Sotoji, Soto Jamur Siap Saji

Haiiii… ๐Ÿ˜‰ #eehh, genit lagi

Teman-teman… Sudahkah kalian sarapan? :mrgreen:

Saya sudah lho, baru saja saya makan semangkuk soto lezat. Tahu yang namanya soto donk… Jangan mengaku orang Indonesia kalau belum pernah merasakan makanan satu ini, soto. Soto adalah makanan yang sudah dikenal di Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing, sebagai contoh, soto lamongan, soto banjar, soto makasar, dan masih banyak lagi yang lain. Meski pada hakikatnya sama-sama soto, tapi lain rasa dan bentuknya.

Saya memang jarang makan soto, disebabkan jarangnya warung-warung yang menyediakan menu satu ini di Denpasar. Meskipun ada, rasanya hampir tak bisa diandalkan. Karena itu saya malas keluar hanya untuk memburu soto. Sudah jauh-jauh ke warung, sampai di sana menelan makanan yang tak seberapa memuaskan.

Setelah kenal Sotojiย beberapa hari yang lalu di internet, saya rasa telah menemukan solusi makan soto. Tak perlu lagi repot dengan ini dan itu, tak perlu jauh-jauh melangkahkan kaki, kita bisa memenuhi keinginan makan soto di rumah. Saya pikir bagi pria lajang seperti saya yang hidup di “kota orang”, Sotoji adalah pilihan tepat. Bagus juga untuk yang sudah berkeluarga, tidak memakan waktu lama untuk membuat menu soto.

Apa itu Sotoji?

Sotoji adalah soto jamur instan. Ya, soto ini tidak sama dengan soto-soto yang sudah ada di Indonesia, ini soto siap saji yang siap dikonsumsi hanya dengan beberapa langkah memasak yang sederhana, persis seperti memasak mie instan. Jika biasanya soto itu rasa ayam, daging, dan sebagainya, Sotoji melakukan inovasi terbaru soto dengan rasa jamur. Bagi saya, ini inovasi seperti itu adalah kreatif dan tidak mudah lho, melakukan hal yang tidak biasa, lain dari yang lain.

Saya katakan, cara memasaknya mudah, sama dengan cara memasak mie instan yang biasa kita makan. Tapi jangan salah, meskipun cara memasaknya sama, rasa tentu beda. Sotoji ini benar-benar bukan sekedar rasa jamur, tapi benar-benar ada jamurnya. Sudah banyak yang mengerti tentang kandungan yang ada dalam jamur dong, jamur yang dipakai adalah jamur tiram. Jamur tiram itu kaya serat dan protein yang sudah sejak lama dikenal manfaatnya banyak, salah satunya sebagai antibakterial dan juga bisa menurunkan kolesterol.

Sotoji benar-benar soto jamur instan yang mantap. Perpaduan antara jamur tiram dan bihun sebagai bahan dasarnya terasa begitu nikmat. Jamurnya bukan sekedar perasa jamur saja, tapi jamur asli. Ketika saya menggigit, terasa sampai dihati #cielahhh… Bener lho, saya kembali teringat tentang masa kecil, saat diajak paman mencari jamur, hihi… Rasa jamur asli.

Sotoji adalah soto jamur instan di Indonesia, saya belum mengetahui ada soto jamur instan selain Sotoji.

Cara memasak Sotoji

Sangat mudah memasak sotoji, bagi yang tidak suka memasakpun bisa, asal dengan satu syarat utama, ada Sotoji-nya. Ya iyalah, mana bisa memasak tanpa ada yang dimasak. Eh, ada satu syarat lagi, bersifat opsional yaitu harus bisa membaca. Hah? gile… ini bukan memasak sambil membaca, tapi membaca petunjuk yang ada di belakang kemasan Sotoji. ย Meskipun bisa saja dibacakan oleh teman sendiri, hihi..

Baiklah, sekarang serius. Memasak Sotoji itu perlu ketelitian, baca dahulu petunjuknya sebelum mengerjakan agar tidak salah seperti yang saya lakukan pertama kali. Cara memasak yang standar ada di belakang kemasan.

Gampang kok, tinggal rebus air sampai mendidih, masukkan bihun dan jamur, tunggu beberapa menit sampai bau harum dari jamur keluar dan berubah warna. Sementara itu masukkan bumbu-bumbu ke dalam mangkuk, lalu tuang bihun dan jamur yang sudah masak ke dalam mangkuk, dan siap dihidangkan. Mudah bukan?

