Surat Untuk Adinda

Untuk: Tawaffani Musliman

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuhu

Tawaffani Musliman. Amiin.

Namamu adalah doa yang sangat mulia. Doa yang selalu didamba untuk setiap muslim. Semoga doa baik yang tersirat pada namamu itu menjadikan langkahmu semakin baik, menjadi anak sholeh. Mas pernah menjelaskan padamu tentang asal muasal namamu adalah dari kitab suci Alquran. Tapi mas tak yakin, kau mengingatnya. Pikiranmu masih terlalu muda untuk mencerna kata dan makna.

Dik, kelak kau juga akan tumbuh besar, dewasa. Satu pesan dari Mas untukmu, kemanapun kau pergi dimanapun kau berada, selalu ingatlah Allah ‘Azza wa Jalla. Dengan mengingat-Nya, kau tak akan pernah salah langkah. Dengan mengingat Allah, Dia akan mengabulkan doa yang tertera dalam namamu. Adikku, Ibu selalu mengingatkan hal itu kepada Mas dan Mbakmu. Begitu juga kelak, kau harus mengingatkannya kepada adikmu. Berikan contoh yang baik dalam segala tindak tandukmu.

Adikku, Tawaffani Musliman

Bulan depan, kau akan belajar mandiri, hidup di tempat yang jauh dari sanak saudara. Kau harus selalu ingat asal usulmu. Ibu memindahkanmu ke pesantren bukan karena ibu tak mau lagi melihatmu tapi beliau sayang padamu. Ibu menginginkan yang terbaik untukmu. Ibu ingin anaknya menjadi penyejuk mata seperti dalam sebuah doa pada Surah Al Furqan : 74

Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Dik, kamu sudah besar, sudah hampir lulus SD dan sebentar lagi hidup sendiri di pondok. Kelak berilah kabar baik untuk ibu, bapak, kakak, serta kepada adikmu bahwa kau telah hafal Alquran. Buatlah ibu dan bapak bangga mempunyai anak sepertimu yang hafal Alquran. Buatlah kakak-kakakmu bangga telah mempunyai adik yang lancar berbicara bahasa arab. Buatlah adikmu bangga telah mempunyai kakak hebat yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

Ingat satu hal lagi bahwa hidup di dunia ini tak abadi, tentu kau akan lebih tau daripada Mas kelak. Kau adalah generasi penerus. Kau akan menjadi kepercayaan keluarga untuk menuntun ke jalan kebenaran. Persiapkanlah dirimu baik-baik. Jaga diri di sana. Mas hanya bisa menitipkan surat ini untukmu, tak lebih. Mas akan selalu berdoa untuk kebaikanmu. Betah-betah di sana ya?

Insya Allah, Mas akan menjengukmu suatu saat. Jika Allah menghendaki.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuhu

Mas Ari

Tawaffani Musliman adalah adik ketiga saya. Dia kini masih duduk di bangku kelas 6 SD. Insya Allah akan melanjutkan di salah satu pondok pesantren di daerah Semarang. Sudah lulus tes dan seleksi hanya tinggal menunggu waktu ujian sekolahnya.

***

Tulisan ini diikutkan pada GIVEAWAY :  Aku Sayang Saudaraku yang diselenggarakan oleh Susindra

41 responses to “Surat Untuk Adinda

  1. wah hebat SMP nya mau mondok, semoga dilancarkan perjalanan menuju pondoknya, dan semoga betah, bisa mendapat banyak ilmu yang nantinya bisa diamalkan kembali, amin🙂

  2. Surat sarat kasih seorang kakak kepada adindanya, selamat berjuang nanda Tawaffani Musliman. sukses kontesnya ya mas Ari. salam

  3. Weh,,selamat untuk adiknya Mas Ari yang mau menuntut Ilmu di dunia pesantren, jadi kangen masa² dipesantren😦

    Sukses ya Mas, semoga menang Mas🙂

  4. waaaaaaaaaahhhhhhh………. ternyata gak jauh beda… sama2 keluarga yang kental dengan agamanya.. sayangnya adikku gak mau kaya aku dulu.. bhahaha..
    cuma aku yang baru merasakan hidup dipondok.. cexixixixii,..

    walahh.. maaf.. itu diatas adik kelasku mas,, hha.. spam dech jadinya😀
    maaf.. xixixixixixi

  5. Membagun pondasi iman anak sangat penting,semoga adinda mampu menjalani kehidupan di pesantren yang nanti akan menjadi bekal menghadapi ke-dunia-an ini

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s