Rekber (Rekening Bersama)

Istilah Rekber sudah tidak asing lagi ditelinga seorang yang suka berbelanja/ menjual barang melalui internet. Rekber itu singkatan dari Rekening Bersama. Dalam jual beli online sebagian orang lebih menyukai forum yang menyediakan fasilitas rekening bersama daripada yang lain karena lebih aman.

Saya sendiri baru ‘ngeh’ tentang rekber itu baru beberapa bulan ini saja. Bermula dari salah seorang customer saya yang menanyakan tentang penggunaan rekening bersama (rekber). Setelah bertanya kepada beberapa kawan dan hasil dari browsing, kini saya tau penggunaan rekening bersama dalam sistem jual beli online.

Fungsi Rekber

Rekening bersama hanya terdapat pada forum jual beli saja, seperti ekios.com dan yang lainnya. Sebenernya rekber hanyalah istilah saya yang pada faktanya sama seperti rekening lain. Hanya saja perbedaan rekening pribadi dengan rekening bersama adalah pada penggunaannya. Sesuai makna harfiahnya, rekening bersama adalah suatu rekening yang digunakan secara bersama.

Begini. Rekening bersama dimiliki oleh pihak penyedia website (forum), saya ambil contoh ekiosku.com biar mudah. Jadi, ekiosku.com terdiri dari banyak penjual. Ketentuannya, si penjual barang yang menjadi member ekiosku.com harus menyetujui syarat rekening bersama. Sehingga kesimpulannya, si calon pembeli harus membayar ke rekening bersama dahulu ketika melakukan transaksi. Nah, sebelum si penjual mengirimkan barangnya, uang dari si pembeli akan tetap tertahan di rekening bersama pihak penyedia website. Jika suatu saat ada penjual nakal tidak mengirimkan barangnya kepada pelanggan, maka uang akan dikembalikan ke pelanggan 100 % kecuali jika rekening dari si pembeli berbeda bank, maka akan dikenai biaya administrasi bank.

So, dengan adanya rekening bersama, jual beli online aman akan mudah tercapai. Maka dari itu, rekber sangat penting dalam sistem jual beli secara online di internet.

Namun, biasanya pihak penjual yang kurang setuju dengan sistem rekber dalam proses jual beli. Sebab mereka tak bisa berbuat kecurangan. Ya jelas, penyedia web tidak akan mengirimkan uang ke penjual jika customer belum mengkonfirmasikan bahwa barang tersebut sudah sampai dan benar. Tidak hanya sampai ditujuan, tapi juga barang yang dibeli benar-benar sesuai pilihan customer sendiri.

Sekarang, apakah masih ragu jual beli secara online?

Jika anda tidak tau forum mana saja yang biasanya menyediakan rekber dalam proses jual beli. Ekisoku.com menjawab semuanya. Ekiosku.com jual beli online aman dan menyenangkan:mrgreen:

10 responses to “Rekber (Rekening Bersama)

  1. Rekber? hehehheh kalo ragu sama penjual biasanya saya pake itu mas. Supaya nggak menyesal dikemudian hari karena kehilangan. Walaupun ada biaya adminya, yang penting semua senang

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s