Pertama kali mencicipi Sotoji, saya salah memasaknya. Jamur tidak direbus bersama dengan bihun, walhasil jamurnya tetap kering, hihi.. Katrok. ternyata tidak berpengaruh terhadap rasa lho. Kering maupun masak, rasanya tetap saja jamur, tidak berubah. Hanya saja tingkat kekenyalannya sedikit berbeda.

Bihun tidak sama dengan mie instan lain, walaupun bentuknya lebih kecil tapi tidak mudah putus dan tak mengembang. Sehingga enak dikonsumsi, terasa masih fresh. Penasaran? buruan beli… hihi. Perbedaannya hampir tidak kentara, antara yang jamurnya direbus dengan bihun dan yang tidak direbus langsung.

Bedanya hanya soal kamera, yang atas foto malam hari dan yang bawah siang harinya. Ternyata isinya banyak, saya tidak menyangka sebanyak itu. Tak terlihat dari bentuk kemasannya yang kecil. Mungkin karena bahannya dari sohun yang bentuknya kecil.

Cara mendapatkan Sotoji

Untuk sementara, Sotoji tidak bisa sembarang dibeli sebab belum dipasarkan ke supermarket atau minimarket. Lho..! Tenang, usah kau bimbang, Sotoji masih tetap bisa kita dapatkan kok, caranya pesan langsung secara online di www.sotoji.comย atau bisa langsung menuju halaman ‘order’ di sini. Setelah menulis order nanti akan muncul informasi harga melalui email, setelah itu konfirmasikan pembayaran dan bukti pembayarannya di sini.

Buruan beli, mumpung masih promo besar-besaran, harganya beda lho.. Daripada harus menunggu sampai keluar di minimarket? pasti harganya lebih mahal.

Jika masih belum percaya dengan keberadaan Soto Jamur Instan ini bisa langsung datang ke tempat produksinya PT Tri Rastra Sukses Sejahtera – Bogor – Jawa Barat.

Saran

Sementara harga Sotoji belum terdeteksi, atau saya yang belum tau, karena di website resminya tidak disebutkan harganya. Untuk itu ada baiknya pihak Sotoji mencantumkan harga di website resminya, agar pembeli merasa nyaman dan tidak penasaran. Pertimbangannya karena biasanya sebelum membeli, yang dilihat pertama kali adalah harganya.

Sotoji, Soto Jamur Siap Saji, Soto jamur instan pertama di Indonesia.

58 responses to “Sotoji, Soto Jamur Siap Saji

  1. Wah, udah kelar aja neh Tunsa bikin review-nya. Pasti mupeng dapet IPhone ya, hehe.. semoga berhasil ya. Aku udah makan juga, tapi belon sempet bikin review. Malah sotoji-nya aku bagi2 ke temen heheh…

  2. oalah ini kontes to mas?? hahahahaha.. dhe pernah beberapa kali nemu postingan tentang ini, kirain beneran ngereview, ternyata eh ternyata.. sukses yaaa, moga menang ๐Ÿ˜€

  3. Langsung dari warung Kopi ada pengumuman bahwa admin akan membagikan SOTOJI blogger. mantaps….! Silahkan di bawa ke warung Kang !

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  4. Saleum,
    Di Aceh belum ada, capek nyarinya buat ikut nge kontes. ternyata mesti diorder dulu buat ngedapatin soto tersebut. hahaaa… gak sempat aku. ๐Ÿ˜ฆ
    ikut mendoakan sajalah agar anggota F4 jadi juara dan dapat ipon

  5. tulisan ini utk kontes ya Ri? duh, gambarnya nggak keluar ditempatku…

    ini mirip mie instan? berarti ada pengawetnya ya? *lg trauma yg instan2* hehe ๐Ÿ˜€

    sukses, Ri..

  6. waaaahhh ada lagi makanan instan yang membuat lidah meleleh neh.. Dan pemasarannya juga khas banget.. cuma ada di online.. keren.. ๐Ÿ˜€

  7. saya cuma mengingatkan agar berhati-hati dengan SOTOJI karena dapat menyebabkan kanker. kenapa? pengalaman saya makan satu pingin nambah lagi, ketagihan lezatnya. awas bikin kanker alias kantong kering hehe. oia salam kenal sesama peserta. ditunggu kunjungan dan komentarnya http://bit.ly/SotojiLezat
    terimakasih

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s