih.

Sampai malam tiba, suhu tubuh tak kunjung membaik, perasaan tambah kacau, cuaca tambah panas, tenggorokan semakin meng-haus, sehingga membuat hati pun ikut bicara, ย kepinginย ES BATU. Maksud hati es batu itu ku jadikan minuman dicampur madu, agar terasa menyegarkan tenggorokan yang seharian penuh ku biarkan kerontang. Meski sebenarnya aku tau, minuman ber-es tidak baik untuk tubuh yang sedang drop sepertiku.

Dan benarlah apa yang ku khawatirkan, meski aku sengaja, tapi tetap saja khawatir terjadi sesuatu. Memang benar, air es sangat menyegarkan, apalagi untuk orang yang sudah jarang minum air es seperti saya, tapi tidak baik untuk kesehatan dikala kita sedang mengalami penurunan kesehatan.

Malam pun berlalu dan aku merasakan kesegaran yang sangat. Beberapa menit setelah itu, badan bertambah dingin dan nafas dari hidung yang ku hembuskan terasa panas. Kepala agak berat, akhirnya ku putuskan untuk berbaring dan kemudian tertidur lelap sampai subuh.

Belum berakhir, subuh adalah waktu yang sangat menyakitkan sebagai konsekuensi dari minuman dingin yang ku teguk malam itu, sekujur tubuh terasa panas. Hidung mulai tersesaki oleh virus, meler tiada akhir. Sampai saat ini, kesehatanku masih belum sempurna, terutama saat pagi hari, ku rasakan hal yang sulit tuk diungkapkan #halah.. PILEK, hidung mamfet. Siang sembuh tapi malamnya serangan kembali datang.

Alhamdulillah, saat ini udara begitu panas. Sepanjang hari badanku mengeluarkan keringat, sampai detik ini. Matahari bersinar terang, tadi saja saat maghrib tiba, diluar sana tampak belum gelap.

Mari kita perbaiki gaya hidup, jangan seperti aku yang tak mau melawan nafsu. Inginnya sih makan enak, badan sehat. Tapi hal yang mustahil jika kita tak merawatnya, bukan?

65 responses to “Es Batu

  1. kayaknya emang umum begitu ya๐Ÿ˜€
    radang tenggorokan tpi maunya minum es
    sakit maag tapi nyari sambel
    yaaaa manusiawi banget xixixi

    sing penting saiki udah bisa lari2 kan?! #lho

  2. Ari, es batu itu memang tak baik untuk kesehatan. Apalagi kalau kondisi lagi menurun, biasanya keinginan kita mesti yang aneh-aneh. Seperti Ari itu, pengennya es batu. Padahal nggak boleh kan. Jadi, say no to es batu ya… [kecuali pas kopdar rame-rame, baru boleh๐Ÿ˜† ]

    • ๐Ÿ˜† bertapa lama itu sedang belajar inggris ya kang?๐Ÿ˜€
      jangan dihaous menunya, yang lain kan banyak yang suka, kasian entar..

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, Ari Tunsa…

    Saya doakan Ari sudah kembali sihat hari ini.
    Kenapa tidak dikabari saya awal-awal lho. Biar penasihat ini bisa memberi saranannya.๐Ÿ˜€

    Maka, lain kali harus lawan nafsu kerana mengikuti nafsu banyak sekali padahnya.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    • wa’alaikumussalam warahmatullah wabarokatuh
      hehe… bunda adalah penasihat saya di YM, pasti langsung cekatan jika status saya tulis tentang masalah ini,,๐Ÿ˜€
      terimakasih nasihatnya bun
      salam

      • Kalo anakku biasanya dikasih propolis kalo pilek dan batuk. Tentu saja kalau ada persediaan,๐Ÿ™‚ Kalau tak ada ya batuk atau radang cukup diusir dengan kencur ditumbuk plus madu murni dan air hangat…alhamdulillah selalu berhasil. Soalnya ga punya habatussauda๐Ÿ˜ฆ

        • bagus habatussauda sebenarnya… sekarang sudah banyak kemasan yang praktis. kalo propolis memang bagus, dan harusnya begitu tapi bagi saya yang bisa mengukur ketidak fit-an sendiri rasanya propolis terasa lebih mahal saja ๐Ÿ˜€

  4. memang mas , penyakit flu atau pilek itu gampang sekali menyerang tubuh yang lagi nge drop….apalagi langsung di tambah es batu ya….hehe…

    kuncinya cuma satu….istirahat yanng cukup….

    Salam…

  5. klo itu ga berlaku buat mimi..ga ada pantangan pas sakit, batpil hayu ajah es batu dan aer dingin, demam bawa mandi biar seger, maag dibawa makan banyak2..Alhamdulillah serangan cuma berthan 2/3jam sajah…heheheheh *jangan ditiru
    cepat sembuh y masbro senama….mknya ubah gaya hidup. ga baek untuk kesehatan pria perjaka wkwkwkwk

  6. saya sudah lama tidak berani mencoba ees batu, saya tahu tubuh saya ngga bersahabat dengan es๐Ÿ˜ฆ

    semoga lekas sehat ya

  7. Hehe setan emang paling pintar menggoda ya, padahal jelas2 dah tau itu gak baik bagi tubuh tetep juga TERGIUR. Semoga cepat sembuh ya … SEHAT !! ๐Ÿ˜€

  8. kamu ini kaya abangku saja,๐Ÿ™‚
    pilek malah minta air es๐Ÿ˜€
    kok demen banget flunya dik, jaga kesehatan dong ah. kan dah ngerangkap juga jadi satpam webe,๐Ÿ˜€

  9. Ari….radang tenggorokan minum es?….bener2 nekad lho….minum madu udh benar bro tp kalau pakai es mah cari penyakit….hehehehe. Cepet sembuh dan fit kembali

  10. aku malah dah lama ndak minum es batu ……. nggak bisa membayangkan … lha di pinggir jalan jalan bayak serpihan es, maklum lagi beku di sini , minggu lalu saja sampai minus 13 ยฐ C๐Ÿ˜€

    semoga cepet sembuh ya melernya

  11. minuman es memang menggoda. tapi mesti liat2 kondisi badan juga.
    biasanya saya kalo flu atau demam makan yang berkuah dan berkaldu seperti bakso yang hangat. ditambah banyak minum air putih biar keringetan.. moga sekarang udah baikan yah mas..

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s