Burjo, Merakyat Nan Nikmat

KulinerBurjo, sebutan suatu makanan dengan nama lengkap Bubur Kacang Ijo. Jenis makanan ini biasanya banyak dijual bebas secara luas oleh pedagang kaki lima. Dengan harga jual yang relatif murah untuk kalangan menengah ke bawah makanan satu ini jenis makanan merakyat.

Dimanapun tempatnya, burjo terbentuk dari kacang hijau (ya iyalah, masa kacang polong). Dengan sedikit sentuhan dari para pembuatnya, burjo bisa menjadi makanan murah yang istimewa nan lezat. Terbukti beberapa restoran ternama menyediakan menu tersebut, dan tak sedikit yang menggemarinya.

Tidak sembarang murah dan merakyat, burjo diburu banyak orang karena kandungan gizinya. Penganan berbahan dasar kacang hijau ini mengandung protein yang cukup tinggi. Tak hanya itu, kalsium dan fosfor yang berfungsi untuk memperkuat tulang pun ada padanya. Lemak yang terkandung juga tidak berbahaya karena didominasi lemak tak jenuh. Asupan lemak tak jenuh ini penting untuk kesehatan jantung.

Bagi anda seorang pria yang baru menikah sangat dianjurkan makan burjo. Jenis kacang-kacangan ini mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria. Tidak hanya itu, burjo mengandung banyak protein (multi protein).

Cara membuat burjo cukup mudah dan praktis. Hanya beberapa bahan yang dibutuhkan sangat sedikit, kacang hijau, santan, gula pasir/ gula aren. Jika anda ingin mencoba kemampuan memasak, silakan saja. Banyak tutorial cara memasak burjo di internet maupun majalah masakan. Atau mungkin punya resep turun temurun?

Saya sendiri punya resep burjo andalan. Saat lajang, saya sering bereksperimen membuat burjo. Setelah punya istri tentu saja tidak bikin burjo sendiri. Namun sayang, keinginan menikmati burjo rumahan akan kandas sebab istri saya bukan penggemar burjo, hahaha. (Iya dong, dia kan penggemarku :oops:)

Nah, bagaimana? Penyebutan burjo makanan merakyat nan nikmat serta penuh gizi tidak terlalu berlebihan bukan?

Apakah kalian penyuka burjo?😀

:mrgreen: *Selamat menikmati burjo*:mrgreen:

Sumber gbr: dodonjerry.blogspot.com

17 responses to “Burjo, Merakyat Nan Nikmat

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s