Mendongeng Bersama Istri

Ada saja usaha saya untuk melanggengkan hubungan antar suami-istri, salah satunya dengan mendongeng. Ya, akhir-akhir ini saya terbiasa mendongeng kepada istri, hihi. *Sebelum punya anak, dongengnya kepada istri dulu* Meskipun dongengan dan cara mendongengnya berbeda, tapi tetap saja namanya dongeng.

Kali ini aku masih tertarik menulis dengan tema yang sama seperti kemarin, tentang dongeng :mrgreen:

Waktu kecil kita sering mendengar dongeng tentang karakter dari negeri antahberantah, maka sekarang dongeng yang saya ceritakan kepada istri adalah kisah nyata. Kisah nyata yang terjadi pada para ulama dan orang-orang sholih jaman dahulu.

Ternyata keseringan membaca buku-buku tentang kisah-kisah teladan para sahabat nabi, dan para ulama’ sholih bersumber hadits shahih membuatku semakin gemar mendongeng. Kisah nyata dari mereka sangat menakjubkan, dan patut kita jadikan teladan.

Dengan mendongeng kepada orang lain, banyak lho kisah orang-orang sholih yang belum kita ketahui. Makanya sering saya katakan kepada istri bahwa kita tak boleh sombong dengan tidak mau mengkaji ilmu agama, sebab islam itu luas. Bahkan sholat saja, yang sering kita kerjakan, masih banyak yang belum kita ketahui ilmunya dengan benar.

Kembali ke cerita…

Istri saya sangat antusias kalau denger cerita tentang teladan dan sikap orang jaman dahulu yang kadar ketaqwaannya bagus. Makanya saya jadi lebih senang mendongeng cerita nyata tersebut. Kenapa demikian? sebab cerita yang saya sampaikan belum pernah ia dengar sebelumnya. Diakhir dongeng, saya beritahukan sumber haditsnya.

Meskipun tidak bisa hafal semua kisah yang saya baca, tapi saya sangat senang jika istri juga senang😀 Bercerita kepada istri juga lebih mudah, tidak seperti ceramah. Rasanya lebih santai dan bisa sambil bercanda. Mungkin disitu letak penyebab kelanggengan suami-istri yah, xixi:mrgreen:.

Ada nggak nih yang mau saya dongengi? hihi. Sebenarnya saya juga mau sih menceritakan kepada kalian, cuman gimana caranya, hehe.

Tadi pagi saya iseng mencari beberapa kisah yang sudah saya ceritakan kepada istri di internet. Dan akhirnya nemu satu Kisahnya Abu Qudamah Asy-Syami yang diambil dari kitab Shifatus Shofwah, ada yang mau baca nggak? silakan baca di sini.

Menurutku, cerita kisah nyata para ulama lebih menarik dan bagus daripada hanya sekedar dongeng fiktif. Meskipun sama-sama terdapat hikmah baik di akhirnya. Jadi, insya Allah saya akan terus belajar lagi menggali wawasan berdasarkan dalil, agar kelak bisa diceritakan kepada anak-cucu kami😀

Yang sudah beristri bisa menambah hubungan semakin erat, yang belum beristri, perbanyak membaca biar bisa mendongeng saat sudah punya istri😀

Mendongeng bersama istri itu, seru! Yuk ah, kita belajar mendongeng yang tak sekedar dongeng ^^

Sumber gbr: ikanbakar17wib.wordpress.com

35 responses to “Mendongeng Bersama Istri

  1. sy komen untuk 2 postingan sekaligus ya.. Kl mendongeng utk anak2 sering tp kl di dongengin sm suami blm pernah sama sekali.. Hehee..

    Manfaat mendongeng banyak banget dan sy sangat merasakannya sekarang teradap anak2🙂

  2. Asslaamu’alaikum wr.wb Ari…

    Dalam kesempatan yang ada ini, bunda dengan hati yang tulus ikhlas ingin mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IEDUL ADHA 1433H.

    Semoga takbir yang bergema membawa seribu keberkatan bersama-sama erti pengorbanan sebenar.

    MAAF ZAHIR DAN BATIN.

    Salam Iedul Adha dari Sarikei, Sarawak.

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s