Ogoh-ogoh

Issue terpopuler di Bali saat ini adalah tentang Hari Raya Nyepi. Seperti dalam bahasa Jawa, Nyepi diartikan menyendiri dengan kata dasar ‘sepi‘. Arti yang sama dalam bahasa Jawa tapi beda dalam makna yang sesungguhnya Nyepi di Bali. Saya sudah kali ketiga mengalami Nypei di Pulau Dewata. Suasananya benar-benar sepi. Seperti tidak ada kehidupan.

Nyepi berlangsung selama 24 jam, dimulai pukul 6 pagi. Selama itu kita tidak boleh keluar dari rumah, tidak boleh menyalakan lampu, tidak boleh menyalakan api dan lain sejenisnya yang ada hubungannya dengan cahaya.

Ada satu hal yang diburu wisatawan saat nyepi adalah hunting foto ogoh-ogoh. Teman-teman bisa melihatnya di lapangan puputan, jalan Hayam Wuruk. Banyak turis mancanegara yang membawa kamera untuk memotret ogoh-ogoh.

Apa itu Ogoh-ogoh?

Ogoh-ogoh adalah patung yang menggambarkan butha kala. Ogoh-ogoh dibuat saat menjelang nyepi dan akhirnya diobong (dibakar). Jadi seluruh penduduk Bali membuat ogoh-ogoh pada setiap banjar (Setingkat RW). Ogoh-ogoh ini nantinya akan diarak ramai-ramai sesaat menjelang nyepi, biasanya pada malam hari sebelum nyepi dimulai.

Para pembuat ogoh-ogoh sangat kreatif, mereka membentuk ogoh-ogoh dengan berbagai karakter. Ada bentuk tokoh dalam film-film fantasy seperti hellboy, hulk, ironman, superman dan lain sebagainya. Dan ada juga yang berbentuk tokoh kartun anak-anak, seperti dragon ball, upin-ipin dan sejenisnya. Semua bentuknya unik dan lucu-lucu, bahkan ada yang menakutkan.

Jika teman-teman ingin tahu, silakan berliburlah ke Bali saat nyepi. Yang jelas, siapkan mentalmu. Siap-siap hidup dijaman penjajahan, tak ada listrik:mrgreen: dan tak ada siaran televisi, radio, dan hiburan lain. Listrik memang tidak sepenuhnya diputus dari PLN, tapi siaran televisi di Bali terblok.

Untuk nyepi tahun ini kebetulan jatuh pada hari jumat, salah satu hari besar Islam. Khusus untuk umat Islam diperbolehkan melakukan sholat jumat di masjid-masjid terdekat. Pecalang -keamanan Bali- dari masing-masing banjar telah membagikan selebaran mengenai bolehnya keluar untuk sholat Jumat. Surat resmi itu dikeluarkan dari gubernur Bali. Keputusan dari Majelis-Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali.

Nanti malam adalah malam arak-arakan ogoh-ogoh. Sore ini ogoh-ogoh sudah dipersiapkan di lapangan, dan lalu lintas yang melaluinya akan mengalami kemacetan yang padat. Sangat tidak disarankan untuk melintasi lapangan tempat berkumpulnya ogoh-ogoh jika tak mau terkena macet. Siang tadi, saya sudah terjebak di sana, tidak bisa maju dan tak bisa mundur😀

Sudah dulu ya, saya mau mempersiapkan bekal untuk besok. Jadwal sore ini, belanja keperluan selama sehari dan tentu saja belanja bahan makanan. Gas tinggal dikit😀

Grb dari sini.

39 responses to “Ogoh-ogoh

  1. Ari, jangan lupa sewa playstation biar besok seharian ngak be-te. Nggak ada tv lho bro. Belanjanya yang banyak ya. Coca-cola jangan lupa. Chitato juga😆

    • ssstt… kalo aku sih masih nyalakan gas😀 kompor, listrik, air, dan keperluan sehari-hari😀 untuk menyambung hidup. asalkan tidak terlihat dari luar cahayanya😀

  2. saya jadi ingat cerita seorang teman yang tahun lalu terpaksa kelaparan pas hari raya nyepi, garagara dia kelupaan menumpuk bekal selama nyepi berlangsung

    • hihi.. itu susahnya kalo kelupaan. dan kelupaan itu kan tidak disengaja bukan?😀
      makanya bagi yang baru pertama kali nyepi di Bali hendaknya mencari tahu dulu kepada teman-teman yang sudah menetap lama di sini😀

  3. Ping-balik: Empat Cowok (Nyaris) Ganteng Terbunuh Sepi !! | .:: setiaONEbudhi ::.·

  4. gara-gara di Bali lagi nyepi, Palembang jadi berasa sepi juga mas.. bayangin aja, baru jam 8 malem aja sepinya ampuuuunnn bener.. padahal kan long weekend, apa karena lagi pada ikutan nyepi yaa makanya kagak keluar rumah.. jadi pengen liat ogoh2.. undang dhe ke Bali dong mas..😀

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s