Mangrove Wisata Edukasi

Mangrove lagi.. Lagi-lagi mangrove.. Mungkin benar kata Gandhi, kalau saya sudah menemukan tempat menggalau ~> Hutan Mangrove | Semoga tidak ada yang protes karena bosan dengan tulisanku tentang mangrove.

Entah mengapa beberapa hari ini saya gemar sekali mempromosikan alam Indonesia. Terlebih hutan mangrove-nya. Ah, terserah apa kata dunia maya.. Yang jelas saya memang suka berwisata ke hutan mangrove bukan karena tidak ada tempat wisata lain selainnya ๐Ÿ˜€

Kegemaran saya itu belum dapat dikategorikan sebagai Duta Mangrove Indonesia, saya hanya warga negara Indonesia yang cinta negeri kelahiran saya, cinta ย Indonesia, MERDEKA! Dan tak ketinggalan juga cinta wanita Indonesia #eh ๐Ÿ˜†

Pagi tadi adalah momen yang sangat membahagiakan, saya kembali berkunjung ke hutan mangrove untuk kesekian kalinya. Mungkin sudah tiga kali saya mengunjungi hutan mangrove di Denpasar itu. Selain lokasinya yang tidak terlalu jauh, hutan mangrove Bali satu itu menyimpan banyak kesan tersendiri bagi saya selama tinggal di Bali.

Yang pertama, karena hutan mangrove adalah lokasi wisata edukasi yang pertama kali saya kunjungi saat di pulau Dewata ini. Kedua, tentu saja karena pesonanya yang tak kunjung memudar (bagi saya). Sehingga hutan tersebut menjadi tempat wisata paling favorit.

Percayalah, pasti kalimat ‘kagum’ akan terlontar dengan tidak sengaja saat memasuki kawasan hutan mangrove. Benar, belum masuk saja sudah kagum, apalagi di dalam. Kagumnya dobel, kagum dan kaget saya kira. Ada beberapa hal yang menarik dan tidak sedikit yang menyedihkan. Yang menyedihkan adalah melihat corat-coretan tangan jahil yang tak pernah hilang, meski sudah diperbaharui.

Saat ini, hutan mangrove tersebut sudah banyak perubahan penataan. Lebih menarik dan hijau. Jembatan kayunya pun sudah banyak yang diganti, tapi tidak mengubah struktur awalnya.

Apa saja sih yang didapatkan di sana..

Pertama, sebelum memasuki kawasan hutan, kita dibekali penjelasan singkat dari peta rute yang akan dilalui di dalamnya.

Peta rute jalan di hutang mangrove ini lumayan panjang, berjalan saja insya Allah kita sudah berkeringat, apalagi sambil jogging. Berwisata sembari olahraga itu ‘sesuatu’ terlebih di dalam hutan dengan pemandangan dan udara yang sejuk. Menyenangkan. Selain itu tentu saja kita juga bisa bernarsis ria bukan? #kecuali saya ๐Ÿ˜€ (tak suka narsis, sekarang)

Kedua, kita akan diperkenalkan tentang mangrove secara garis besar. Lihat gambar di bawah ini:

Setidaknya kita bisa mengetahui beberapa hal tentang mangrove. Diantaranya tentang luas hutan mangrove di lokasi, propinsi, bahkan di Indonesia maupun di dunia, tentang apa itu mangrove, mangrove trail, dan jenis-jenis mangrove yang ada di dunia (Species of Mangrove).

Pengetahuan umum tentang mangrove sangat bermanfaat bagi kita, untuk menanamkan rasa cinta kepada alam, terutama hutan mangrove. Bagaimana akan cinta ย jika tidak tau apa yang akan dicintai #eaa

Ketiga, pengetahuan tentang macam-macam bunga apa saja yang ada di hutan mangrove. Lihat gambar di bawah ini:

Ada puluhan jenis bunga-bungaan yang ada di hutan mangrove. Tidak saya sebutkan satu persatu, kita bisa langsung membaca pada gambar saja ya.

