Ruwetnya Sistem Pendaftaran Online BPJS

daftar online bpjs kesehatan

Mungkin ada yang belum mengetahui bahwa sistem pendaftaran BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online. Buktinya masih banyak masyarakat yang masih mendaftar secara manual di Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Sehingga antrian yang terjadi begitu panjang. Padahal di sana ada fasilitas komputer dengan koneksi internet yang bisa digunakan untuk mendaftar secara online.

Sebelum berbicara lebih jauh silakan cobalah lakukan DAFTAR BPJS ONLINE terlebih dahulu (Jik muncul iklan, klik SKIP AD dipojok kanan atas)

Nah bagi yang sudah tahu, daftar BPJS secara online pasti testimoninya berubah, yang awalnya terlihat mudah sekarang menjadi susah. Betapa tidak, ada saja kendala atau masalah dalam sistem online. Padahal website BPJS-Kesehatan.go.id sudah diperbaharui tampilannya. Ternyata masih saja banyak kendala, itulah gambaran ruwetnya sistem pendaftaran online BPJS kesehatan😀

Kegagalan Sistem Pendaftaran Online BPJS

Sepertinya pemerintah belum terlalu matang mempersiapkan sistem online BPJS. Terbukti setelah saya posting cara daftar BPJS secara online di blog, banyak pertanyaan dan komplen dari masyarakat tentang kegagalan yang dialaminya selama proses pendaftaran online. Berikut beberapa kendala saat pendaftaran BPJS online:

  • Notifikasi gagal dikirim ke alamat email

Saya juga mengalami sendiri saat pertama kali daftar BPJS. Data sudah berhasil tersimpan akan tetapi notifikasi email tidak terkirim. Padahal dalam notifikasi tersebut ada link form yang sudah terisi juga nomor virtual account yang harus dibayar

  • Sudah bayar virtual account tapi tidak bisa aktivasi e-ID

e-ID berfungsi sebagai pengganti kartu BPJS, sehingga harus diprint. Sedangkan untuk bisa ngeprint e-ID harus lewat notifikasi alamat email. Tapi ada banyak orang yang gagal aktivasi dari email. Padahal sudah terbayar, huff.

  • Disuruh mengisi nomor rekening

Beberapa orang telah mengabarkan pada kolom komentar bahwa dirinya terkendala daftar BPJS secara online jika harus mengisi nomor rekening. Sebab tidak semua orang mempunyai rekening di bank.

Demikian beberapa kendala sistem pendaftaran secara online yang banyak dialami oleh masyarakat awam. Kekesalan para pendaftar online BPJS dilampiaskan pada kolom komentar tulisan saya di aritunsa.com😀 Semoga masalahnya cepat selesai.

Daftar Langsung Tapi Harus Rela Antri

Solusi jika daftar online gagal terpaksa harus rela antri panjang untuk mendaftar BPJS. Kalau sistem offline seperti itu insya Allah tidak ada kendala, hanya masalah waktu saja yang menjadi gangguan. Apabila Anda mendaftar langsung ke kantor cabang, sebaiknya datang lebih pagi agar tidak terlalu antri, lebih bagus lagi sebelum kantornya buka.

Caranya kita datang ke kantor untuk mengambil formulir dan mengisinya di rumah. Sembari mempersiapkan beberapa syarat pendaftaran BPJS yang diminta. Kelebihannya bisa lebih santai isi formulir pendaftaran di rumah. Keesokan harinya tinggal datang untuk menyerahkan form dan persyaratannya lalu tinggal nunggu sesuai nomor antrian. Selesai semoga bermanfaat.

***

DAFTAR ONLINE BPJS KESEHATAN TERBARU 2015

Paling Sering Dibaca:

26 responses to “Ruwetnya Sistem Pendaftaran Online BPJS

  1. sistem BPJS emang masih berantakan
    baru sekitar seminggu yang lalu saya mengantarkan sepupu untuk daftar BPJS ke kantornya langsung dan antrinya luama (pke banget) dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore
    sebagai orang farmasi rasanya geram deh klo begini

  2. hmmmmm……setiap kali daftar online pasti aja ada masalah yang berbeda-beda…gak pernah muluss…..sampai saat ini sepertinya pihak bpjs masih adem ayem, padahal daftar online sangat membantu mengurangi pendaftaran manual di kantor bpjs. kalau sulit (dan dipersulit) gimana mau beres Indonesia????????

  3. Aada lagi kekurangan dari sistem pendaftaran di BPJS..khususnya BPJS Bogor (domisili saya di Bogor). Untuk daftar langsung..pada umumnya cara kerja di setiap kantor seperti,telkom,PLN,PAM dll. Jam Kantor beroperasi pada saat itulah baru dibagikan nomor antri. Tapi lain di BPJS Bogor..Kantor msh tutup..Jam kerja blm beroperasi tapi Nomor antrian tetap ada yg membagikan..dan ketika paginya jam kerja beroperasi Nomor antrian sudah habis. Para Pendaftar pun bnyk yg kecewa. Entah memang demikian sistemnya atau ada oknum yg memperjualbelikan nomor antrian kepada orang yg datang pada saat jam kerja blm beroperasi..

