Kekuatan Senyum

Bismillah,

Senyum adalah salah satu obat penawar luka

Senyum bisa membuat orang lain bahagia

Senyumlah, niscaya hatimu akan diliputi kebahagiaan

Senyuman kepada saudara adalah salah satu cara yang termudah untuk memperoleh keridhoannya.

Tersenyumlah, karena Rasulullah juga tersenyum

Dari Jarir bin Abdillah radhiallahu anhu dia berkata:
مَا حَجَبَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُنْذُ أَسْلَمْتُ وَلَا رَآنِي إِلَّا تَبَسَّمَ فِي وَجْهِي
“Sejak aku masuk Islam, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah menolak aku untuk duduk bersama beliau. Dan tidaklah beliau melihatku kecuali beliau tersenyum kepadaku.” (HR. Al-Bukhari  no. 6089 dan Muslim no. 4523)

Tersenyum adalah shodaqoh yang paling mudah

Dari Abu Dzarr radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ وَأَمْرُكَ بِالْمَعْرُوفِ وَنَهْيُكَ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَإِرْشَادُكَ الرَّجُلَ فِي أَرْضِ الضَّلَالِ لَكَ صَدَقَةٌ وَبَصَرُكَ لِلرَّجُلِ الرَّدِيءِ الْبَصَرِ لَكَ صَدَقَةٌ وَإِمَاطَتُكَ الْحَجَرَ وَالشَّوْكَةَ وَالْعَظْمَ عَنْ الطَّرِيقِ لَكَ صَدَقَةٌ وَإِفْرَاغُكَ مِنْ دَلْوِكَ فِي دَلْوِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ
“Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan merupakan sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah.” (HR. At-Tirmizi no. 1956 dan dinyatakan hasan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 517)

Sumber hadits dari sini

Mari kita biasakan senyum, bukan tertawa, karena banyak tertawa bisa mematikan hati. Senyum itu luarrr biasa. Dapat membangkitkan semangat juga. Tapi awas, jangan senyum-senyum sendiri di jalan tanpa sebab, nanti dikira kita yang aneh 😀

Terima kasih untuk sahabatku irul dan bli budi di facebooknya, yang telah mengingatkan saya untuk tersenyum. Ini video yang saya kutip di facebook irul

67 responses to “Kekuatan Senyum

  1. subhanallah ane harus berterima kasih ma ente brai.. becos of you ane ga perlu beli buku2 agama tapi tinggal mampir aja di blog ini… thank you for the share… Kalo gitu aku mau smile juga 🙂

  2. assalamu’alaikum Kang,
    suhhaballoh seyuman merupakan hal ringan yang mampu menjadikan pundi-pundi amal sodaqoh yang tentu saja senyum ikhlas untuk silaturrahim

  3. Ping-balik: Weekend [Awal Bulan] « Tunsa·

  4. hmmm hari ini aku lagi perlu banget tersenyum setelah masalah di kantor yang bikin hati kesaaaall.. 😦
    nanti deh sebelum tidur aku senyum ya Ri, biar menutup hari dengan senyuman gituu ceritanya

Komen