Kopdar Itu Seru

Kopdar Itu SeruSiapa tak kenal kopdar, istilah yang biasa terdengar bagi seorang blogger yang eksis. Ya nggak mesti harus eksis sih, blogger yang nggak eksis juga sering denger pastinya. Kopdar, ada yang baru denger kata itu, ada yang udah biasa denger tapi belum ngerasain, ada yang udah ngerasain sekali dan pengen lagi, bahkan ada yang udah berkali-kali.

Kopdar biasa orang menyebutnya sebagai kopi darat. Bukan salah satu jenis kopi baru, tapi kopdar lebih dari secangkir kopi. Kopdar biasa diartikan ngopi bareng di darat. Kalau ngopi di laut ya pastinya susah lah… Masa ngopi sambil berenang, tentu nggak bisa naruh cangkirnya, haha

Awal kali kopdar saya sebagai seorang blogger terjadi pada sekitar tahun 2010, saat itu masih rame-ramenya dan masih semangat-semangatnya ngeblog. Setiap hari rasanya kita bisa bertemu kawan-kawan blogger lain untuk bersilaturahmi, yah meskipun tidak menghabiskan silaturahmi hanya di internet tapi rasanya antar sesama blogger saling terikat rasa persaudaraan gitu.

Tiap kali nulis komentar bisa direply hingga berbaris-baris, panjang. Apalagi jika ada yang menimpali (kayak apa aja, menimpali) pasti akan lebih panjang. Dan itu dilakukan bukan hanya oleh seorang blogger saja, tapi semua blogger. Dari ikatan secara tidak langsung itulah rasa persaudaraan antar blogger timbul dengan sendirinya. Bahkan banyak yang hingga akhirnya berlanjut di dunia nyata dalam bentuk kopdar.

Itulah kopdar, bertemu untuk meneruskan hubungan dari dunia maya ke dunia nyata. Kopdar itu bagaikan melanjutkan aktivitas tulis menulisnya di dunia nyata. Kopdar itu memindah tempat curhat dari internet ke warung kopi. Kopdar itu mengubah kawan dalam tulisan menjadi seseorang yang nyata. Kopdar itu menjadikan silaturahmi tetap terjaga. Kopdar itu seru.

Yang belum pernah kopdar padahal udah lama melintang di dunia persilatan, eh, perbloggeran selamat… anda penasaran😛

6 responses to “Kopdar Itu Seru

  1. Ya Kopdar itu memang seru …
    Tetapi menurut pengalaman saya …
    Kopdar itu baru gayeng kalau peserta kopdarnya tidak lebih dari 10 …
    sehingga intensitas ngobrol antar anggota kopdar bisa lebih akrab

    kalau lebih dari 10 … rasanya mungkin terlalu banyak … sehingga ngobrolnya hanya sambil lalu … dan kalaupun ngobrol intens itu hanya antar 2 – 4 orang teman terdekat saja

    salam saya Ari

  2. Berawal dari keakraban di time line, akhirnya mereka mencoba ngadain kopi darat nih bradsis. Biar nambah meriah acaranya, mereka juga mengundang admin twitternya Yamaha Indonesia, dan ternyata disambut baik dengan mendukung acara kopdar para admin ini.

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s