  4. bener tuh masih penjajalan kali ya sistem onlinenya banyak error nya..ada notifikasi email tp susah verifikasi datanya..pas di buka eh ga ada virtual accoutnya atw no kartu null..yg lebih parah yang muncul nama orang lain pdhl dah bener ngisinya tuh jd kepaksa di benerin secara offline

  5. Betul, masalah baru timbul saat daftar online , tgl 14 Oktober ,saya coba bantu temen saya daftar online, tapi ada tambahan menu yaitu harus isi no rekening bank salah satu dari bank yang bekerja sama dengan BPJS yaitu bank BNI, BRI atau Mandiri, jika tidak terisi maka tidak akan sukses. bagaimana jika masyarakat awam / orang desa / orang kampung pedalaman misalnya jika tidak punya rekening bank,maka akan terpaksa dafta langsung ke kantor BPJS terdekat tapi ya antriannya yang bikin malas masyarakat yang ingin daftar BPJS
    dan masalah ke 2 timbul saat pengisian form online sukses dan terkirim ke alamat email kita, sampai dengan 2 hari ini konfirmasi email dari BPJS Online di inbox email saya belum masuk juga. hal ini sudah dikonfirmasikan ke pihak BPJS infonya bahwa 1×24 jam ditunggu saja karena disystemnya terlalu crowded sehingga email notifikasinya antri.

    Kepada pihak BPJS terkait mohon solusi atas hal ini.
    Apakah bisa dibantu ? bagaimana caranya , apakah telpon ke 500400
    dengan menyebutkan no registrasi BPJS Online dan lain lain.

    Terima kasih

  6. sudah ada yang sempat lapor ke kantor pusatnya di cepaka putih ga???
    soalnya kalau telp ke hotlinenya jawabnya gampangin aja, suruh buat ulang katanya……

    semoga bisa dilapor ke Jokowi nih…..
    salam 3 jari

  7. itu mengatasi Notifikasi gagal dikirim ke alamat email gimana ya gan ? apa harus di tunggu sampai dikirim email ? atau datang ke kantor bpjs setempat ? udah 2 hari gak ada email notifikasi di email saya.

    mohon bantuanya gan

  8. Setelah berkali-kali gagal daftar BPJSOnline, akhirnya dengan ganti email, akhirnya bisa juga terdaftar. intinya jangan mudah menyerah, coba lagi dan coba lagi

  9. email notifikasinya kalo ga ada di inbox biasanya masuk ke folder spam,pindahkan ke folder inbox sama kita,nanti baru aktif notifikasinya

  10. Anehnya yang bikin aturan , masyarakatnya disuruh sehat dan terdaftar BPJS. sejarang ini daftar aja ribet daftar online sering udah dibayar kartu ID tdk bisa dicetak, harus masukan alamat emaii ,no rekening, no hp masing2 kk , kl daftar ofonline/langsung cabang lebak hrs semua anggota yg ada di kk didaftar dan yang mendaftarkannya yang bersangkutan (kk) kalau tidak, pake pernyataan , daftar harus kk yg bersangkutan kalu tidak bikin pernyataan …..ola…..la..la udahmah suruh daftar aja susah .bidan dengan blusukan sukarela mencari bumil untuk didaftar BPJS. agar lahir oeh bidan/puskesmas dengan mendaftarkan baik online maupun langsung.hawatir kematian pada ibu dan bayi akan bertambah lagi ……… …tapi ginilah……????? ……kasihan pada bidan banten selatan yang kena puskemas fokus penyumbang kematian ibu dan bayinya terbanyak

  11. Ping-balik: Daftar BPJS Online Tanpa Calo | Tunsa·

  12. pekerja dan system perlu REFOLUSI MENTAL DAN UPDATE susahnya kebangetan. bangsa yang tidak akan pernah maju, hanya slogan, perlu beli cermin yang sangat besar. moga moga tidak terlihat tampilan monyet.

  13. bpjs sistemnya penerimaan pesertanya terlalu ribet, yang mana pengalaman saya yang tadi siank, sy sudah mendaftarkan istri saya lewat online.. dan mengisi kolom2 bla bla bla….dan akhirnya sudah mendapat virtual account bank, besok seninya saya bayar di ATM, setelah selesai pembayaran, saya pun mengaktifkan lewat email dan mendapat nomer ID bpjs atas nama istri saya, next saya coba ke kantor bpjs untuk mendapat kartunya … ujung2nya saya suruh antri juga, seharusnya sih untuk pendaftaran online dan offline harus dipartisi ( di pisah ) karena sebagian online sudah membayar dibank dan id nya sudah jadi.. so jadi tinggal print, eh gak taunya suruh antri di orang offline yang antriannya kayak semarang-jakarta. percuma lah daftar online maupun offline sama2 antri… untuk mendapatkan antrian.. haduh ribet2 kenapa sudah online harus di verifikasi kembali yah .. padahal kan ID nya sudah jadi harusnya tinggal print aja selesaii.. itulah sekilas pengalaman saya, moga bisa membantu tau buat referensi pengalan..

