Mau Bergabung Dengan Milis Peduli Halal?

Setelah membicarakan tentang halal, saya mau berbagi dengan temen-temen mengenai mailing list (milis) tentang kelompok peduli halal. Sudah beberapa bulan terakhir saya gembira karena telah bergabung dengan group orang-orang peduli halal. Antusiasme saya untuk peduli halal semakin meningkat gara-gara mengikuti milis tersebut.

Nama milis yang saya ikuti adalah Halal-Baik-Enak. Tidak hanya peduli halal, dalam group itu sering berdiskusi hal-hal yang baik dan enak berdasarkan dalil. Tidak semua makanan yang halal itu baik dan tidak semua yang baik itu enak, semua dikupas dalam milis tersebut. Group yang didirikan sejak 14 Agustus 2003 itu sampai saat tulisan ini dibuat sudah ada 3763 member di seluruh Indonesia.

Berikut kutipan deskripsi grup HBE, sekaligus visi misinya yang saya kutip langsung:

BismilLahi Rohmannir Rohim
Assalamu’alaikum wa RohmatulLahi wa Barokatuh
Hallo, selamat datang di milis “halal_baik_enak”.

Milis ini didedikasikan untuk umat islam yang mencari makanan yang mampu menjawab pertanyaan di bawah ini dengan kata “YA”

  1. Apakah makanan yang saya makan HALAL?
  2. Apakah makanan yang saya makan BAIK?
  3. Apakah makanan yang saya makan ENAK?

“Setiap daging yang tumbuh dari makanan haram, maka api neraka lebih utama baginya ” ( HR Tirmidzi dari Ka’ab bin Ajazah r.a)

“Allah mempunyai malaikat di atas baitul maqdis yang menyeru setiap malam, barangsiapa makan haram tidak diterima darinya amal ibadah dan amal baiknya” 
(HR Dailami dalam Musnad Firdaus dari Ibnu Mas’ud r.a)

“Seorang lelaki berdo’a, Ya… Allah, Ya… Allah, sedang makanannya haram, minumannya haram, dan pakaiannya haram, ia diberi makan (sejak kecilnya) dengan yang haram. Bagaimana mungkin do’anya dikabulkan ” 
(HR Muslim dari Abi Hurairah r.a)

Entah sejak kapan dan darimana saya mendapatkan milis ini, yang jelas berada disekitar orang-orang satu misi dan misi (peduli halal) membuat hati saya semakin semangat untuk meniti semua jenis makanan halal. Setidaknya untuk diri saya pribadi dan keluarga bertambah wawasan tentang mana produk halal dan mana yang haram.

Jika kita menemukan sesuatu yang masih meragukan kehalalannya, kita juga bisa bertanya di milis tersebut, barangkali ada yang sudah pernah mengalami hal yang sama (mendapati makanan yang sama) dengan kita dan sudah mengetahui jawaban yang kita cari, halal atau tidak. Sehingga kita semakin gamblang dengan apa yang boleh dimakan dan mana yang tidak boleh dimakan karena status kehalalannya.

Mengapa hal ini begitu penting, sebab sebagaimana hadits terakhir kutipan saya dari milis HBE, bagaimana mungkin doa kita terkabul jika makanan yang kita makan adalah haram -naudzubillah-.

Bapak Anton Apriyantono, sebagai ahli halal juga ada dimilis tersebut. Begitu juga dengan orang-orang yang mendukung dan peduli halal. Nah, minggu kemarin beberapa anggota milis mengadakan rapat koordinasi untuk mengajukan Undang-Undang Pelabelan halal kepada DPR RI untuk setiap produk kemasan. Baik itu makanan, minuman, kosmetik, maupun yang lain.

Bagi yang tertarik untuk ikut, silakan join ke group dengan cara klik di sini. Silakan baca terlebih dahulu Peraturan Milis sebelum anda masuk, agar tidak bingung dan was-was.

So, halal itu WAJIB. Meskipun tak ikut milis, dimanapun dan bagaimanapun sebisa mungkin kita usahakan makanan – minuman yang kita konsumsi adalah HALAL. Insya Allah, beberapa tulisan ke depan saya akan menulis tentang HALAL. Smoga semakin banyak umat muslim yang sadar dengan status HALAL pada semua produk.

2 responses to “Mau Bergabung Dengan Milis Peduli Halal?

Komen