Hutan mangrove, wisata edukasi yang sangat bagus menurut saya. Terutama untuk anak-anak. Selain menambah pengetahuan, juga dapat menanamkan rasa cinta lingkungan sejak dini. Sehingga kelak ketika dewasa mereka bisa bersama-sama melestarikan alam.

Anak-anak pun tidak akan bosan hanya belajar di dalam ruang kelas. Wisata, belajar, dan cinta lingkungan. Tidak hanya anak-anak tentunya, bagi orang dewasa juga tidak akan menyesal kok pergi ke sana. Seperti berpetualang saja, menurut saya. Kita juga bisa meneliti lebih dalam tentang spesies tumbuhan. Bisa juga menambah bahan penelitian untuk skripsi barangkali? ๐Ÿ˜€

Yuk ah, tak perlu lama baca penjelasan dari saya. Langsung menuju ke TKP saja, baru tau sendiri ๐Ÿ˜€

Ini saya bawakan oleh-olehnya:

45 responses to “Mangrove Wisata Edukasi

  1. Di Surabaya juga ada Hutan Mangrove lokasinya sih gak jauh dari rumah, anehnya saya belum pernah kesana sama sekali.. pengen sih.. ๐Ÿ˜€
    Melihat lokasi hutan mangrove di Bali bagus banget, klo di Surabaya sebagus Bali gak ya..

  2. Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan magrove terluas. Jika hutan magrove tersebut dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata seperti ini tentunya lebih menjamin kelestarian hutan mangrove tersebut.
    dari sektor wisatawa sudah mendapat keuntungan apalagi dari sektor ekologi.

    • benar ๐Ÿ˜€ makin banyak orang yang kayak pak Alam insya Allah alam kita akan semakin lestari dan memberi hasil finansial ๐Ÿ˜€
      salam

  3. ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ู„ู‘ู‡ูุฑูŽุจู‘ูุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ masih ade yg segam memperhatikan hutan mangruf kite

    Tetap semangad KK , biar orang kate ape yang penting kite bahagia :nah loh:
    Wkwkwk..

    Nice info sob
    Cemungud kk ๐Ÿ˜€

    Mampir di lapak ane sob
    Thank’s before ๐Ÿ™‚

  4. wah dibali… tempat tempat seperti ini harus terus disosialisasikan.. saya juga mengalami kesulitan mencari tempat bermain untuk anak saya selain di mall… mangrove bisa menjadi alterntivenya

  5. Keren Ri, kereeeeen!
    Baca posting ini saya masih pakai pakaian olah raga lo, rasanya jadi pengen ngulangin jogging di hutan mangrove itu deh, Ri…kebayang segernya, kebayang senengnya ๐Ÿ˜€

    Satu lagi, foto terakhir yang dipasang di tulisan ini bener-bener bikin saya pengen duduk dengan gaya yang sama…hehe…nyaman banget kayaknya!

  6. dek itu tanda peringatannya horror juga ya kurangi kecepatan biawak sering melintas ahhhhhh kaboor :p

    aku pengen juga ah ke hutan mangrove waktu itu pernah ke hutan di daerah sabah rasanya gak pengen pulang pengen di situuu aja adem ๐Ÿ˜€

    • sabah itu mana mbak? hihi… beneran nggak tau aku.
      tapi beberapa kali kesana nggak pernah ketemu biawaknya yg melintas.. apa mungkin lagi pada tdr ya.. ๐Ÿ˜€

  7. jadi kangen liat yang ijo ijo begini…

    nggg.. kayanya belum pernah liat langsung mangrove kaya apa… jujur, pertama denger “mangrove” aja di buku harry potter ๐Ÿ˜€

    kalo taun depan ke Bali, rasanya lucu jg main kesini yaaaa

  8. Paket wisata eko-edu dari hutan mangrove yang keren, kekayaan alam nusantara. Salut pada Ari yang menyukai wisata ini dan sharingnya sangat bermanfaat. salam

Komen

