WordPress.com Sekarang Bisa Verifikasi Google Webmaster

WordPress.com sekarang bisa verifikasi google webmaster, saya baru tahu beberapa hari yang lalu saat membuat blog dummy dan iseng membuka satu persatu menu yang ada di dasbor WordPress. Sebelumnya saya sempat kaget karena ternyata blogdetik juga di dalam dasbornya mempunyai plugin yang menunjang. Wah, keren!

Google Webmaster merupakan layanan gratis (tools) dari Google untuk mengoptimalkan blog kita di search engine milik google. Setiap search engine biasanya memiliki tools serupa, misalnya bing webmaster dan lain sebagainya. Google webmaster tools (GWT) merupakan layanan yang akan membuat blog Anda populer di mesin pencari. Fungsi google webmaster sebenarnya sangat komplek jika dirinci.

Untuk dapat menggunakan layanan dari GWT, Anda harus mempunyai akun google terlebih dahulu. Jika belum punya silakan daftar di sini. Setelah pnya akunnya, sebuah blog harus disubmit dan verifikasi di webmaster. Cara verifikasinya dengan memasukkan kode dari GWT sesaat ketika menambahkan blog kita.

Jika menggunakan blogspot, Anda bisa memasukkannya ke dalam template. Atau upload ke public_html hosting apabila menggunakan WordPress self hosting. Berhubung WordPress.com tidak bisa di edit, maka kita tidak bisa memverifikasi blog dengan platform WordPress.com.

Kabar gembiranya, sekarang pengguna layanan ngeblog gratis dari WordPress.com kini bisa memverifikasi blognya ke Google Webmaster. Caranya relatif lebih mudah karena tinggal memasukkan kode verifikasi di dalam dasbor wordpress.

Cara Verifikasi Blog WordPress.com ke Google Webmaster

1. Login terlebih dahulu ke WordPress Anda

2. Login ke Google Webmaster Tools dengan akun yang telah Anda buat

verifikasi wordpress.com di google webmaster

3. Di dasbor GWT, klik “Tambahkan Situs” di pojok kanan atas, isi url blog yang akan Anda tambahkan

verifikasi wordpress.com di google webmaster

4. Verifikasi kepemilikan blog yang Anda daftarkan

Klik tab “Metode Alternatif” lalu pilih “Tag HTML” dan salin kode meta tag (dalam kotak) ke blog yang Anda daftarkan.  Caranya lihat di poin 5.

verifikasi wordpress.com di google webmaster

5. Masuk ke dasbor blog wordpress.com, pilih “tools” atau “perkakas”, paste kode meta tag pada poin 4 ke dalam kolom Google Webmaster Tools, setelah itu simpan. Lihat gambar.

cara verifikasi wordpress ke webmaster, WordPress.com sekarang bisa verifikasi google webmaster

6. Setelah meta tag disimpan di blog, maka klik tombol “Verify” pada poin 4. Selesai.

Data blog akan terrekam di webmaster tools setelah beberapa waktu. Setelah selesai verifikasi, yang harus dilakukan adalah submit sitemap blog, caranya akan diulas lain waktu. Lihat – lihat yang ada pada dasbor GWT, insya Allah bisa dimengerti maksud di dalamnya sedikit demi sedikit. Tutorial ngeblog yang lain bisa Anda lihat di sini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba😀

 

Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s