Memendam Perasaan dan Penyakit Sirosis

penyakit sirosisAssalamu’alaikum, Bu Nani yang saya hormati. Saya hendak curhat sama ibu. Memang yang namanya hidup itu tidak selamanya seperti apa yang kita kehendaki. Semua seakan-akan hanya kebahagiaan yang ingin kita dapatkan namun berkali-kali juga realitas mengatakan hal yang berbeda dengan yang kita harapkan sedari awal.

Hal itu pun juga sering saya alami, bahkan tidak hanya satu dua kali dalam hidup saya. Terkadang setiap kejadian yang menimpa hidup saya begitu pahit sehingga saya harus memendam rasa sakit yang begitu teramat.

Itupun juga terjadi secara berulang-ulang, dan terkadang setelah itu hati saya rasanya juga sakit secara fisik. Yang ingin saya tanyakan, apakah benar kalau sering menyimpan perasaan dan sering sakit hati bisa jadi penyakit sirosis?

Soalnya hati saya itu sering banget sakit. Mohon penjelasannya dan solusinya dalam menyelesaikan kondisi saya bu, terima kasih.

Jawab:

Wa’alaikumussalam Adinda tercinta, apa yang Anda rasakan saat ini memang membuat tidak nyaman. Ketidaknyamanan ini dapat di alami seseorang karena dampak dari pikiran yang berlebihan terhadap sesuatu hal atau karena situasi luar yang menyebabkan diri tidak merasa nyaman.

Sakit hati ya sakit hati, setiap orang pasti mengalaminya, hanya saja frekuensinya yang berbeda. Dalam hal ini apakah sakit hati akan berdampak pada penyakit sirosis, jawabannya adalah tidak. Penyakit serosis disebabkan oleh infeksi virus hepatitis yang merusak sel hati, bukan akibat dari dampak sakit hati.

Sakit hati ini terjadi kemungkinan karena penilaian diri yang berlebih tentang betapa mulianya diri kita ini, sehingga menurut alam pikiran kita adalah tidak pantas semulia kita ini mendapat kata-kata, sikap atau caci maki dari orang lain, oleh karenanya cobalah bersikap merendah agar sakit hati tidak menyelimuti diri Anda, karena dengan sikap merendah justru akan menaikkan nilai / harapan Anda bahwa Anda tidak seperti yang mereka nilai.

Dalam hal ini Anda harus faham bahwa menilai seseorang itu sepenuhnya hak orang lain, jadi Anda tidak perlu gelisah apalagi sampai mengganggu kesibukan Anda sehari-hari. Berpikir positif adalah jalan terbaik. Dengan demikian insya Allah sakit hati Anda menjadi berkurang sedikit demi sedikit.

Dra. Nani Kartikaningsih, Ahli Psikologi

One response to “Memendam Perasaan dan Penyakit Sirosis

Komen

