Arisan Buku Blogger

Arisan, siapa yang mau ikut arisan? *ngacung dhewe😆

Ini arisan bukan sembarang arisan, tapi ini arisan yang memang arisan, bukan rekayasa belaka. Haha. Jika para emak-emak lan bapak-bapak mengadakan arisan bertujuan untuk menabung menunggu uang yang keluar setiap periode tertentu, maka arisan buku blogger tidak demikian.

Sistem Arisan Blogger

Arisan buku blogger, itu seperti arisan lainnya. Bedanya, uang yang kita kumpulkan kemudian dibelikan buku, lantas buku tersebut disumbangkan ke beberapa tempat yang membutuhkan. Adapun nominalnya, kita buat sesuai kesepakatan bersama nantinya (Dikutip dari grup ArisanBukuBlogger di facebook)

Berawal dari pemikiran salah seorang blogger peduli buku, dan dengan didukung oleh beberapa blogger, maka terbentuklah Arisan Buku Blogger. Latar belakang arisan tersebut bermula dari sebuah proposal permohonan bantuan buku untuk suatu daerah. Setelah ditelusuri, ternyata daerah yang masih jauh dari buku di Indonesia masih banyak. Maka dari itu jika sumbangan buku pada daerah tersebut dilakukan oleh perorangan akan terasa berat. Akhirnya terbentuklah suatu grup yang mengumpulkan uang untuk membeli buku dan buku tersebut disumbangankan kepada pihak yang membutuhkan.

Lalu siapa saja yang ikut Arisan?

Peserta arisan tentu saja para blogger, khususnya, sebab namanya saja arisan buku blogger. Blogger yang saya maksud adalah narablog = orang yang ngeblog -bukan pengguna blogger.com saja-. Domain pribadi maupun domain gratisan juga bisa ikut.

Dan sudah tentu blogger yang berpenghasilan😀

Bagaimana jika ada selain blogger yang ikut bergabung?

Selain blogger juga bisa ikut kok, misalnya pengguna akun jejaring sosial yang tidak ngeblog tapi tertarik dengan ikut kegiatan sosial ini bisa bergabung di grup facebook Arisan Buku Blogger. Jika ada orang biasa yang tidak mempunyai akun jejaring sosial dan tidak ngeblog juga bisa turut berkontribusi. Akan tetapi mungkin tidak bisa selalu update info tentang arisan ini. Sebab arisan buku blogger diupdate melalui facebook grup saja.

Para dermawan selain blogger dan pengguna akun jejaring sosial akan mendapatkan laporan keuangan melalui email. Intinya catatan keuangan akan kami lakukan secara transparan kepada para peserta Arisan Buku Blogger.

Uangnya dikirim kemana?

Untuk uang arisan hanya bisa ditransfer melalui satu rekening saja. Berikut ini adalah nomor rekening Arisan Buku Blogger:

BCA Cabang Sunter mall, Jakarta Utara

428 180874 0

a.n Azis Muslim

Berapa Jumlah Uang Arisannya?

Arisan ini sebenarnya tidak ada hal baku yang mengatur jumlah uangnya, tapi untuk memudahkan pencatatan maka disepakatilah uang arisan sebesar Rp 10.000.00,- (Sepuluh Ribu Rupiah) tiap bulannya.

Uang tersebut bisa dikirim ke rekening tiap bulan atau juga bisa mengirimkan sekaligus. Misalnya saya ingin mengirimkan uang untuk 10 bulan sekaligus (Juni 2012 s.d Maret 2013) di bulan juni 2012, maka uang yang ditransfer adalah Rp 10.000 x 10 Bulan = Rp 100.000 dibayar diawal bulan, yaitu bulan Juni.

Saran: Bagi non-nasabah BCA lebih bagus mengirimkan beberapa bulan sekali, karena biaya transfernya lumayan, Rp 5.000,-

Nah, besar uang tersebut adalah arisan “wajib“nya. Kemudian jika ada dermawan yang akan mengirimkan uang lebih dari itu, boleh.. silakan. Uang selain 10 ribu juga akan masuk menjadi bagian dari Arisan Buku (juga dibelikan buku). Sekali lagi, tambahan tersebut tidak wajib. Tinggal nanti jika ada yang mau memberi melebihi 10 ribu, konfirmasikan saja via email atau kirim message ke admin group.

Bagaimana Cara Gabungnya?

Iya, pertanyaan penting dan bagus. Jangan sampe kirim uang dulu, baru gabung😆

Bagi yang ingin bergabung bisa langsung merapat ke grup facebook di sini. Atau juga bisa via email arisanbukublogger@gmail.com dengan mengirimkan data diri secara singkat (Nama, Fb/ Twitter, Url Blog). Oiya, yang sudah bergabung di facebook group otomatis menjadi peserta arisan ya? Kalau hanya ingin tahu saja, bisa tanya-tanya ke saya kok😀

Jika ada yang mau ikut, tapi tidak ingin diketahui namanya. Bisa mengirimkan pesan langsung ke admin melalui kontak di atas.

Url grup Facebook: https://www.facebook.com/groups/arisanbukublogger/

Arisan Buku Blogger dimulai bulan ini (Juni 2012) dan uang hasil dari Arisan Buku Blogger perdana akan disumbangkan dalam bentuk buku untuk sebuah perpustakaan di TPQ Al-Huda. Lokasi di daerah Banjarnegara – Jawa Tengah atas rekomendasi seorang blogger di sana Idah Ceris.

Ingat ya, buku hasil dari arisan akan disumbangkan sepenuhnya kepada pihak yang membutuhkan. Jadi, jika anda melihat/ mengetahui ada daerah yang membutuhkan buku, silakan layangkan email dan review tempat tersebut diblog. Dan insya Allah akan di follow up oleh tim arisan buku.

Bagi yang belum berpenghasilan bisa turut kontribusi dengan cara memberitahukan (sosialisasi) tentang Arisan Buku Blogger ini kepada orang lain. Siapa tahu mereka tertarik untuk ikut😀

Mari kita mulai Arisan. Arisan untuk membantu sesama. Dengan begitu, setidaknya kita telah berperan serta membantu pemerintah untuk mencerdaskan bangsa😀

P.S

Jika anda ingin menyumbangkan dalam bentuk buku, maka bisa bergabung dengan group facebook BHSB (Blogger Hibah Sejuta Buku)

Sumber gbr: http://timeontaskva.com

62 responses to “Arisan Buku Blogger

  1. Ternyata yang ditunggu-tunggu sudah dimulai tah? Saya catat noreknya dulu,Mas. Nanti kalau sudah transfer saya kabari. Oh ya, adakah no hp yang bisa dihubungi untuk konfirmasi transfer, soale saya nda rutin buka fb. Tolong di sms saja ya, Mas. Matur nuwun.

  2. Wewww … ketinggalan zaman eum. Bli, merapat donk saya nih … masih pelajar gini, gak apa-apa kan, kakakkk? hehe😆

    Data dirinya bisa via DM aja yaaaa😀

  3. MBak Anaz emang gak pernah kehabisan ide… benar2 luar biasa.
    Salut banget… padahal kegiatan hibah buku juga masih jalan kan?
    Kegiatan ini pasti akan sangat bermanfaat bagi orang2 yg membutuhkan..🙂

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s