  14. susah nya daftar online BPJS, pelayanan publik di indonesia kacau, tidak profesional buat sistem yang asal asalan

  15. Bagi yang sudah berhasil sampai save data, bagaimana caranya ya untuk pilih desa/kel, kec, tapi gak ada pilihannya,ketika klik jawa timur eh bawahnya kosong melompong….gmn donk masak harus antri sih

  16. iya, memprihatinkan, lembaga yang mengurusi orang banyak kok gak becus bikin web, padahal dana ada. apa harus minta bantuan Google untuk membuatkan sistem databasenya? kan bahaya, data warga negara.

    Saya coba daftar online, milih kecamatan saja gak bisa, aneh. juga, karena gak terhubung ke data kependudukan, kita meng-input NIK sembarangan asal 16 angka juga bisa.

    BPJS bangun dong ……… kereta jaman sudah melaju kencang.

  17. Kalau kita klik Jawa Timur dibawahnya kosong, kita klik gambar cangkir terbalik disamping tulisan Jawa Timur, nanti akan muncul pilihan selanjutnya.

  18. Teman-teman semua, memang mendaftar online banyak kendala seperti yang disebutkan di atas, tapi jangan menyurutkan niat kita untuk daftar online, malah kalau bisa bantu sesama, daripada mereka harus antri ber-jam2..Selama tahun 2014, yang paling parah pada bulan September yang berhenti total sampai 2 mingguan, tapi sekarang relatif lancar, notifikasi email ga pernah masuk spam, balasan di email langsung masuk dan cetak kartu juga lancar. Ini saya alami sendiri.Sebelum kita mulai siapkan dulu data lengkap, jangan sampai salah memasukkan data, kalau ada internet banking, sehingga kita bisa langsung bayar dan mesin cetak. Kesabaran juga dituntut. Ayo daftar online!!!!

  19. tadinya mau buat bpjs melalui online tapi ditolak hehehe,, karna salah satu anggota keluarga sudah terdaftar di kantor bpjs… dari pada antri bikin ribet,mendingan ga usah punya bpjs,,kalo sakit beli obat warung aja deh

  20. Bener gan ada yg tau gak cara daftar online…msalah 1 dari kk udh kedaftar..trus sisanya ga bsa di daftar online.. harus ke kantor bpjs…lumayan jauh..ada solusi kagak

  21. Apa yang di Sebut temen-temen di atas betul sama pemasalahannya…. saya setuju kalau BPJS kembali kepada Sistem Pendaftaran nya ke Tahun 2014,cukup NIK saja langsung terdaftar… Kepada Yth Pimpinan BPJS coba lah di kaji ulang, sementara BPJS sendiri Dan Pemerintah menganjurkan agar pendaftaran melalui lebih efektif tapi kenyataan nya Bohong Banget.. Jangan mempersulit masyarakat menengah kebawah dan jangan hanya slogan saja bahwa BPJS dari masyarakat untuk Masyarakat…. Beri ketegasan …kalau memang pendaftaran On line tidak Boleh..!!! KATAKAN TIDAK … !!!! Saya menyarankan Agar BPJS Tingkat Kabupaten atau Kota Madya untuk Nomor Kartu Keluarga / KK cobalah mengacu kep Data DInas Kependudukan ( DISDUK ) kabupaten atau Kodya setempat…. agar tidak terjadi saling menyalahkan antara pihak BPJS dengan Dinas Kependudukan setempat. Hal ini sering terjadi ketikan seseorang mendaftar BPJS dengan KK yang terbaru kemudian di temukan ” NO.KK TIDAK DI TEMUKAN ” sehingga pendaftaran tidak bisa di lanjutkan. oleh karena itu Cobalah BPJS Mengacu ke server Dinas Kependudukan kabupaten /Kota madya setempat. kalau memang itikad BPJS mau menolong Masyarakat… Jangan mempersulit masyarakat,kasihan Masyarakat selalu di bodohi dengan Program-Program yang menjajnjikan.
    jangan – jangan BPJS hanya mau mengeduk keuntungan saja…. ??? dengan Premi yg note bene nya setiap bulan harus di bayar..( malah kalau telat di denda 2 % ).. jadi sekali lagi permudah saja cara pendaftaran On Line nya ….. kalau seperti sekarang ini, mana mungkin Target Pemerintah Tahun 2019 semua Masyarakat seluruh Indonesia menjadi anggota BPJS…. Kami Tunggu Jawabannya…!!!! dan terima kasih Atas Perhatian nya. Wassallam

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s