Fungsi Blogroll

InterTekFungsi Blogroll sangat penting bagi sebuah blog. Selain untuk menambah daftar blog untuk kita kunjungi, blogroll juga menandakan seberapa terkenalnya suatu blog, hehe. Semakin banyak daftar blog yang tercantum, berarti semakin tinggi pula aktivitasnya dalam dunia blogging. Dan tentu saja akan mudah terkenal di dunia maya bukan?

Masih ada yang belum tau apa itu blogroll? Gampangnya, blogroll itu adalah daftar tautan yang menuju suatu blog, baik itu blog orang lain maupun blog lain dari sang pemilik. Jika masih bingung, bisa dilihat blogroll saya pada menu laman (atas). Begitulah kira-kira, deskripsinya bisa disimpulkan masing-masing ya?😀

Letak blogroll biasanya ada di sidebar blog, tapi tidak semuanya sama, tergantung pada pemilik blog. Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing tentang letak sebuah blogroll. Ada yang meletakkan di sidebar, ada juga yang meletakkannya di halaman seperti saya.

Cara membuat widget blogroll sangat mudah, berbagai tutorial bertebaran, mulai dari blogroll yang hanya berbentuk tulisan hingga yang ada thumbnailnya. Tinggal ketikkan kata kunci pada search engine seperti google, pasti anda bisa dengan mudah menemukan dan mengaplikasikannya.

Keberadaan blogroll bagi saya sudah agak terlupakan, seiring bergabungnya saya dalam banyak komunitas blogger baik di facebook maupun twitter. Blogroll yang tujuan utamanya untuk mempermudah sistem blogwalking saya, kini terbenggalai. Saya hanya melakukan blogwalking berdasarkan artikel yang di share ke group saja.

Fungsi blogroll mungkin sudah kurang diperhatikan lagi oleh para blogger yang sudah bergabung dengan berbagai komunitas. Begitu pula yang terjadi pada saya. Pertanyaannya, akankah widget blogroll kita masih perlu dipertahankan? jawabannya ada pada diri kita masing-masing sesuai dengan tujuan pembuatan blogroll itu sendiri. Bagaimana dengan kalian?😀

55 responses to “Fungsi Blogroll

  1. saya juga mas arie..blogroll sudah terabaikan..tapi BW dan komen nya masih tetap berjalan..paling blogroll di tempat saya, terkhusus memang bukan blog teman-teman..blog teman2 yang sering sy kunjungi biasanya saya bookmark langsung di browser saya–jaga-jaga jika lupa alamatnya..

  2. Blogroll itu sebenarnya bisa dikatakan sebagai tanda silaturhami atau dengan kata lain kita dapat menautkan alamat url yang kita anggap cocok sebagai teman blogger untuk saling silahturahmi.🙂

  3. blogroll masih saya pertahankan tapi tidak lagi diserahkan ke widget sidebar/footer, melainkan di page khusus. alasannya teknikal, untuk menghemat query ke database, karena setiap link yang ada di homepage akan ditelusuri satu per satu oleh crawler dan perlu http request. nah kalo ada ratusan apalagi sudah ribuan link di homepage…wah gawat:mrgreen:

  4. Untuk blog roll … saya juga pakai blog tersendiri … di blogspot … (seperti punya Pak Mars atau Kak Monda …

    supaya lebih kelihatan siapa yang baru update
    Dan ini sangat berguna bagi saya

    Salam saya

Komen

